fbpx

Apakah Ibu Hamil Boleh Puasa? Simak Tips Aman Menjalaninya!

Apakah Ibu Hamil Boleh Puasa? Simak Tips Aman Menjalaninya!

Pada bulan Ramadan, setiap umat muslim dianjurkan untuk berpuasa. Lantas, apakah ibu hamil boleh puasa? Secara medis, ibu hamil sebaiknya tidak berpuasa karena berisiko mengalami dehidrasi dan membahayakan janin.

Meski begitu, ibu hamil tetap bisa menjalani puasa apabila memiliki kondisi sehat dan memperhatikan tips yang aman.

Nah, untuk mengetahui penjelasan mengenai apakah ibu hamil boleh puasa dan tips menjalankannya, yuk simak artikel berikut!

Apakah Ibu Hamil Boleh Puasa?

Berpuasa adalah salah ibadah bagi umat muslim, terlebih lagi saat memasuki bulan Ramadan, puasa menjadi suatu kewajiban. Akan tetapi, apakah ibu hamil boleh puasa? Dalam syariat Islam, bumil memperoleh keringanan untuk tidak mengikuti puasa Ramadan.

Di sisi lain, secara medis, ibu hamil yang berpuasa juga berisiko mengalami dehidrasi dan membahayakan kehamilan. Pasalnya, dehidrasi bisa memicu infeksi saluran kemih, kelahiran prematur, hingga komplikasi kehamilan.

Meski begitu, ibu hamil tetap diperbolehkan berpuasa setelah memperoleh persetujuan dokter. Pada dasarnya, dokter akan memperbolehkan ibu hamil untuk berpuasa selama kondisinya sehat dan tidak mengalami komplikasi kehamilan.

Tips Puasa untuk Ibu Hamil

Selain memperoleh persetujuan dari dokter, ibu hamil juga perlu menerapkan cara aman selama berpuasa agar tidak mengganggu kesehatannya. Adapun beberapa tips puasa untuk ibu hamil adalah sebagai berikut.

1. Beristirahat yang Cukup

Salah satu tips berpuasa yang aman untuk ibu hamil adalah beristirahat cukup setiap harinya agar tidak mudah lelah dan menjaga tubuh tetap bugar. Pada dasarnya, waktu tidur yang baik untuk ibu hamil adalah 7-9 jam di malam hari.

Selain itu, ibu hamil juga perlu menyempatkan waktu untuk tidur siang, setidaknya selama 15-30 menit agar tubuh tetap segar dan dapat beraktivitas dengan produktif kembali.

Baca Juga  5 Jenis Nutrisi Ibu Hamil Trimester 1 yang Perlu Dipenuhi

2. Mengonsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Tips berpuasa untuk ibu hamil berikutnya adalah mengonsumsi makanan bergizi seimbang saat sahur dan berbuka. Hal ini bertujuan untuk memenuhi asupan nutrisi sepanjang hari, sehingga ibu hamil tidak mudah lelah.

Maka dari itu, ibu hamil sebaiknya memilih makanan yang mengandung protein, karbohidrat, mineral, vitamin, serat, dan lemak baik, seperti daging tanpa lemak, telur, ikan, roti, nasi, buah-buahan, biji-bijian, sayuran, serta kacang-kacangan.

3. Memenuhi Kebutuhan Cairan

Tips puasa untuk ibu hamil selanjutnya adalah memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh agar tidak dehidrasi. Saat berpuasa ketika hamil, ibu sebaiknya mengonsumsi air minum yang cukup, setidaknya sebanyak 2,3 liter atau 10 gelas per hari.

Selain mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih, ibu hamil juga bisa mengonsumsi buah-buahan segar atau jus.

4. Menghindari Konsumsi Kafein Berlebihan

Tips puasa untuk ibu hamil juga bisa dilakukan dengan menghindari konsumsi kafein berlebihan. Sebab, mengonsumsi kafein bisa membuat istirahat terganggu, meningkatkan risiko dehidrasi, gangguan pencernaan, serta hipertensi. Namun, ibu tetap boleh mengonsumsi kafein dalam batas wajar, yaitu maksimal 200 mg per hari.

5. Membatasi Aktivitas Fisik yang Berat

Cara berpuasa yang aman untuk ibu hamil lainnya adalah membatasi aktivitas berat. Pasalnya, aktivitas fisik yang berat cenderung membuat ibu cepat lelah. Bukan hanya itu, aktivitas fisik yang berat juga termasuk sebagai pantangan bagi ibu hamil, karena bisa menyebabkan kontraksi dini dan cedera.

Namun, apabila ingin beraktivitas, ibu bisa memilih olahraga ringan, seperti jalan kaki, yoga, maupun senam ibu hamil. Dengan begitu, kondisi ibu dan janin dalam kandungan akan tetap sehat.

6. Menghindari Buka Puasa dengan Minuman Dingin

Saat berbuka puasa, kebanyakan orang akan memilih minuman dingin untuk melepas dahaga. Akan tetapi, bagi ibu hamil, sebaiknya mengonsumsi minuman dingin saat buka puasa perlu dihindari. Sebab, hal ini memicu kenaikan asam lambung.

Baca Juga  Seluruh Informasi Seputar Program Kehamilan

Di sisi lain, agar lebih aman, ibu hamil bisa mengonsumsi buah-buahan segar, kurma, air putih, maupun teh hangat, sehingga kondisi sistem pencernaan tetap terjaga sehat.

Manfaat Puasa bagi Ibu Hamil

Menjalani puasa selama masa kehamilan ternyata juga bermanfaat bagi bumil selama melakukannya dengan tepat dan sesuai anjuran dokter. Adapun beberapa manfaat berpuasa bagi ibu hamil adalah sebagai berikut.

  • Menjaga berat badan agar tetap ideal, sehingga tidak membahayakan kondisi ibu dan kandungannya.
  • Menurunkan risiko komplikasi kehamilan, seperti diabetes gestasional.
  • Menjaga konsentrasi dan suasana hati selama masa kehamilan, sehingga ibu bisa tidur lebih nyenyak.
  • Meningkatkan kesehatan jantung.
  • Membantu proses detoksifikasi racun dalam tubuh.

Penutup

Demikian penjelasan mengenai apakah ibu hamil boleh puasa dan tips melakukannya. Bisa disimpulkan, bahwa ibu hamil tetap boleh berpuasa selama kondisinya memungkinkan dan tak terdapat gangguan kehamilan.

Namun, supaya lebih aman, sebaiknya konsultasi terlebih dulu ke dokter agar memperoleh saran yang tepat, sehingga ibu tetap bisa beribadah dan kehamilannya tetap dalam kondisi sehat.

Untuk mengetahui tips lain mengenai kehamilan, kunjungi website New Life sekarang!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?