fbpx

7 Jamu Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan Caesar, Catat!

7 Jamu Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan Caesar, Catat!

Minum jamu setelah melahirkan caesar ternyata bisa memberikan manfaat untuk membantu mengencangkan otot perut. Adapun salah satu jenis jamu mengecilkan perut setelah melahirkan caesar adalah ramuan daun mengkudu dan kemuning.

Pasalnya, daun mengkudu mengandung serat, protein kasar, serta mineral yang baik untuk sistem pencernaan dan membantu mempertahankan rasa kenyang. Selain itu, daun kemuning juga mengandung sejumlah senyawa metabolit, seperti flavonoid dan alkaloid yang baik bagi tubuh.

Nah, untuk mengetahui rekomendasi jamu mengecilkan perut setelah melahirkan caesar lainnya, baca artikel ini sampai habis!

Jamu Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan Caesar

Jamu adalah obat-obatan herbal yang terbuat dari rempah-rempah dan bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh, termasuk mengecilkan perut pasca menjalani operasi caesar.

Adapun beberapa jenis jamu mengecilkan perut setelah melahirkan caesar adalah sebagai berikut.

1. Jamu Beras Kencur

Salah satu jenis jamu mengecilkan perut setelah melahirkan caesar adalah beras kencur. Jamu ini banyak dijumpai pada pedagang jamu keliling. Selain itu, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah untuk membantu mengencangkan otot perut.

Adapun cara membuat jamu beras kencur adalah menyiapkan segenggam beras, kencur, gula merah, gula pasir, serta asam, lalu haluskan dengan menumbuknya.

Selanjutnya, kamu bisa menyeduhnya menggunakan air panas dan menyaringnya. Nah, jamu beras kencur sudah bisa kamu konsumsi.

2. Jamu Kunyit Asam

Kunyit asam juga termasuk jenis jamu mengecilkan perut setelah melahirkan caesar. Jamu ini terbuat dari bahan herbal, berupa kunyit serta asam. Nah, perpaduan antara dua bahan herbal tersebut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti mengecilkan perut pasca melahirkan.

Selain itu, kamu juga bisa membuat jamu ini dengan mudah, yaitu menyiapkan 4 ruas kunyit yang dihaluskan menggunakan parutan, lalu diperas sarinya. Selanjutnya, rebus bersama asam jawa serta 4 gram gula jawa dan tunggu sampai matang.

Baca Juga  Penyebab Mimisan saat Hamil 5 Bulan & Pertolongan Pertamanya

3. Ramuan Jeruk Nipis

Ramuan jeruk nipis adalah alternatif jamu mengecilkan perut setelah melahirkan caesar yang bisa kamu konsumsi. Pasalnya, jeruk nipis mengandung asam nitrat yang berperan dalam membakar kalori, menyimpan sedikit lemak, serta meningkatkan metabolisme.

Selain itu, kamu juga bisa membuatnya dengan mudah, yaitu peras terlebih dulu jeruk nipis ke dalam gelas, lalu tambahkan air hangat. Kamu dapat mengonsumsinya untuk membantu mengembalikan proporsi tubuh pasca operasi caesar.

4. Ramuan Daun Mengkudu dan Kemuning

Perpaduan antara daun mengkudu dan kemuning ternyata juga bisa menjadi jamu untuk mengecilkan perut setelah operasi caesar, lho. Selain itu, ramuan ini juga bisa membantu melancarkan produksi ASI untuk bayi.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kedua jenis daun ini kaya akan nutrisi, seperti serat, mineral, dan senyawa metabolit yang baik bagi sistem pencernaan serta melancarkan metabolisme dalam tubuh.

Adapun cara membuat jamu daun mengkudu dan kemuning adalah menyiapkan dua jenis daun tersebut serta temu giring, lalu rebus sampai mendidih. Nah, kamu dapat mengonsumsinya setiap pagi sebelum sarapan untuk memperoleh hasil maksimal.

5. Ramuan Jahe

Jahe adalah bahan herbal yang kaya akan kandungan nutrisi, seperti serat, protein, karbohidrat, zat besi, hingga vitamin C. Dengan berbagai kandungannya tersebut, jahe juga bisa membantu mengecilkan perut pasca melahirkan caesar.

Selain itu, jahe juga dapat menjaga kekebalan tubuh, sistem pencernaan, dan mengurangi rasa kembung. Untuk membuatnya, kamu bisa menggeprek jahe dan merebusnya sampai mendidih, lalu tambahkan madu secukupnya.

6. Jamu Bangle

Jamu bangle juga termasuk pilihan alternatif untuk membantu mengecilkan perut setelah operasi caesar. Ramuan ini dapat membantu merangsang produksi enzim lipase yang berfungsi dalam sistem pencernaan dan melakukan sekresi di hati.

Baca Juga  10 Risiko Penyakit yang Timbul Setelah Operasi Caesar, Simak!

Selain itu, enzim lipase juga berfungsi untuk mengubah lemak menjadi gliserol, sehingga bisa membentuk energi. Nah, untuk membuatnya, kamu dapat menghaluskan bangle dan mengambil sarinya, lalu campurkan dengan madu sesuai selera.

7. Ramuan Kunyit Kencur

Jenis jamu mengecilkan perut setelah melahirkan caesar yang terakhir adalah ramuan kunyit kencur. Jamu ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk membantu melangsingkan perut, pinggul, dan menurunkan berat badan.

Untuk membuatnya, kamu bisa merebus beberapa bahan herbal, seperti kunyit, kencur, temu giring, temulawak, kayu manis, jeruk nipis, gula aren, adas, hingga bunga cengkeh kering. Apabila sudah matang, saring terlebih dulu dan campurkan dengan madu.

Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan Caesar Lainnya

Selain mengonsumsi beberapa jenis jamu di atas, kamu juga bisa mengecilkan perut setelah melahirkan caesar dengan beberapa upaya. Adapun sejumlah cara mengecilkan perut pasca melahirkan caesar, antara lain.

  • Memperbanyak konsumsi air putih.
  • Mengonsumsi makanan bergizi secara rutin.
  • Mengurangi aktivitas berat.
  • Melakukan olahraga ringan.
  • Melakukan pernapasan perut.
  • Menggunakan korset.
  • Menyusui bayi.
  • Melakukan pijatan yang aman.
  • Menghindari makanan cepat saji dan berlemak tinggi.

Penutup

Demikian penjelasan seputar jamu mengecilkan perut setelah melahirkan caesar dan cara mengencangkan perut lainnya. Seperti penjelasan sebelumnya, salah satu cara mengecilkan perut pasca melahirkan adalah menggunakan korset.

Untuk itu, kamu bisa menggunakan korset New Life yang terbuat dari bahan katun elastis, sehingga tetap terasa nyaman meskipun sedang beraktivitas. Selain itu, korset ini juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka pasca operasi.

Maka dari itu, tak perlu ragu lagi untuk membeli korset New Life sekarang juga. Apabila masih bingung mengenai produk tersebut, kamu juga bisa bertanya kepada admin via WhatsApp.

Baca Juga  12 Efek Samping Operasi Caesar pada Ibu dan Bayi, Waspada!
Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?