fbpx

Gejala Ambeien pada Ibu Hamil dan Rekomendasi Pengobatannya

Gejala Ambeien pada Ibu Hamil dan Rekomendasi Pengobatannya

Ambeien pada ibu hamil adalah penyakit yang sering terjadi dan menyerang pembuluh darah di sekitar anus. Salah satu gejala ambeien pada ibu hamil adalah munculnya rasa nyeri saat sedang buang air besar. Kondisi tersebut terjadi karena efek samping dari mengejan, sehingga membuat pembengkakan wasir menjadi tertekan.

Itulah sebabnya, ibu hamil perlu mengatasinya dengan menjaga kesehatan sistem pencernaan agar proses ekskresi lebih lancar. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut seputar gejala ambeien pada ibu hamil dan cara pengobatannya, simak artikel berikut ini.

Gejala Ambeien pada Ibu Hamil

Ambeien atau hemoroid adalah salah satu masalah kesehatan yang bisa menyerang siapapun, termasuk ibu hamil. Kondisi ini dapat terjadi karena bertambahnya berat badan janin, sehingga menekan pembuluh darah di panggul dan membuat sirkulasi darah di area rektum menjadi tidak lancar. Di samping itu, peningkatan hormon progesteron juga bisa memicu terjadinya ambeien.

Pada umumnya, setiap ibu hamil akan mengalami gejala yang berbeda-beda. Adapun beberapa gejala ambeien pada ibu hamil adalah sebagai berikut:

1. Rasa Gatal di Rektum

Salah satu gejala ambeien pada ibu hamil adalah timbulnya rasa gatal di area rektum. Hal ini sering terjadi pada jenis ambeien luar. Selain merasa gatal, ibu juga akan merasa tidak nyaman ketika sedang duduk, berdiri, tidur telentang, atau aktivitas lainnya. Rasa gatal tersebut terjadi karena iritasi pada area ambeien.

2. Nyeri

Gejala ambeien pada ibu hamil berikutnya adalah timbulnya rasa nyeri pada benjolan ambeien. Rasa nyeri ini biasanya akan timbul ketika mengalami penekanan. Misalnya, ketika sedang duduk lama, maka area wasir di rektum akan tertekan, sehingga timbul rasa nyeri. Di samping itu, rasa nyeri juga bisa muncul ketika ibu sedang buang air besar dan mengejan keras.

Baca Juga  7 Manfaat Vitamin Zat Besi untuk Ibu Hamil

3. Pendarahan saat Buang Air Besar

Gejala ambeien pada ibu hamil lainnya adalah timbulnya pendarahan saat buang air besar maupun setelahnya. Hal ini bisa terjadi pada jenis ambeien dalam. Sebab, pembengkakan ambeien dalam akan mendapatkan tekanan ketika sedang mengejan, sehingga dapat memicu keluarnya darah segar. Meskipun demikian, keluarnya darah ini biasanya tidak terasa menyakitkan.

4. Pembengkakan

Gejala ambeien saat hamil selanjutnya adalah timbulnya pembengkakan atau benjolan di area rektum. Benjolan tersebut bisa membesar maupun mengempis dengan sendirinya. Jika ibu duduk terlalu lama atau mengejan keras, umumnya ukuran benjolan tersebut bisa semakin besar dan membiru.

5. Prolaps Hemoroid

Gejala ambeien pada ibu hamil yang terakhir adalah terjadinya prolaps hemoroid. Hal ini umumnya akan terjadi pada jenis ambeien dalam. Prolaps terjadi ketika ambeien menggantung dan jatuh ke luar anus. Biasanya, kondisi ini akan terasa menyakitkan dan membutuhkan penanganan medis.

Pengobatan Ambeien saat Hamil

Meskipun bukan tergolong masalah berat, ambeien pada ibu hamil akan terasa menyakitkan dan mengganggu. Maka dari itu, ibu perlu memberikan pengobatan yang tepat.

Apabila melakukan pengobatan alami, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dulu agar tidak menimbulkan efek samping pada kehamilan. Adapun beberapa pengobatan ambeien saat hamil adalah sebagai berikut:

1. Meringankan Sembelit

Salah satu cara mengatasi ambeien pada ibu hamil adalah dengan meringankan sembelit. Pasalnya, sembelit dapat memicu dan memperparah kondisi ambeien.

Untuk meringankannya, ibu bisa mengonsumsi sekitar 25-30 gram makanan berserat per hari, minum 8-12 gelas air putih per hari, maupun mengonsumsi obat pencahar yang telah diresepkan oleh dokter.

2. Melakukan Cara Alami

Cara mengobati ambeien pada ibu hamil lainnya adalah menerapkan pengobatan alami untuk meredakan rasa tidak nyaman yang timbul. Adapun beberapa jenis pengobatan rumahan yang bisa ibu lakukan adalah.

  • Mengoleskan minyak kelapa atau lidah buaya ke area wasir untuk meredakan rasa nyeri dan ketidaknyamanan.
  • Mengoleskan witch hazel di area ambeien untuk membantu mengurangi rasa nyeri dan gatal.
  • Mengoleskan soda kue yang kering maupun basah pada area ambeien.
Baca Juga  Ketahui Manfaat dan Efek Samping Korset Untuk Pinggang, Yuk!

Di samping beberapa cara di atas, ibu juga bisa mencoba sitz bath atau mandi air hangat. Cara ini bisa ibu lakukan dengan duduk sekitar 2-3 inci di bak mandi yang telah terisi air hangat. Langkah ini dapat membantu melancarkan sirkulasi darah serta mengendurkan ketegangan otot di sekitar rektum.

3. Hindari Tekanan pada Ambeien

Pengobatan ambeien pada ibu hamil selanjutnya adalah dengan menghindari tekanan di area pembengkakannya. Cara ini bisa ibu lakukan dengan menghindari duduk atau berdiri terlalu lama, duduk menggunakan bantal donat, dan tidur miring untuk mengurangi tekanan di usus dan panggul. Selain itu, ibu juga dapat menghindari mengejan terlalu lama saat buang air besar.

4. Konsultasi ke Dokter

Cara mengobati ambeien pada ibu hamil yang terakhir adalah berkonsultasi ke dokter. Hal ini dapat ibu lakukan ketika pembengkakan wasir tidak kunjung membaik setelah menjalani perawatan rumahan.

Pada dasarnya, dokter akan meresepkan pengobatan tertentu untuk membantu mengempiskan pembengkakan wasir dan meredakan rasa nyerinya.

Penutup

Itulah sejumlah informasi seputar gejala ambeien pada ibu hamil dan rekomendasi pengobatan yang tepat. Seperti penjelasan di atas, ambeien pada ibu hamil bukan tergolong penyakit membahayakan, sehingga bumil tak perlu khawatir akan kondisi kandungannya.

Di sisi lain, jika masih merasa khawatir, ibu dapat memeriksakan diri ke dokter untuk memperoleh penanganan yang tepat. Untuk mengetahui informasi lain mengenai tips menjaga kehamilan, Moms bisa langsung mengecek website New Life sekarang juga!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?