fbpx

10 Jenis Buah yang Bagus untuk Ibu Menyusui agar ASI Lancar

10 Jenis Buah yang Bagus untuk Ibu Menyusui agar ASI Lancar

Saat menyusui, penting bagi ibu untuk memperhatikan asupan makanan sehari-hari, seperti buah-buahan. Sebab, buah yang bagus untuk ibu menyusui justru bisa membantu melancarkan produksi ASI. Bukan hanya itu, kandungan nutrisi dalam buah juga dapat membuat ASI lebih berkualitas.

Di sisi lain, asupan buah bergizi juga berperan penting dalam menjaga kesehatan ibu, sehingga dapat mengasuh bayi secara lebih optimal. Nah, jika ingin mengetahui rekomendasi buah untuk ibu menyusui, yuk simak dalam artikel berikut ini!

Daftar Buah yang Bagus untuk Ibu Menyusui

Sebagaimana penjelasan sebelumnya, buah adalah salah satu sumber nutrisi yang baik untuk busui. Pasalnya, buah-buahan kaya akan kandungan nutrisi dan bisa menjadi sumber energi. Adapun beberapa jenis buah yang bagus untuk ibu menyusui adalah sebagai berikut.

1. Alpukat

Salah satu buah yang bagus untuk ibu menyusui adalah alpukat. Buah ini memiliki beberapa kandungan nutrisi, seperti asam lemak omega-3, omega-6, dan omega-9 yang berperan dalam melancarkan ASI dan memenuhi kebutuhan si kecil.

Selain itu, kandungan potasium, asam folat, vitamin C, dan vitamin E dalam alpukat juga berperan dalam menjaga daya tahan tubuh si kecil serta mendukung tumbuh kembangnya. Alpukat juga bisa menjadi pilihan makanan yang baik bagi ibu untuk mengontrol kadar kolesterol serta gula darah dalam tubuh.

2. Jeruk

Jeruk adalah jenis buah yang tinggi akan kandungan vitamin C. Vitamin tersebut bisa membantu mendukung daya tahan tubuh ibu maupun buah hati.

Vitamin C juga mempunyai peran penting dalam pertumbuhan otot dan gigi bayi. Adapun kebutuhan vitamin C harian ibu menyusui adalah sekitar 120 mg atau setara dengan dua buah jeruk kecil.

3. Pepaya Hijau

Rekomendasi buah pelancar ASI berikutnya adalah pepaya hijau. Buah ini dapat membantu laktasi untuk meningkatkan kadar hormon oksitosin, sehingga produksi ASI bisa semakin lancar. Bukan hanya itu, alpukat juga mengandung nutrisi yang ibu dan bayi butuhkan untuk mendorong tumbuh kembangnya, yakni vitamin A, B, C, dan E.

Baca Juga  8 Tips Melahirkan Normal yang Perlu Ibu Ketahui Agar Lancar

4. Aprikot

Aprikot juga termasuk buah untuk ibu menyusui yang bisa membantu melancarkan produksi ASI, karena dapat meningkatkan kadar prolaktin. Di lain sisi, aprikot juga mengandung beberapa nutrisi penting, misalnya, serat, potasium, vitamin A, dan C.

Untuk mengonsumsinya, sebaiknya ibu makan aprikot yang masih segar dan berbentuk utuh daripada buah kalengan. Sebab, buah kalengan umumnya mengandung sirup. Di samping itu, ibu juga bisa menjadikan aprikot kering untuk camilan sehat sehari-hari.

5. Pisang

Rekomendasi buah yang bagus untuk ibu menyusui lainnya adalah pisang. Buah ini bukan hanya memiliki rasa manis, tetapi juga mengandung mineral dan vitamin yang penting untuk mendukung kesehatan selama menyusui.

Pisang juga mengandung serat dan kalori yang dapat memberikan rasa kenyang selama menyusui serta mendukung peningkatan kadar asam folat, kandungan potasium dalam pisang juga berperan dalam menjaga kadar cairan dalam tubuh dan meningkatkan kualitas serta kuantitas ASI.

6. Stroberi

Stroberi adalah jenis buah pelancar ASI yang baik untuk ibu konsumsi. Sebab, stroberi mengandung beberapa nutrisi penting, seperti magnesium, potasium, kalsium, dan vitamin C.

