fbpx

Perlengkapan Melahirkan di Rumah Sakit Untuk Ibu dan Ayah

Perlengkapan melahirkan di rumah sakit ternyata tidak hanya sebatas untuk bayi. Ibu dan ayah pun memiliki perlengkapan yang harus disiapkan agar tetap merasa nyaman selama di rumah sakit. Apa saja itu? Berikut beberapa perlengkapan yang bisa kamu bawa.

Perlengkapan Untuk Ibu Selama di Rumah Sakit 

Teruntuk Ibu, berikut perlengkapan melahirkan di rumah sakit yang bisa kamu catat.

1. Baju Ganti

Barang yang wajib kamu bawa di urutan pertama sudah pasti baju ganti. Selama di rumah sakit, kamu akan menginap setidaknya tiga hari. Untuk tetap nyaman selama proses pemulihan pasca melahirkan, maka membawa baju ganti adalah hal yang harus. 

Usahakan membawa pakaian yang longgar dan mudah dikenakan seperti daster atau sebagainya. Hal ini agar memudahkan ketika berganti dan tidak menempel terlalu ketat pada bekas operasi (khusus ibu melahirkan dengan metode caesar). 

2. Breast Pad

Breast pad merupakan bantalan yang digunakan di antara bra dan payudara. Kegunaanya adalah untuk mencegah asi ibu yang baru melahirkan agar tidak merembes keluar. 

Pada masa awal pascamelahirkan ibu akan mengeluarkan asi terus-menerus. Bahkan, terkadang asi ini tetap keluar meski sang bayi tidak sedang menghisapnya. Oleh karena itu, ibu perlu menyiapkan breast pad agar tidak perlu sering berganti pakaian luar akibat asi yang terus keluar. 

3. Nipple Cream

Nipple cream berguna untuk menjaga kelembaban pada puting. Membawa benda ini akan sangat berguna untuk kamu yang pertama kali memiliki anak. Puting yang pecah-pecah atau cenderung memiliki kondisi kering dikhawatirkan akan terluka ketika menyusui bayai. Jika terdapat kulit yang tergores dapat berpotensi masuknya bakteri ke dalam tubuh, yang mana akan masuk juga ke dalam tubuh si bayi.

Baca Juga  5 Penyebab Kaki Bengkak pada Ibu Hamil yang Perlu Diwaspadai

Dengan nipple cream ini, kemungkinan tersebut akan lebih kecil. Selain itu, puting yang lembab akan terasa lembut dan hal ini membuat bayi lebih nyaman ketika menerima nutrisi dari ibu.

4. Bra Menyusui

Bra menyusui sedikit berbeda dengan bra yang digunakan sehari-hari. Jenis bra ini mudah dibuka dan ditutup kembali sehingga memfasilitasi untuk ibu-ibu yang menyusui anaknya. 

Kamu bisa memasukkan bra menyusui dalam perlengkapan melahirkan di rumah sakit agar lebih efisien. Bawalah setidaknya 4-6 potong agar bisa berganti setiap harinya.

5. Perlengkapan Mandi

Perlengkapan yang tidak kalah penting selanjutnya adalah perlengkapan mandi. Pada beberapa rumah sakit, hanya tersedia sabun saja di kamar mandinya. Kamu perlu membawa peralatan mandi sendiri dari luar agar tetap bersih selama di sana. 

Perlengkapan mandi yang paling umum adalah sabun, sampo, sikat dan pasta gigi. Benda-benda ini juga bisa berguna untuk ayah nantinya. Untuk berjaga-jaga, tambahkan selembar kain lembut untuk menyeka tubuh ibu apabila tidak memungkinkan untuk mandi. Kamu juga bisa menambahkan sandal agar tidak menggunakan sandal yang sama ketika di luar kamar mandi.

Itulah beberapa barang yang bisa kamu masukkan dalam perlengkapan melahirkankan di rumah sakit untuk ibu. Untuk ayah, berikut daftarnya ya.

Perlengkapan Untuk Ayah Selama di Rumah Sakit 

Ayah sebagai orang yang menjaga pasien pun memiliki perlengkapan sendiri loh. Berikut barang yang bisa ayah bawa untuk menemani istri yang melahirkan di rumah sakit. 

1. Perlengkapan Tidur Seperlunya

Walaupun tugas utama ayah adalah menjaga dan menemani sang ibu, tapi istirahat juga tetap perlu. Untuk menjaga stamina agar tetap siaga memenuhi segala kebutuhan ibu, ayah perlu menyiapkan seperangkat alat tidur yang nyaman.

Baca Juga  4 Ciri Menstruasi Terakhir Sebelum Hamil, Bunda Harus Tahu!

Bawalah perlengkapan tidur seperlunya seperti selimut dan bantal. Untuk ruang VIP biasanya sudah terdapat sofa yang nyaman untuk merebahkan badan. Namun, jika kamu memilih ruang yang tidak terdapat tempat untuk istirahat, bawalah tikar yang nyaman sebagai tambahan alas.

2. Gadget

Gadget sudah menjadi barang yang tidak mungkin lepas dari kehidupan sehari-hari. Selain untuk berkomunikasi jika sewaktu-waktu pasien memerlukan sesuatu, membawa gadget juga bisa berguna untuk mengusir suntuk selama di rumah sakit. Siapkan juga alat pendukung seperti charger dan earphone agar tidak kehabisan baterai atau mendengar lagu jika bosan.

Usahakan jangan terlalu sering bermain ponsel ketika menjaga pasien karena ketika ibu baru saja melahirkan akan lebih baik jika mengajaknya berinteraksi serta memberinya dukungan atas proses persalinan yang baru saja berhasil ia lewati.

3. Makanan Ringan

Perlengkapan melahirkan di rumah sakit untuk ayah yang terakhir adalah makanan ringan. Jangan lupa untuk membawa beberapa cemilan sebagai persediaan. Pilihlah cemilan yang tidak memberatkan saat membawanya. Pastikan juga kamu membawa kantong plastik untuk sampahnya. 

Sekian perlengkapan melahirkan di rumah sakit untuk ibu dan ayah. Kamu bisa memilih dan menambah sesuai kebutuhan. Pastikan mendaftar barang bawaan agar tidak tertinggal ketika pulang.

Penutup

Perlengkapan melahirkan di rumah sakit tidak hanya untuk memenuhi bayi yang baru lahir. Ibu dan ayah juga memiliki perlengkapan tersendiri. Bawalah barang secukupnya tapi berguna selama tidak di rumah.

Untuk menemukan informasi lainnya seputar melahirkan lainnya, yuk kunjungi New Life.

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?