fbpx

8 Manfaat Susu Kurma untuk Ibu Hamil, Bantu Tambah Energi!

8 Manfaat Susu Kurma untuk Ibu Hamil, Bantu Tambah Energi!

Susu kurma adalah salah satu minuman bernutrisi yang baik bagi ibu hamil. Salah satu manfaat susu kurma untuk ibu hamil adalah membantu mengurangi konstipasi yang biasanya terjadi ketika adanya tekanan pada sistem pencernaan.

Nah, susu kurma sendiri kaya akan kandungan serat yang baik untuk meningkatkan kinerja usus serta mengurangi risiko konstipasi.

Agar lebih paham mengenai manfaat susu kurma untuk ibu hamil lainnya, yuk simak artikel berikut!

Kandungan Susu Kurma

Buah kurma dikenal akan cita rasanya yang manis dan kerap menjadi hidangan saat buka puasa. Nah, buah satu ini ternyata bisa diolah menjadi susu dan bermanfaat bagi kesehatan, lho. Adapun kandungan nutrisi dalam 311 gram susu kurma adalah sebagai berikut:

  • 106 gram karbohidrat.
  • 92 gram gula.
  • 19 gram lemak.
  • 9,4 gram protein.
  • 344 mg kalsium.
  • 165 mg sodium.
  • 78 mg kolesterol.
  • 0,4 mikrogram vitamin D.

Itulah beberapa kandungan nutrisi yang ada di dalam susu kurma.

Manfaat Susu Kurma untuk Ibu Hamil

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, susu kurma mengandung sejumlah nutrisi yang baik bagi ibu hamil. Hal ini tentu bisa menunjang kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungannya. Adapun beberapa manfaat susu kurma untuk ibu hamil adalah sebagai berikut.

1. Mencegah Cacat Lahir Bawaan

Salah satu manfaat susu kurma untuk ibu hamil adalah mencegah bayi mengalami cacat bawaan pada sumsum tulang belakang dan otaknya. Hal ini karena susu kurma mengandung asam folat yang bisa memenuhi nutrisi pada janin.

Nah, asam folat tersebut dapat membantu menjaga pertumbuhan serta perkembangan janin, membentuk sel baru, sintesis DNA, hingga membentuk sistem saraf calon bayi. Dengan begitu, risiko cacat lahir bawaan bisa berkutang.

Baca Juga  Mitos Bayi Sungsang yang Dipercaya Masyarakat dan Faktanya

2. Mengurangi Risiko Konstipasi dan Sembelit

Mengonsumsi susu kurma setiap hari juga bisa membantu ibu mengurangi risiko konstipasi dan sembelit. Sebab, susu kurma mengandung serat yang tinggi. Nah, kandungan serat tersebut berperan dalam melancarkan kinerja sistem pencernaan, khususnya usus.

Oleh sebab itu, risiko terjadinya konstipasi dan sembelit dapat berkurang. Di samping itu, proses ekskresi juga akan lebih lancar, karena serat bisa membantu mendorong keluarnya tinja dan pergerakan usus.

3. Menurunkan Risiko Tekanan Darah Tinggi

Manfaat susu kurma untuk bumil lainnya adalah menurunkan risiko hipertensi atau tekanan darah tinggi. Pasalnya, susu kurma mengandung mineral, berupa potasium yang baik untuk mengontrol tekanan darah.

Maka dari itu, apabila ibu hamil mengonsumsi susu kurma dengan takaran yang cukup, maka bisa membantu mencegah risiko stroke, penyakit kardiovaskular, hingga tekanan darah tinggi.

4. Menjaga Kesehatan Tulang dan Sendi

Manfaat susu kurma untuk ibu hamil berikutnya adalah membantu menjaga kesehatan tulang dan persendian. Sebab, susu kurma mengandung kalsium yang cukup tinggi. Hal ini tentu dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan sendi ibu hamil, serta mengurangi rasa nyeri punggung, sehingga ibu tak akan mudah lelah.

Selain itu, susu kurma juga bisa memenuhi nutrisi pada janin, sehingga perkembangan tulang calon bayi akan lebih maksimal.

5. Mencegah Anemia

Manfaat susu kurma untuk bumil lainnya adalah membantu mencegah anemia atau kekurangan zat besi. Sebab, susu kurma mengandung fitokimia serta zat besi yang baik untuk mencegah anemia.

Di sisi lain, zat besi yang terkandung dalam susu kurma juga berperan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh, menstabilkan hemoglobin, hingga meningkatkan kesehatan janin.

6. Menambah Energi

Manfaat susu kurma untuk ibu hamil berikutnya adalah membantu menambah energi. Pasalnya, saat hamil, ibu membutuhkan energi yang lebih banyak daripada kondisi normal. Oleh sebab itu, mengonsumsi segelas susu kurma setiap hari akan membuat ibu lebih aktif bergerak dan tidak mudah lelah.

Baca Juga  Punggung Pegal Saat Hamil? Intip 7 Cara Menghilangkannya

Pasalnya, susu kurma mengandung karbohidrat dan gula yang bisa menjadi cadangan lemak baik dalam tubuh serta sumber energi.

7. Melancarkan Persalinan

Manfaat susu kurma untuk ibu hamil selanjutnya adalah membantu melancarkan persalinan. Apabila ibu mengonsumsi segelas susu kurma setiap hari, maka peluang melahirkan secara normal akan lebih tinggi. Di samping itu, susu kurma juga dapat membantu melebarkan serviks, sehingga proses persalinan akan lebih lancar.

8. Menunjang Pertumbuhan Janin

Manfaat susu kurma untuk bumil yang terakhir adalah menunjang pertumbuhan bayi. Hal ini karena susu kurma kaya akan kandungan nutrisi, seperti kalsium, mineral, vitamin, dan senyawa baik lainnya, sehingga dapat merangsang perkembangan janin.

Tak hanya itu, kandungan magnesium dan vitamin K dalam susu kurma juga bisa membantu pembentukan tulang serta gigi bayi. Di samping itu, flavonoid yang terkandung dalam kurma juga berperan dalam mencegah diabetes dini pada bayi dan menyeimbangkan kadar gula darah di tubuhnya.

Penutup

Demikian penjelasan mengenai manfaat susu kurma untuk ibu hamil. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, susu kurma mengandung banyak manfaat untuk kesehatan bumil. 

Meski begitu, ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsinya secara berlebihan agar manfaatnya dapat diperoleh secara lebih optimal.

Jadi, yuk selalu jaga kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan selama masa kehamilan! Untuk mengetahui informasi lainnya, ibu juga bisa cek langsung di kanal New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?