fbpx

Apakah Setelah Operasi Caesar Boleh Pakai Korset? Ini Tipsnya

Apakah Setelah Operasi Caesar Boleh Pakai Korset? Ini Tipsnya

Operasi caesar adalah cara melahirkan yang dilakukan melalui proses pembedahan. Pada umumnya, ibu membutuhkan waktu untuk memulihkan diri dan menyembuhkan luka caesar. Lantas, apakah setelah operasi caesar boleh pakai korset?

Pasalnya, korset termasuk sebagai pakaian yang dapat membantu mengencangkan perut dan membentuk postur tubuh yang lebih baik. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai setelah operasi caesar boleh pakai korset atau tidak, simak selengkapnya di artikel berikut ini!

Apakah Setelah Operasi Caesar Boleh Pakai Korset?

Apakah setelah operasi caesar boleh pakai korset? Pada dasarnya, penggunaan korset usai menjalani operasi caesar diperbolehkan. Bahkan, korset tergolong sebagai pakaian yang dapat membantu mendukung pemulihan tubuh ibu usai menjalani operasi. Sebab, korset bekerja dengan menopang area perut serta punggung.

Hal itu bertujuan untuk membuat ligamen perut yang sebelumnya melonggar kembali ke posisi semula. Dengan begini, perut ibu yang bergelambir pun dapat kembali mengecil. Selain itu, korset juga berfungsi untuk mencegah rasa sakit pada punggung dan mendukung postur tubuh yang baik.

Tak hanya itu, tekanan yang diberikan dari korset pada perut juga berperan untuk meringankan rasa nyeri saat nifas. Pasalnya, kontraksi perut yang terjadi ketika darah keluar bisa menimbulkan rasa nyeri. Nah, tekanan atau pijatan dari korset berperan untuk meringankan rasa nyeri tersebut.

Tips Menggunakan Korset Pasca Caesar

Meskipun korset bisa membantu mendukung pemulihan tubuh usai menjalani operasi caesar, ibu juga perlu mengetahui tips menggunakannya agar manfaatnya lebih optimal.

Adapun beberapa tips menggunakan korset pasca caesar adalah sebagai berikut:

1. Memastikan Korset Berkualitas

Salah satu tips menggunakan korset usai menjalani operasi caesar adalah memastikan bahwa produk yang ibu pilih berkualitas. Ibu bisa menggunakan bahan katun atau polyester yang elastis agar lebih nyaman.

Baca Juga  Macam Macam Gendongan Bayi: Tips n Trik

Katun juga tergolong sebagai bahan yang cocok untuk ibu dengan kulit sensitif. Di samping itu, ibu juga dapat memilih korset yang mengandung serat bambu, karena bisa membantu melancarkan peredaran darah.

2. Memilih Korset dengan Bahan Lembut dan Elastis

Tips menggunakan korset pasca caesar lainnya adalah memilih bahan yang lembut serta elastis. Sebab, bahan korset yang kurang elastis justru bisa membuat perut terasa sesak dan menimbulkan rasa tidak nyaman saat beraktivitas sehari-hari. Selain itu, pilih pula bahan korset yang berkualitas dan lembut. Bahan yang lembut tidak akan membuat kulit iritasi atau terluka.

3. Menggunakan Korset Sesuai Ukuran Tubuh

Tips menggunakan korset setelah operasi caesar berikutnya adalah memilih korset dengan ukuran yang sesuai dengan tubuh. Korset yang terlalu kecil tentu akan membuat ibu tidak nyaman saat memakainya, karena terlalu ketat dan bisa menekan luka caesar.

Di sisi lain, korset yang terlalu besar juga membuat manfaatnya tak dapat ibu peroleh secara maksimal. Itulah sebabnya, penting bagi ibu untuk memilih korset yang sesuai dengan ukuran tubuh.

4. Menjaga Kebersihan Korset

Tips memakai korset pasca operasi caesar lainnya adalah dengan menjaga kebersihannya. Korset adalah pakaian yang bersentuhan dengan kulit secara langsung. Hal ini rentan membuat korset bau dan mengandung bakteri. Maka dari itu, ibu perlu menjaga kebersihannya agar terbebas dari kuman maupun bakteri dan lebih awet.

Ibu bisa mencucinya, tetapi hindari penggunaan mesin cuci karena dapat menimbulkan kerusakan. Di sisi lain, cucilah menggunakan tangan dan deterjen biasa, lalu keringkan secara manual. Pastikan ibu tidak meletakkannya langsung di bawah sinar matahari dan hindari penggunaan pemutih. Hal ini akan membuat korset lebih cepat rusak.

Baca Juga  Kenapa Badan Cepat Gemuk? Ini Kebiasaan yang Bisa Memicunya

Ibu dapat mencari tempat teduh untuk mengangin-anginkan korset. Nah, jika hendak menyimpannya ke dalam lemari, hindari melipat korset. Ibu bisa menyimpannya dengan cara menggantungnya di hanger agar tidak merusak elastisitasnya.

5. Memperhatikan Cara Pemakaian

Tips menggunakan korset setelah melahirkan caesar selanjutnya adalah dengan memperhatikan cara pemakaiannya. Pemakaian yang tidak tepat justru berisiko melukai bekas jahitan caesar.

Adapun cara pemakaian korset yang tepat adalah sebagai berikut:

  • Meletakkan korset di antara pinggang serta pinggul.
  • Apabila terdapat luka bekas jahitan caesar di perut, ibu dapat menggunakannya sebagai titik acuan.
  • Jika telah menemukan posisi yang tepat, tarik korset agar lebih kencang.
  • Selanjutnya, rekatkan strap ke dalam arah depan dan tarik strap ke arah luas.
  • Setelah itu, ibu dapat menyesuaikan tingkat kekencangannya.

Perlu ibu ingat, pastikan agar tidak memakai korset terlalu kencang. Hal ini bisa memicu luka jahitan terbuka dan membuat sesak napas. Jadi, ibu bisa menyesuaikan tingkat kekencangannya sesuai dengan kenyamanan.

6. Memperhatikan Waktu Pemakaian

Tips menggunakan korset pasca caesar yang terakhir adalah memperhatikan waktu pemakaiannya. Pada dasarnya, korset tidak boleh ibu gunakan setiap waktu, karena justru dapat menimbulkan efek samping. Adapun waktu pemakaian korset yang aman adalah maksimal 8 jam per harinya. Selain itu, gunakan dalam kurun waktu sekitar 6-12 minggu setelah melahirkan.

Penutup

Demikian sederet informasi berkaitan dengan apakah setelah operasi caesar boleh pakai korset dan tips menggunakannya. Pada dasarnya, ibu boleh menggunakan korset setelah menjalani operasi caesar. Nah, jika ingin mencari korset yang cocok untuk mendukung pemulihan pasca caesar, ibu dapat menggunakan korset New Life.

Pasalnya, korset ini menggunakan bahan katun elastis yang dapat menyesuaikan bentuk tubuh dan tidak terasa sesak, sehingga ibu akan merasa lebih nyaman ketika menggunakannya. Nah, jika penasaran mengenai produk lengkap New Life, cari tahu dalam situs New Life Official Store!

Baca Juga  10 Jenis Buah yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil, Yuk Simak!
Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?