fbpx

10 Cara Menghilangkan Stretch Mark, Manfaatkan Bahan Alami!

10 Cara Menghilangkan Stretch Mark, Manfaatkan Bahan Alami!

Stretch mark adalah guratan putih kemerahan yang kerap muncul di beberapa bagian tubuh dan seringkali membuat seseorang tidak percaya diri. Maka dari itu, mengetahui cara menghilangkan stretch mark adalah hal penting.

Sebab, meskipun guratan putih panjang ini tidak berbahaya, tetapi cukup mengganggu keremajaan kulit, sehingga perlu dihilangkan. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara menghilangkan stretch mark, simak artikel berikut ini!

Apa itu Stretch Mark?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara menghilangkan stretch mark, sebaiknya pahami dulu pengertiannya. Jadi, stretch mark adalah guratan putih kemerahan yang muncul di sejumlah bagian tubuh dengan ukuran bervariasi, mulai dari milimeter, hingga belasan sentimeter.

Masalah kulit ini bisa muncul pada pria dan wanita. Di samping itu, munculnya stretch mark juga bisa karena faktor pubertas maupun kehamilan. Hal ini disebabkan karena elastisitas kulit yang telah mencapai batasnya atau adanya kerusakan di jaringan elastis pada lapisan kulit bagian dalam.

Cara Menghilangkan Stretch Mark

Pada dasarnya, stretch mark tidak dapat dihilangkan dengan cepat, bahkan bisa bersifat permanen. Meski begitu, melalui sejumlah pengobatan, stretch mark pada kulit bisa memudar lebih cepat. Adapun beberapa cara menghilangkan stretch mark adalah sebagai berikut.

1. Bubuk Cokelat

cara menghilangkan stretch mark

Salah satu cara menghilangkan stretch mark adalah memanfaatkan bubuk cokelat tawar tanpa pemanis. Pasalnya, cokelat mengandung vitamin C dan antioksidan yang baik untuk menjaga kulit agar tetap terhidrasi. Nah, untuk menggunakannya sebagai pemudar stretch mark, kamu perlu membuatnya menjadi krim atau pasta terlebih dulu, tetapi jangan terlalu cair maupun kental.

Setelah itu, oleskan pasta cokelat pada area guratan di kulit sambil dipijat, lalu diamkan selama sekitar 15-30 menit dan bilas dengan air hangat. Untuk memperoleh hasil maksimal, kamu bisa menggunakannya minimal 2 kali sehari selama 2 bulan setelah mandi.

Baca Juga  Ini Cara Mengatasi Bengkak pada Paha Bayi Setelah Imunisasi

2. Minum Air Putih

cara menghilangkan stretch mark

Cara menghilangkan stretch mark secara alami berikutnya adalah dengan mengonsumsi air putih secara rutin. Sebab, mencukupi kebutuhan cairan tubuh bisa bermanfaat untuk menjaga kelembapan dan elastisitas kulit. Maka dari itu, jika menginginkan kulit sehat dan stretch mark memudar, jaga asupan air putih dengan minum setidaknya 8 gelas per hari.

3. Kopi

cara menghilangkan stretch mark

Cara menghilangkan stretch mark lainnya adalah dengan bantuan kopi, sebab mengandung melanoidin serta asam klorogenik yang baik bagi kulit. Untuk menggunakannya, kamu dapat mengolahnya menjadi masker terlebih dulu dengan mencampurkan bubuk kopi dan air hangat secukupnya, hingga kental. Selanjutnya, oleskan pada kulit yang terdapat stretch mark dan tunggu selama 30 menit, lalu bilas sampai bersih.

4. Putih Telur

cara menghilangkan stretch mark

Cara menghilangkan stretch mark selanjutnya adalah dengan memanfaatkan putih telur. Sebab, putih telur mengandung enzim hidrolisis dan asam hialuronat yang baik bagi kulit. Cara menggunakan putih telur sendiri cukup mudah, kamu bisa mengoleskannya pada guratan secara merata dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bersihkan dengan air hangat sembari dipijat lembut.

