fbpx

8 Rekomendasi Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas

Jika ingin anak memiliki perkembangan kognitif yang baik, maka Bunda dapat memulainya sejak si kecil berada dalam kandungan. Hal ini bisa diupayakan melalui konsumsi makanan ibu hamil muda agar anak cerdas. Pasalnya, terdapat beberapa jenis makanan yang mengandung nutrisi krusial yang berperan penting dalam pembentukan dan pertumbuhan otak. 

Nah, untuk mengetahui beberapa rekomendasi makanan ibu hamil muda agar anak cerdas, yuk simak artikel berikut ini!

Makanan Ibu Hamil Muda agar Anak Cerdas

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, makanan yang Bunda konsumsi selama kehamilan bisa memengaruhi kecerdasan anak. Untuk itu, Bunda perlu menjaga asupan makanan bernutrisi sejak bayi masih dalam kandungan.

Berikut ini adalah daftar makanan ibu hamil muda agar anak cerdas:

1. Ikan

makanan ibu hamil muda agar anak cerdas

Makanan ibu hamil muda agar anak cerdas pertama adalah ikan. Pasalnya, ikan mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk menunjang perkembangan otak bayi. Hal ini ditunjang dengan penelitian dari Harvard Medical School, bahwa ibu hamil yang mengonsumsi ikan secara teratur selama trimester kedua memiliki tingkat perkembangan mental yang cenderung tinggi, khususnya pada usia kehamilan 6 bulan. Kondisi tersebut terjadi karena kandungan omega-3 dalam ikan yang memengaruhi fungsi otak, sehingga dapat mendukung perkembangan sel-sel otak janin.

Namun, pemilihan jenis ikan harus dilakukan dengan hati-hati. Hindari ikan dengan tingkat merkuri tinggi karena berpotensi membahayakan perkembangan janin. Adapun beberapa jenis ikan yang tinggi kandungan merkuri adalah tilefish, king mackerel, orange roughy, bigeye tuna, marlin, hingga swordfish.

2. Sayuran Hijau 

makanan ibu hamil muda agar anak cerdas

Mengonsumsi sayuran berdaun hijau adalah hal penting bagi ibu hamil muda. Pasalnya, sayuran hijau bisa membantu melindungi otak bayi dari kerusakan jaringan. Hal itu karena sayuran hijau mengandung asam folat yang juga berperan penting dalam mencegah risiko cacat tabung saraf, bibir sumbing, hingga bayi cacat saat lahir. Tak hanya itu, asupan sayuran hijau juga dapat membantu mencegah risiko komplikasi kehamilan, seperti preeklamsia.

Baca Juga  Ciri-ciri Hamil Anak Laki-laki di Trimester Pertama

3. Blueberry

makanan ibu hamil muda agar anak cerdas

Blueberry adalah buah yang kaya akan antioksidan, sehingga membantu mendukung perkembangan kognitif bayi. Selain itu, blueberry juga mengandung asam folat serta vitamin C yang memegang peranan penting dalam perkembangan otak dan mendukung sistem kekebalan tubuh, sehingga Bunda maupun janin dalam kandungan akan terjaga kesehatannya. Ada beberapa alternatif buah selain blueberry yang juga memberikan manfaat baik bagi perkembangan bayi dalam kandungan, seperti stroberi, rasberi, dan tomat.

4. Telur

makanan ibu hamil muda agar anak cerdas

Rekomendasi makanan untuk ibu hamil muda agar anak cerdas lainnya adalah telur. Makanan ini kaya akan kandungan protein serta rendah kalori, terlebih lagi jika Bunda mengolahnya dengan merebus. Sebab, telur rebus mengandung asam amino jenis kolin yang bisa membantu meningkatkan daya ingat serta menunjang perkembangan otak.

Namun, bagi ibu hamil muda, pastikan bahwa telus yang dimasak telah matang sempurna. Sebab, telur yang masih mentah berisiko mengandung bakteri penyebab infeksi, hingga komplikasi kehamilan.

5. Kacang Almond

makanan ibu hamil muda agar anak cerdas

Makanan untuk ibu hamil muda untuk menunjang kecerdasan bayi dalam kandungan selanjutnya adalah kacang almond. Makanan ini kaya akan lemak baik, protein, magnesium, hingga vitamin E. Tak hanya itu, kacang almond juga mengandung asam lemak omega-3 yang mendukung perkembangan otak bayi.

Selain kacang almond, ibu hamil muda juga bisa mengonsumsi jenis biji-bijian, seperti biji labu atau kuaci, karena mengandung seng untuk mendukung pembentukan struktur otak dan menunjang pemrosesan informasi kognitif.

6. Greek Yoghurt

makanan ibu hamil muda agar anak cerdas

Greek yoghurt juga termasuk sebagai makanan untuk bumil agar anak cerdas, karena kaya akan protein penting untuk membantu proses pembentukan sel saraf yang sehat dan perkembangan kognitif si kecil. Makanan ini juga mengandung probiotik serta kalsium, sehingga bisa memberikan manfaat tambahan bagi bumil serta bayinya.

Baca Juga  8 Tips Perawatan Pasca Operasi Caesar agar Ibu Segera Pulih

7. Makanan Berprotein

makanan ibu hamil muda agar anak cerdas

Makanan ibu hamil muda agar anak cerdas berikutnya adalah makanan berprotein. Hal ini berfungsi untuk mendukung perkembangan otak janin. Di sisi lain, selama masa kehamilan, tubuh membutuhkan protein dalam jumlah besar untuk membangun sel dan memproduksi hormon penting bagi pertumbuhan janin.

Sumber protein sendiri dapat berasal dari makanan hewani maupun nabati. Adapun beberapa contoh protein hewani, yaitu daging, unggas, dan telur. Sementara itu, protein nabati bisa Bunda peroleh dari tempe dan tahu. 

8. Susu dan Produk Olahan Susu 

makanan ibu hamil muda agar anak cerdas

Susu adalah salah satu sumber nutrisi bagi bumil dan janin, karena berperan dalam membantu mengembangkan fungsi kognitif yang sehat serta mendukung tumbuh kembang otak bayi sebelum lahir. Selain itu, susu juga mengandung zat besi yang dapat menunjang pertumbuhan mental dan perkembangan kognitif bayi. 

Beberapa contoh produk olahan susu, yaitu keju dan yoghurt. Olahan susu ini juga mengandung vitamin D yang penting bagi perkembangan kognitif bayi, sehingga baik untuk Bunda konsumsi selama masa kehamilan.

Penutup

Nah, itulah beberapa pilihan makanan untuk ibu hamil muda agar anak cerdas dan memiliki perkembangan kognitif yang optimal. Selain mengonsumsi makanan-makanan ini, penting juga untuk berkunjung ke dokter kandungan secara rutin selama kehamilan. Semoga 8 rekomendasi makanan bagi ibu hamil agar anak cerdas membantu Bunda, ya! Di samping itu, Bunda juga bisa mengunjungi blog New Life untuk mengetahui informasi seputar kehamilan lainnya.

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?