fbpx

9 Obat Batuk untuk Ibu Menyusui yang Aman Dikonsumsi, Simak!

9 Obat Batuk untuk Ibu Menyusui yang Aman Dikonsumsi, Simak!

Batuk adalah kondisi yang rentan dialami oleh siapa saja, termasuk ibu menyusui. Nah, jika penyakit ini tidak segera memperoleh pengobatan, tentu berisiko menular pada bayi. Itulah sebabnya, mengetahui obat batuk untuk ibu menyusui adalah hal penting.

Obat batuk sendiri bisa ibu dapat dari bahan-bahan alami maupun apotek. Nah, jika ingin mengetahui lebih lanjut seputar rekomendasi obat batuk untuk busui, yuk simak selengkapnya dalam bacaan ini!

Obat Batuk untuk Ibu Menyusui di Apotek

Batuk saat menyusui tentu akan membuat ibu merasa tidak nyaman. Terlebih lagi, kondisi tersebut berisiko menular pada bayi. Nah, ada beberapa obat batuk yang dijual bebas di apotek untuk membantu mengatasi keluhan batuk busui.

Namun, sebelum mengonsumsinya, ibu juga perlu berkonsultasi ke dokter untuk memastikan keamanannya. Adapun beberapa jenis obat batuk untuk ibu menyusui di apotek adalah sebagai berikut:

1. Komix Herbal

Salah satu obat batuk untuk ibu menyusui adalah Komix Herbal. Obat ini memiliki kandungan jahe merah, ekstrak lagundi, peppermint, madu, thyme, serta licorice. Beberapa kandungan tersebut bermanfaat untuk mengeluarkan dahak dari saluran pencernaan, meredakan gatal dan iritasi tenggorokan, hingga melawan infeksi penyebab batuk. Adapun takaran konsumsinya untuk ibu menyusui adalah sebanyak 1 tube botol per 3 kali sehari.

2. Madu Kurma TJ

Madu Kurma TJ adalah pilihan obat batuk untuk ibu menyusui lainnya. Kandungan madu dalam obat ini bermanfaat untuk meredakan batuk kering serta berdahak.

Selain itu, madu juga memiliki kandungan antioksidan yang berperan dalam meredakan radang tenggorokan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Adapun takaran konsumsi Madu Kurma TJ untuk ibu menyusui adalah 1-2 sendok makan sebanyak 3 kali per hari.

Baca Juga  9 Produk Perawatan Bayi Baru Lahir yang Aman, Yuk Catat!

3. Konidin OBH

Obat batuk untuk ibu menyusui selanjutnya adalah Konidin OBH. Jenis obat ini cocok bagi busui yang memiliki keluhan batuk berdahak maupun sakit tenggorokan.

Konidin OBH mengandung amonium diklorida serta akan manis yang bekerja sebagai ekspektoran. Adapun aturan konsumsi untuk ibu menyusui adalah 1-2 saset, 3-4 kali per hari.

4. Bisolvon

Bisolvon adalah jenis obat batuk berbentuk tablet yang berfungsi untuk mengobati batuk berdahak. Obat ini memiliki kandungan bromhexine HCL. Adapun cara kerjanya adalah mengencerkan dahak yang terdapat di saluran pencernaan, sehingga mudah untuk keluar dan tidak lengket. Untuk takaran konsumsinya bagi ibu menyusui adalah 1 tablet, 3 kali sehari.

Obat Batuk untuk Ibu Menyusui yang Alami

Selain mengonsumsi obat-obatan yang terjual di apotek, ibu juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami. Pasalnya, beberapa bahan alami yang mudah ibu jumpai di dapur bisa membantu meredakan gejala batuk.

Adapun beberapa jenis obat batuk alami untuk busui adalah sebagai berikut.

1. Lemon

Salah satu obat batuk alami untuk ibu menyusui adalah lemon. Buah satu ini memiliki kandungan vitamin C tinggi yang berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh ibu menyusui. 

Lemon juga memiliki kandungan antioksidan yang bersifat antibakteri serta antivirus, sehingga bisa busui manfaatkan untuk meredakan batuk. Untuk mengonsumsinya, ibu bisa minum air perasan lemon atau membuat air lemon hangat dengan tambahan madu.

2. Minum Air Hangat

Minum air hangat ternyata juga bisa membantu meredakan gejala batuk yang ibu menyusui alami. Air hangat bisa membantu melegakan tenggorokan dan mengencerkan cairan dalam hidung yang dapat memengaruhi batuk.

Untuk memperoleh khasiatnya secara maksimal, ibu bisa minum air hangat beberapa kali per hari. Selain minum air hangat, ibu juga dapat mandi air hangat jika ingin memperoleh manfaat serupa.

Baca Juga  9 Manfaat ASI Eksklusif untuk Ibu dan Sang Buah Hati, Catat!

3. Jahe

Jenis obat batuk untuk ibu menyusui yang alami lainnya adalah jahe. Rempah-rempahan ini dikenal dengan kekayaan manfaatnya untuk kesehatan tubuh, termasuk bagi busui. 

Mengonsumsi air rebusan jahe bisa membantu meredakan peradangan serta lendir yang timbul akibat batuk. Di samping itu, minum air rebusan jahe juga dapat melegakan tenggorokan dan mendorong keluarnya dahak.

4. Air Kunyit

Kunyit juga termasuk sebagai bahan alami untuk membantu mengobati batuk pada ibu menyusui. Sebab, kunyit memiliki sifat anti inflamasi yang bisa membantu mengurangi gejala batuk pada busui.

Untuk mengonsumsinya, ibu bisa membuat air perasan kunyit dengan tambahan madu. Namun, perlu ibu perhatikan bahwa konsumsi kunyit sebaiknya tidak berlebihan untuk menghindari efek samping.

5. Bawang Putih

Obat batuk alami untuk ibu menyusui yang terakhir adalah bawang putih. Bumbu dapur ini ternyata mengandung nutrisi yang berperan dalam meredakan batuk kronis maupun konstipasi. Untuk mengonsumsinya, ibu bisa mencampurkan bawang putih ke dalam makanan yang hendak dikonsumsi.

Penutup

Itulah sederet informasi seputar obat batuk untuk ibu menyusui yang bisa didapatkan di apotek maupun dari bahan-bahan alami. Pada umumnya, batuk adalah penyakit yang menular.

Oleh sebab itu, bagi ibu menyusui yang sedang batuk, sebaiknya lekas atasi agar tidak menular kepada si kecil. Di samping mengonsumsi obat-obatan di atas, busui juga tetap perlu mengunjungi dokter untuk memperoleh pengobatan yang efektif. Jadi, yuk jaga kesehatan selama menyusui bersama New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?