fbpx

Ambeien pada Ibu Hamil 9 Bulan dan Cara Meredakannya, Simak!

Ambeien pada Ibu Hamil 9 Bulan dan Cara Meredakannya, Simak!

Memasuki usia kandungan 9 bulan, ibu hamil tentu akan menyiapkan persalinan normal. Namun, bagaimana jika ibu mengalami wasir? Wasir atau ambeien pada ibu hamil 9 bulan mungkin akan membuat Moms merasa khawatir. Bagaimana tidak, ambeien akan membuat ibu merasa nyeri pada benjolan maupun saat mengejan ketika buang air besar.

Kekhawatiran ini adalah hal normal, terlebih lagi saat usia kehamilan telah memasuki bulan-bulan akhir. Nah, untuk mengetahui penjelasan lebih lanjut mengenai ambeien pada ibu hamil 9 bulan, simak penjelasan dalam artikel berikut ini!

Ambeien pada Ibu Hamil 9 Bulan Apakah Bisa Lahiran Normal?

Ambeien adalah kondisi ketika timbul pembengkakan pada pembuluh darah vena di rektum atau anus. Penyakit ini sering menyerang ibu hamil, terlebih lagi pada usia kehamilan trimester ketiga atau 9 bulan. Sebab, di masa kehamilan, ibu akan mengalami perubahan kadar hormon dan penambahan beban akibat meningkatnya ukuran janin dalam rahim. Hal itu bisa memberikan tekanan pada pembuluh darah dan memicu terjadinya ambeien.

Lantas, apakah ambeien pada ibu hamil 9 bulan tetap bisa melahirkan normal? Pada dasarnya, ambeien tidak membatasi ibu hamil untuk menjalani kehamilan normal. Sebab, ambeien terletak pada anus, sehingga tak menghalangi jalan lahirnya bayi. Di sisi lain, ambeien juga tidak memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan janin.

Akan tetapi, proses lahiran normal akan terasa lebih berat bagi ibu hamil yang menderita ambeien. Hal itu karena ibu perlu mengejan keran. Padahal, mengejan keras dapat memperparah kondisi ambeien. Itulah sebabnya, beberapa ibu hamil yang memiliki riwayat ambeien cenderung memilih untuk menjalani persalinan caesar agar menghindari kondisi ambeien yang semakin parah. Namun, sebelum memutuskan untuk memilih opsi lahiran tersebut, ibu hamil perlu berdiskusi ke dokter terlebih dulu.

Baca Juga  Rekomendasi Susu Penambah HB untuk Ibu Hamil, Yuk Catat!

Cara Meredakan Ambeien saat Hamil 9 Bulan

Nah, agar ibu hamil tetap bisa menjalani persalinan normal meskipun mengalami ambeien pada usia kehamilan 9 bulan, Moms bisa melakukan sejumlah upaya untuk meredakannya.

Adapun beberapa cara meredakan ambeien pada ibu hamil 9 bulan adalah sebagai berikut:

1. Berendam Air Hangat

Salah satu cara meredakan ambeien saat hamil 9 bulan adalah dengan berendam air hangat. Cara ini bertujuan untuk meredakan rasa gatal, nyeri, maupun iritasi yang biasa timbul saat mengalami ambeien.

Ibu bisa menyiapkan air hangat dalam bak, lalu merendam area bokong selama kurang lebih 20-30 menit. Untuk memperoleh manfaatnya dengan maksimal, ibu bisa mengulangi cara tersebut sebanyak tiga kali per hari.

2. Mengoleskan Minyak

Cara meredakan ambeien pada ibu hamil 9 bulan secara alami juga bisa Moms lakukan dengan mengoleskan minyak klentik atau minyak zaitun. Ibu hamil bisa mengoleskan minyak tersebut di area benjolan atau pembengkakan ambeien perlahan-lahan.

Cara tersebut bisa membantu meringankan nyeri akibat ambeien. Selain menggunakan minyak zaitun, ibu juga dapat mengoleskan dengan lidah buaya.

3. Menggunakan Lap Basah Lembut

Cara mengatasi ambeien saat hamil 9 bulan lainnya adalah menggunakan lap basah lembut untuk mengusap area anus setelah mandi atau buang air besar. Hal ini bertujuan untuk menjaga kebersihan tubuh, khususnya area rektum. Di sisi lain, hindari penggunaan lap kasar maupun kertas toilet, karena bisa memicu terjadinya luka iritasi.

4. Mengonsumsi Makanan Berserat

Cara meredakan ambeien saat hamil 9 bulan selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan berserat. Sebab, makanan yang mengandung tinggi serat bisa membantu melancarkan pencernaan, melunakkan feses, dan mencegah sembelit, sehingga berpotensi untuk mengobati ambeien. Adapun beberapa makanan yang tinggi kandungan serat, yaitu biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, dan buah-buahan.

Baca Juga  Bentuk Perut Setelah Melahirkan, Normalnya Seperti Apa?

5. Minum Air Mineral

Minum air mineral yang cukup juga dapat membantu mengatasi ambeien pada ibu hamil 9 bulan. Sebab, selama cairan dalam tubuh tercukupi, maka ibu hamil bisa terhindar dari risiko dehidrasi dan melancarkan proses pencernaan makanan. Dengan begitu, ibu bisa lebih lancar buang air besar, mencegah sembelit, dan mengobati ambeien secara alami.

6. Berkonsultasi ke Dokter

Cara mengobati ambeien pada ibu hamil 9 bulan yang terakhir adalah dengan berkonsultasi ke dokter. Pasalnya, di usia kehamilan 9 bulan, ibu tentu telah mendekati masa persalinan. Dengan berkonsultasi ke dokter, maka ibu bisa memperoleh penanganan yang lebih tepat.

Dokter mungkin akan meresepkan obat atau salep topikal untuk membantu meredakan nyeri pada area yang mengalami ambeien. Di samping itu, ibu juga dapat berkonsultasi terkait kemungkinan persalinan normal yang aman kepada dokter.

Penutup

Demikian beberapa informasi mengenai ambeien pada ibu hamil 9 bulan dan cara meredakannya agar tetap bisa lahiran normal. Pada dasarnya, ambeien memang tidak berbahaya, tetapi bisa membuat ibu merasa tidak nyaman, terlebih ketika usia kehamilan telah mencapai 9 bulan.

Nah, untuk mengatasinya, ibu perlu berkonsultasi ke dokter agar persalinan tetap aman. Jika ingin memperoleh informasi mengenai lahiran normal lainnya, yuk kunjungi laman New Life sekarang juga!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?