5. Minyak Jarak

cara menghilangkan stretch mark

Minyak jarak adalah bahan alami yang mengandung asam lemak baik dan berfungsi untuk membantu mempercepat proses penyembuhan luka, meredakan peradangan, hingga melembapkan kulit, sehingga kamu bisa menggunakannya sebagai penghilang stretch mark.

Untuk menggunakan minyak jarak, kamu cukup mengoleskannya secara merata di area stretch mark sambil memijatnya dengan lembut, lalu tunggu selama 30 menit dan bilas sampai bersih.

6. Lemon

cara menghilangkan stretch mark

Cara memudarkan stretch mark lainnya adalah dengan memanfaatkan lemon. Kamu bisa mengiris 1 buah lemon segar, lalu oleskan air lemon ke area stretch mark sampai rata dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, bersihkan menggunakan air hangat sembari memijatnya.

Baca Juga  3 Tahapan Penting Proses Perkembangan Janin

7. Lidah Buaya

cara menghilangkan stretch mark

Lidah buaya adalah salah satu tanaman yang bisa membantu memproduksi kolagen pada kulit, sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi stretch mark. Adapun cara penggunaannya adalah mengoleskan gel lidah buaya pada kulit yang terdapat stretch mark sambil memijat secara lembut selama 10 menit.

Kemudian, tunggu dulu hingga sekitar 45 menit agar gelnya dapat meresap ke kulit dan kering. Setelah itu, kamu bisa membilasnya menggunakan air dingin sampai benar-benar bersih.

8. Kentang

cara menghilangkan stretch mark

Kentang adalah salah satu jenis sayuran yang bisa membantu mempercepat regenerasi kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Maka dari itu, sayuran ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami penghilang stretch mark. Untuk memanfaatkannya, kamu dapat mengiris kentang terlebih dulu dengan ukuran tebal, lalu mengoleskannya di area guratan secara rata. Selain itu, kamu juga dapat mengolahnya sebagai masker kentang.

9. Minyak Zaitun

cara menghilangkan stretch mark

Minyak zaitun juga termasuk sebagai bahan alami untuk menghilangkan stretch mark. Pasalnya, minyak zaitun mempunyai kemampuan untuk mempercepat proses penyembuhan luka kulit, termasuk stretch mark. 

Adapun cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan minyak zaitun pada area kulit yang terdapat stretch mark selama 30 menit setelah mandi. Kamu bisa memberikan pijatan lembut agar minyaknya meresap. Selanjutnya, bilas sampai bersih menggunakan air hangat.

10. Terapi Laser

cara menghilangkan stretch mark

Selain menggunakan bahan alami, kamu juga dapat menghilangkan stretch mark dengan cara medis atau bantuan dokter. Adapun cara memudarkan stretch mark secara medis dapat dilakukan melalui terapi laser. Terapi ini menggunakan gelombang cahaya sebagai pemicu pertumbuhan kolagen maupun senyawa yang dapat memproduksi melanin di kulit.

Penutup

Demikian beberapa informasi seputar cara menghilangkan stretch mark yang bisa dicoba, baik menggunakan bahan alami maupun medis. Dengan mengetahui sejumlah cara di atas, kamu bisa memudarkan stretch mark lebih cepat agar dapat tampil percaya diri.

Baca Juga  Hamil 5 Bulan, Berikut Hal yang Perlu Diperhatikan

Selain itu, apabila stretch mark muncul pasca hamil, kamu dapat menggunakan korset setelah melahirkan, misalnya dari New Life. Pasalnya, korset tersebut terbuat dari bahan elastis dan nyaman dikenakan, sehingga dapat membantu mengencangkan perut kendur, hingga memudarkan stretch mark.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap seputar produk korset New Life, kunjungi website New Life Official Store.

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?