fbpx

9 Manfaat Berenang untuk Ibu Hamil & Cara Aman Melakukannya

9 Manfaat Berenang untuk Ibu Hamil & Cara Aman Melakukannya

Melakukan aktivitas fisik ringan, seperti berenang adalah salah satu cara membangun kehamilan yang sehat. Pasalnya, manfaat berenang untuk ibu hamil sangat banyak, seperti melancarkan peredaran darah.

Nah, apabila peredaran darah lancar, maka imunitas tubuh ibu juga akan tetap terjaga dan terhindar dari risiko komplikasi saat hamil.

Untuk mengetahui manfaat berenang untuk ibu hamil lainnya, yuk simak artikel berikut ini!

Manfaat Berenang untuk Ibu Hamil

Selama hamil, dokter akan menyarankan ibu untuk menjaga keaktifannya. Itulah mengapa, ibu perlu melakukan olahraga ringan untuk menjaga kesehatan diri dan janin, seperti berenang. Olahraga ini tergolong aman dan bermanfaat untuk bumil. Adapun beberapa manfaat berenang untuk ibu hamil adalah.

1. Menjaga Berat Badan agar Tetap Ideal

Salah satu manfaat berenang untuk ibu hamil adalah membantu menjaga berat badan agar tetap ideal, sehingga mencegah risiko terjadinya kegemukan, kolesterol, hingga diabetes.

Pasalnya, melakukan renang secara rutin bisa membantu membakar lemak dan kalori dalam tubuh, sehingga berperan dalam menjaga berat badan agar tetap stabil.

2. Melancarkan Sirkulasi Darah

Manfaat berenang untuk ibu hamil berikutnya adalah membantu melancarkan sirkulasi darah, menjaga kesehatan paru-paru, getah bening, dan jantung. Hal ini juga berdampak pada pemenuhan kebutuhan oksigen bagi ibu hamil maupun bayi dalam kandungannya.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat berenang untuk ibu hamil selanjutnya adalah membantu meningkatkan kualitas tidur dan mengatasi insomnia. Sebab, saat sedang hamil, ibu perlu mencukupi waktu tidur agar energi tetap terjaga dan tidak mudah lelah selama beraktivitas sepanjang hari.

Maka dari itu, dengan melakukan olahraga, seperti berenang, ibu hamil bisa menjaga kualitas tidur agar lebih nyenyak serta membantu mengurangi rasa stres.

Baca Juga  Makanan dan Minuman Pelancar Asi: Asupan Ibu Melahirkan

4. Mengatasi Nyeri Punggung dan Pembengkakan

Melakukan olahraga renang secara rutin juga bisa membantu mengatasi nyeri punggung serta pembengkakan pada lengan dan kaki. Nyeri punggung sendiri rentan terjadi pada ibu hamil karena menopang tubuh dan janin dalam kandungan.

Di sisi lain, pembengkakan pada kaki dan lengan juga bisa terjadi, sehingga memicu timbulnya varises. Maka dari itu, untuk mengurangi pembengkakan dan mengatasi nyeri punggung, ibu bisa berenang secara rutin.

5. Melancarkan Persalinan

Manfaat berenang untuk ibu hamil juga berperan dalam melancarkan proses persalinan dan memungkinkan bagi bumil agar dapat melahirkan secara normal. Di samping itu, berenang juga dapat menjaga posisi bayi agar mudah keluar melalui jalan lahir, hingga mengatasi bayi sungsang.

6. Memperkuat Otot dan Sendi

Manfaat berenang untuk ibu hamil lainnya adalah membantu memperkuat otot dan persendian. Hal ini tentu akan membuat ibu tak mudah lelah, mengurangi rasa pegal, dan lebih nyaman saat beraktivitas.

Di samping itu, suhu air juga bisa memberikan efek positif bagi tubuh, sehingga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan pada ibu maupun bayi dalam kandungan.

7. Melatih Pernapasan

Manfaat berenang bagi bumil lainnya adalah membantu melatih pernapasan ibu maupun bayi dalam kandungan. Hal ini tentu bisa membantu melatih paru-paru ibu, sehingga proses persalinan normal juga lebih cepat.

Selain itu, berenang juga dapat mencukupi kadar oksigen pada bayi. Sebab, saat melahirkan, bayi berisiko mengalami kekurangan oksigen atau anoksia. Itulah mengapa, berenang tergolong sebagai olahraga yang baik untuk bumil.

8. Menjaga Kestabilan Emosi

Saat sedang hamil, ibu rentan merasa stres, cemas, maupun depresi. Maka dari itu, dengan berenang, ibu hamil bisa menjaga kestabilan emosinya, membuat pikirannya tetap positif, dan mengurangi tekanan psikis, sehingga tidak berdampak buruk pada kesehatan bayi dalam kandungan.

Baca Juga  8 Larangan Setelah Kuret yang Harus Ibu Hindari, Perhatikan!

9. Mengurangi Rasa Mual

Manfaat renang untuk ibu hamil yang terakhir adalah bisa membantu mengurangi rasa mual. Sebab, berenang bisa memberikan efek dingin bagi tubuh, sehingga akan membuat ibu lebih tenang dan rasa mual dapat berkurang.

Cara Aman Berenang untuk Ibu Hamil

Meskipun berenang adalah olahraga yang aman untuk ibu hamil, tetapi meningkatkan kewaspadaan juga tetap diperlukan demi mencegah berbagai risiko. Adapun beberapa cara aman berenang untuk ibu hamil adalah.

  • Berenang di kolam yang tidak mengandung klorin agar lebih aman.
  • Menghindari berenang di air panas maupun sauna.
  • Melakukan pemanasan serta pendinginan saat berenang.
  • Apabila mengalami kram perut, sebaiknya hentikan aktivitas tersebut.
  • Hindari berenang terlalu keras agar tidak sesak napas.
  • Durasi berenang yang aman bagi ibu hamil adalh 30 menit per hari.
  • Memperbanyak konsumsi air putih saat berenang.
  • Berenang pada pagi atau sore hari.
  • Berenang menggunakan gaya dada atau gaya punggung.

Penutup

Demikian penjelasan seputar manfaat berenang untuk ibu hamil dan cara aman melakukannya. Dengan menerapkan sejumlah cara tersebut, maka bumil bisa memperoleh manfaat renang secara optimal.

Selain menjaga kesehatan selama kehamilan, ibu hamil juga perlu segera menyiapkan korset, seperti korset New Life untuk membantu mempercepat pemulihan pasca melahirkan.

Ibu dapat memperoleh produk tersebut dengan mudah di New Life Official Store sekarang juga!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?