fbpx

7 Tanda Kehamilan 1 Minggu & Hal yang Perlu Bumil Perhatikan

7 Tanda Kehamilan 1 Minggu & Hal yang Perlu Bumil Perhatikan

Pada dasarnya, saat memasuki awal kehamilan, akan muncul tanda-tanda yang perlu Bunda kenali, terlebih ketika baru memasuki usia 1 minggu. Maka dari itu, Bunda perlu memahami tanda kehamilan 1 minggu agar bisa mempersiapkan diri untuk menjaga kondisi buah hati agar persalinan nantinya lancar.

Memang tidak ada tanda-tanda kehamilan yang pasti pada minggu pertama dan biasanya para ibu hamil baru menyadarinya saat usia kehamilan mencapai empat minggu. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai tanda kehamilan 1 minggu, yuk simak artikel berikut!

Tanda Kehamilan 1 Minggu

Usia 1 minggu kehamilan adalah tahap pertama sebelum pembuahan dan konsepsi. Tanda-tanda kehamilan di minggu pertama tidak terlalu signifikan. Padahal, usia kehamilan awal adalah hal penting untuk Bunda kenali agar bisa menjaga diri dan kondisi embrionya.

Oleh karena itu, agar tidak melewatkan munculnya kehadiran si kecil di kandungan, bunda dapat mengetahuinya dengan cara mengenali tanda-tanda minggu pertama kehamilan. Berikut ini beberapa tanda kehamilan 1 minggu:

1. Perut Kembung

Mirip dengan tanda-tanda awal periode menstruasi, tanda kehamilan di minggu pertama juga menyebabkan perut bunda terasa kembung.  Hal ini terjadi karena adanya perubahan hormon yang menurunkan sistem pencernaan, sehingga menyebabkan perut kembung. Seringkali, gejala kembung juga bersamaan dengan konstipasi atau konstipasi.

2. Kelelahan

Kelelahan adalah salah satu tanda kehamilan 1 minggu. Hal ini terjadi karena meningkatnya hormon progesteron yang membuat ibu mudah merasa lelah serta mengantuk saat hamil. 

Untuk meringankan gejala tersebut, moms perlu beristirahat lebih banyak dan pastikan untuk selalu menciptakan kamar tidur yang nyaman. Tujuannya adalah agar istirahat lebih berkualitas. Di sisi lain, Bunda juga perlu mengelola stres selama hamil untuk menjaga kualitas tidur.

Baca Juga  Bolehkah Memakai Korset Saat Tidur Setelah Melahirkan: Fakta dan Tips

3. Rasa Mual atau Muntah

Mual dan muntah pada minggu pertama kehamilan disebut morning sickness. Rasa mual dan muntah ini bisa terjadi kapan saja. Morning sickness biasanya terjadi pada minggu pertama sampai minggu ke 9. Pada awal trimester kedua, gejala ini biasanya akan mulai hilang. 

4. Sakit pada Punggung Bagian Bawah

Nyeri di punggung bagian bawah bisa menjadi salah satu tanda kehamilan 1 minggu lainnya. Kondisi ini umumnya timbul bersamaan dengan rasa keram yang terjadi akibat hilangnya lapisan rahim.

Ketika fibroid rahim muncul, rahim akan mengalami kontraksi dan menyebabkan nyeri di punggung bawah. Rasa nyeri ini bisa Bunda alami sejak awal kehamilan, hingga pasca persalinan. Namun, nyeri punggung yang terjadi saat hamil seringkali disebabkan oleh kenaikan berat badan maupun perubahan postur tubuh.

5. Perubahan Payudara

Payudara akan mengalami perubahan selama minggu pertama kehamilan dan tampak lebih besar. Selain itu, payudara akan menjadi lembut serta halus. Kondisi ini terjadi karena adanya perubahan hormon pada tubuh saat hamil. Tidak hanya pada kulit payudara, perubahan juga tampak pada areola yang menjadi hitam serta membesar. Ukutan puting juga akan lebih besar dari sebelumnya.

6. Perdarahan Vagina

Tidak hanya ketika menstruasi, perdarahan vagina juga bisa terjadi di awal kehamilan dan merupakan salah satu gejala kehamilan usia 1 minggu. Pendarahan ini terjadi sebab tubuh melepaskan endometrium lama dan mulai membentuk endometrium baru untuk menerima sel telur yang telah dibuahi.

7. Peningkatan Buang Air Kecil

Tanda kehamilan 1 minggu yang terakhir adalah Bunda mengalami peningkatan intensitas buang air kecil. Pasalnya, efisiensi ginjal lebih besar dan rahim akan menekan kandung kemih seiring pertambahan ukurannya. Alhasil, pada trimester pertama, Bunda akan sering buang air kecil.

Baca Juga  7 Tips Mencapai Masa Kehamilan yang Sehat, Jaga Pola Makan!

Selain beberapa gejala di atas, tanda kehamilan usia 1 minggu yang sering menjadi keluhan bumil antara lain, mudah lelah, sensitif terhadap bau, dan ingin makan makanan tertentu atau ngidam. Ibu hamil juga bisa mengalami sembelit dan perut kembung pada tahap awal kehamilan, karena kerja saluran pencernaan melambat akibat perubahan hormon. Perubahan hormon selama kehamilan juga dapat menyebabkan sakit kepala, insomnia, hingga perubahan suasana hati. 

Hal yang Perlu Bunda Lakukan saat Hamil

Setelah mengetahui beberapa tanda hamil 1 minggu, Bunda juga perlu memahami hal-hal yang perlu dilakukan agar kesehatan diri dan kandungan tetap terjaga.

Adapun beberapa hal yang perlu Bunda lakukan saat hamil adalah sebagai berikut:

  • Mengonsumsi suplemen kehamilan atas resep dokter.
  • Berkonsultasi ke dokter secara rutin.
  • Mengatur pola makan setiap hari, seperti mengonsumsi kacang-kacangan, sayuran, daging tanpa lemak, ikan, maupun biji-bijian utuh.
  • Menjaga kualitas tidur.

Jika Bunda tidak yakin dengan tanda kehamilan 1 minggu, sebaiknya lakukan tes menggunakan test pack. Apabila hasilnya positif, Bunda bisa mulai berkonsultasi dengan dokter dan menyiapkan diri menghadai masa kehamilan. Nah, untuk mengetahui berbagai informasi penting seputar kehamilan, Bunda juga bisa mengeceknya langsung dalam situs New Life!

***

Korset New Life Telah Berdiri sejak 1990 dan Telah Membantu Ratusan Ribu Wanita Mendapatkan Kembali Kepercayaan Dirinya. Cari tahu lebih Lanjut Mengenai Korset New Life DISINI!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?