fbpx

8 Cara Cepat Menghilangkan Sakit Pinggang, Aktif Olahraga!

8 Cara Cepat Menghilangkan Sakit Pinggang, Aktif Olahraga!

Sakit pinggang adalah kondisi yang akan membuatmu merasa kurang nyaman saat beraktivitas. Pasalnya, penyakit ini bisa membuatmu kesulitan bergerak, hingga berjalan. Maka dari itu, mengetahui beberapa cara cepat menghilangkan sakit pinggang adalah hal penting.

Nah, umumnya, sakit pinggang bisa disebabkan oleh kebiasaan buruk sehari-hari maupun riwayat penyakit yang dimiliki, seperti cedera tulang belakang, infeksi ginjal, maupun radang sendi. Untuk mengetahui lebih lanjut seputar cara mengatasi sakit pinggang, yuk simak artikel berikut!

Cara Cepat Menghilangkan Sakit Pinggang di Rumah

Salah satu upaya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sakit pinggang adalah dengan langkah alami atau mengubah gaya hidup sehari-hari. Adapun beberapa cara cepat menghilangkan sakit pinggang di rumah adalah sebagai berikut.

1. Rajin Berolahraga

Salah satu cara cepat menghilangkan sakit pinggang secara alami adalah dengan rajin berolahraga secara rutin. Pada dasarnya, aktivitas fisik ringan dapat membantu menguatkan otot dan meningkatkan kelenturan, khususnya di area pinggang. Adapun beberapa olahraga yang aman untuk kamu lakukan saat sakit pinggang adalah peregangan otot, jalan santai, yoga, pilates, hingga berenang. Di sisi lain, hindari aktivitas fisik atau olahraga berat, karena dapat memperparah kondisi nyeri pinggang.

2. Mengompres dengan Air Dingin atau Hangat

Cara menghilangkan sakit pinggang di rumah berikutnya, yaitu mengompres dengan air dingin maupun hangat. Pada umumnya, kompresan bisa membantu meringankan nyeri pinggang ringan yang kamu alami. Untuk menerapkannya, kamu bisa membungkus es dengan plastik, lalu menempelkannya pada area pinggang yang terasa nyeri selama kurang lebih 20 menit. 

Pastikan untuk melakukannya secara rutin agar manfaatnya bisa kamu peroleh secara maksimal. Di samping itu, kamu juga dapat mengompres dengan air hangat untuk membantu melancarkan aliran darah dan meredakan otot yang tegang. Kamu juga dapat mandi menggunakan air hangat untuk membantu merilekskan otot. Efek hangat ini juga bisa kamu peroleh dengan menempelkan koyo pada area tubuh yang nyeri.

Baca Juga  Berapa Lama Diare pada Bayi Sembuh? Ini Cara Mengatasinya

3. Memperbaiki Postur Tubuh

Memperbaiki postur tubuh selama beraktivitas juga dapat membantu mengatasi sakit pinggang. Misalnya adalah ketika kamu terbiasa duduk lama di depan komputer, usahakan agar tubuh tidak membungkuk dan tetap rileks. Pasalnya, tulang belakang yang membungkuk dan duduk terlalu lama bisa menyebabkan sakit pinggang.

Di samping itu, ketika sedang duduk, kamu juga dapat meletakkan bantal di belakang untuk menyangga pinggang. Duduk di alas yang mempunyai cekungan pada bagian belakang juga bermanfaat untuk meringankan nyeri pinggang. Selain itu, kamu juga perlu mengistirahatkan tubuh sejenak setelah duduk terlalu lama untuk menghindari sakit pinggang.

4. Memperhatikan Posisi Tidur

Cara cepat menghilangkan sakit pinggang secara alami berikutnya adalah membantu memperhatikan posisi tidur. Sebaiknya, kamu tidur dengan posisi telentang dan meletakkan bantal di bawah lutut. Selain telentang, kamu juga dapat tidur dengan posisi menyamping untuk mengurangi rasa nyeri dan meringankan otot yang tegang. Jangan lupa juga untuk menaruh bantal tipis di bagian belakan tubuh.

5. Merangsang Hormon Endorfin

Cara mengatasi sakit pinggang secara alami yang terakhir adalah dengan merangsang hormon endorfin. Pasalnya, hormon tersebut berperan dalam membantu mengurangi rasa sakit yang menuju otak. Di sisi lain, hormon ini juga berfungsi untuk memperbaiki suasana hati. 

Nah, suasana hati yang buruk, stres, depresi, dan rasa cemas justru bisa menyebabkan sakit pinggang. Adapun beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merangsang hormon endorfin adalah meditasi, yoga, atau melakukan pijatan. Selain itu, kamu juga dapat melakukan hobi, mendengarkan musik, atau membaca buku untuk membantu meningkatkan kadar hormon endorfin dalam tubuh.

Cara Menghilangkan Sakit Pinggang secara Medis

Selain menggunakan cara alami, kamu juga bisa menghilangkan sakit pinggang secara medis. Adapun beberapa cara cepat menghilangkan sakit pinggang secara medis adalah sebagai berikut.

Baca Juga  Menggunakan Korset Setelah Melahirkan: Aman atau Tidak?

1. Mengonsumsi Obat Pereda Nyeri

Salah satu cara cepat menghilangkan sakit pinggang secara medis adalah mengonsumsi obat pereda nyeri berdasarkan resep dokter. Obat ini berfungsi untuk meredakan rasa nyeri pada pinggang dalam jangka pendek. Di samping itu, dokter juga umumnya akan meresepkan gel atau krim pereda nyeri untuk merangsang sel kulit dan memberikan sensasi hangat.

2. Suntikan

Cara mengatasi sakit pinggang secara medis berikutnya adalah melalui suntikan. Perawatan ini umumnya berfungsi untuk mengatasi sakit pinggang kronis. Melalui suntikan, rasa nyeri pinggang yang kamu rasakan dapat mereda. Adapun jenis suntikan yang umumnya diberikan, yaitu injeksi steroid epidural.

3. Terapi Fisik

Cara cepat menghilangkan sakit pinggang secara medis yang terakhir adalah dengan melakukan terapi fisik. Perawatan ini bisa dilakukan oleh seorang terapis. Jenis terapinya pun bermacam-macam, bergantung pada kondisi dan tingkat keparahan sakit pinggangnya. Terapi fisik umumnya bertujuan untuk menguji batas toleransi rasa nyeri, melatih postur tubuh, menguatkan otot, melatih fleksibilitas dan peregangan, hingga mengembalikan kondisi seperti sedia kala.

Penutup

Demikian beberapa cara cepat menghilangkan sakit pinggang, baik secara alami maupun medis. Selain menerapkan berbagai upaya di atas, kamu juga bisa menggunakan korset New Life sebagai alternatif untuk mengatasi sakit pinggang. Pasalnya, korset ini menggunakan bahan elastis dan berfungsi untuk menyangga area pinggang bawah, sehingga rasa nyeri dapat berkurang.

Kamu pun dapat memperolehnya dengan mudah, langsung saja kunjungi situs New Life Official Store. Yuk, segera atasi sakit pinggangmu bersama New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?