Tingginya kadar air dalam stroberi juga berperan dalam menjaga tubuh ibu tetap terhidrasi sekaligus mendukung tumbuh kembang bayi.

7. Mangga

Jenis buah yang bagus untuk ibu menyusui lainnya adalah mangga. Buah ini mengandung vitamin K dan antioksidan yang berperan dalam melawan radikal bebas serta menjaga sistem imunitas tubuh. Selain itu, mangga juga mempunyai kandungan kalium serta serat yang penting untuk kesehatan sistem pencernaan.

8. Bluberi

Rekomendasi buah pelancar ASI selanjutnya adalah bluberi. Buah ini memiliki kandungan antioksidan tinggi yang baik untuk mendukung imunitas tubuh ibu maupun si kecil. Selain itu, kandungan antioksidan tersebut juga bisa membantu mencegah serangan penyakit pada masa pertumbuhan si kecil.

Baca Juga  Perbedaan Darah Haid dan Hamil, Ini Ciri-cirinya!

9. Kurma

Jenis buah yang bagus untuk ibu menyusui selanjutnya adalah kurma. Buah ini bisa membantu meningkatkan prolaktin untuk mendukung kelancaran ASI. Bukan hanya itu, kurma juga memiliki rasa manis alami, tinggi kandungan serat, dan kalsium. Dengan begini, konsumsi buah kurma yang cukup dapat menambah energi ibu selama menyusui dan mencegah kelelahan.

10. Apel

Rekomendasi buah pelancar ASI yang terakhir adalah apel. Buah ini mengandung vitamin C, antioksidan, dan serat yang menjadi sumber nutrisi umum untuk busui maupun bayi dalam kandungan. Di samping itu, mengonsumsi apel juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan payudara serta kelenjar susu ibu, sehingga produksi ASI pun tidak terhambat.

Tips Memenuhi Nutrisi untuk Ibu Menyusui

Selain mengetahui beberapa jenis buah yang bagus untuk ibu menyusui, Moms juga perlu memahami tips memenuhi nutrisi harian demi melancarkan ASI. Sebab, biasanya pada awal menyusui, ibu membutuhkan masa adaptasi terlebih dulu, sehingga cenderung mudah lelah, merasa emosional, kurang makan, hingga kurang tidur. Itulah sebabnya, ibu perlu mencukupi kebutuhan nutrisi harian demi mendukung kesehatan selama menyusui.

Adapun beberapa tips memenuhi kebutuhan nutrisi untuk ibu menyusui adalah sebagai berikut:

  • Mengonsumsi camilan sehat, seperti keju dan kacang.
  • Menyiapkan oatmeal instan sebagai sumber camilan tinggi serat serta membantu meningkatkan kualitas ASI. Untuk menambah gizinya, ibu juga bisa menambahkan yoghurt maupun susu.
  • Mengonsumsi smoothies saat pagi hari dengan menambahkan sayuran serta buah-buahan. Ibu bisa mencampurkan buah beri beku, alpukat, dan pisang. Selain itu, tambahkan pula greek yoghurt untuk menambah proteinnya.

Di samping menjaga asupan nutrisi, ibu juga perlu rajin berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan ibu serta memantau perkembangan si kecil. Selain itu, ibu juga bisa menanyakan kepada dokter apabila mempunyai keluhan tertentu selama merawat bayi.

Baca Juga  Peralatan Bayi Agar Cepat Bisa Berjalan

Penutup

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa selama masa menyusui, ibu perlu mencukupi kebutuhan nutrisi, termasuk dari buah-buahan.

Jenis buah yang bagus untuk ibu menyusui pun beragam. Akan tetapi, pastikan juga agar ibu tidak mengonsumsi secara berlebihan. Di sisi lain, seimbangkan pula dengan mengonsumsi sumber nutrisi lainnya, seperti susu dan sayuran. Dengan begitu, ASI ibu pun bisa semakin lancar. Jadi, jangan ragu untuk rajin mengonsumsi buah demi mendukung kelancaran ASI 

Untuk informasi seputar kehamilan, ibu menyusui dan lain-lain bisa kunjungi laman website New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?