fbpx

7 Cara Mengatasi Wasir Setelah Melahirkan Normal, Yuk Simak!

7 Cara Mengatasi Wasir Setelah Melahirkan Normal, Yuk Simak!

Lahiran normal adalah proses persalinan melalui vagina. Proses ini membutuhkan upaya ibu untuk mengejan kuat agar bayi terdorong keluar. Hal itu bisa meningkatkan risiko wasir setelah melahirkan normal. Pasalnya, area pembuluh darah di sekitar panggul dan dubur bisa tertekan, sehingga memicu terjadinya pembengkakan.

Meski begitu, ambeien bukan kondisi yang serius dan umumnya dapat sembuh secara alami. Namun, untuk mempercepat proses penyembuhannya, ibu juga perlu melakukan sejumlah upaya. Untuk mengetahui lebih lanjut seputar cara mengatasi wasir setelah melahirkan normal, yuk simak artikel berikut ini!

Ciri-Ciri Wasir Setelah Melahirkan Normal

Seperti penjelasan sebelumnya, wasir setelah melahirkan adalah kondisi yang wajar. Hal ini terjadi karena sejumlah kondisi, seperti tekanan berlebihan dari rahim selama masa kehamilan, perubahan hormon, hingga sembelit. Beberapa kondisi tersebut bisa memicu pembengkakan pembuluh darah balik yang terdapat di sekitar area anus atau dubur.

Adapun beberapa ciri-ciri ambeien setelah melahirkan normal adalah sebagai berikut:

  • Munculnya benjolan di area sekitar dubur.
  • Merasa gatal, nyeri, dan sakit di area benjolan.
  • Merasa sakit ketika sedang buang air besar, terutama saat mengejan.
  • Merasa tidak nyaman di area sekitar dubur.
  • Pendarahan yang keluar bersamaan dengan feses.

Apabila ibu telah mengalami ambeien sejak masih hamil, gejala yang timbul pun serupa. Di sisi lain, apabila timbul gejala yang berlebihan, seperti pendarahan tidak kunjung usai maupun rasa nyeri ekstra, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk memperoleh pemeriksaan lanjutan.

Cara Mengatasi Wasir Setelah Melahirkan Normal

Pengobatan wasir setelah melahirkan bisa dilakukan dengan cara alami maupun medis. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini adalah cara mengatasi wasir setelah melahirkan normal yang bisa ibu lakukan.

Baca Juga  Masa Nifas Berapa Hari? Hal yang Perlu Diketahui Tentang Nifas

1. Menggunakan Salep atau Krim

Salah satu cara mengobati wasir setelah melahirkan normal adalah dengan menggunakan salep atau krim. Hal ini dapat membantu mengurangi gejala yang timbul akibat wasir, seperti rasa nyeri dan pembengkakan. Akan tetapi, sebelum menggunakannya, pastikan untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dulu.

2. Mengoleskan Lidah Buaya

Cara menyembuhkan ambeien setelah melahirkan normal juga dapat ibu lakukan dengan mengoleskan lidah buaya atau aloe vera. Bahan alami ini memiliki kandungan antiradang yang bermanfaat dalam mengatasi iritasi yang timbul akibat ambeien.

Di samping itu, lidah buaya juga baik untuk meremajakan kulit. Untuk menggunakannya, ibu bisa mengoleskan lidah buaya di area pembengkakan wasir. Namun, sebelum itu, pastikan dulu bahwa ibu tidak mempunyai riwayat alergi terhadap lidah buaya.

3. Menggunakan Air Hangat

Cara mengatasi wasir setelah melahirkan normal juga bisa ibu lakukan dengan menggunakan air hangat. Hal ini bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah, merilekskan otot di area panggul dan anus yang tegang, serta meredakan nyeri akibat ambeien.

Ibu dapat berendam di dalam air hangat selama kurang lebih 20 menit. Selain itu, tambahkan garam epsom untuk membantu mempercepat pemulihannya.

4. Menggunakan Celana Dalam Longgar

Cara mengempiskan ambeien setelah melahirkan normal lainnya, yaitu dengan menggunakan celana dalam longgar dan berbahan katun. Pasalnya, bahan tersebut bisa mencegah terjadinya iritasi.

Selain itu, pastikan bahwa celana dalam yang hendak ibu kenakan telah kering dan bersih, sehingga dapat mencegah potensi memperparah kondisi ambeien. Di sisi lain, hindari penggunaan detergen maupun pelembut pakaian yang memiliki kandungan parfum, karena bisa memicu iritasi.

5. Cukupi Kebutuhan Cairan

Cara mengatasi wasir setelah melahirkan normal berikutnya adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan. Hal ini bisa membantu melancarkan kinerja sistem pencernaan dan melunakkan tinja.

Baca Juga  Sindrom Baby Blues: Penyebab dan Gejalanya

Ibu bisa minum air sebanyak 8-12 gelas per hari. Selain itu, mengonsumsi makanan berserat juga bisa membantu mencegah sembelit yang dapat memperparah kondisi ambeien.

6. Menggunakan Bantalan saat Duduk

Cara mengobati ambeien setelah melahirkan normal selanjutnya adalah dengan menggunakan bantalan saat duduk. Pasalnya, duduk di permukaan keras bisa membuat area dubur mengalami tekanan berlebihan dan meningkatkan rasa nyeri di area ambeien. Maka dari itu, untuk mencegah kondisi tersebut, sebaiknya ibu menggunakan bantalan empuk ketika sedang duduk.

Di samping itu, ibu juga perlu menghindari duduk terlalu lama. Sebab, bisa meningkatkan tekanan di area anus dan memperparah benjolan ambeien. Apabila ibu harus bekerja dengan duduk, sebaiknya luangkan waktu untuk berjalan dan peregangan selama beberapa menit setelah duduk sejam.

7. Minum Obat Antinyeri

Cara mengatasi wasir setelah melahirkan normal yang terakhir adalah dengan minum obat antinyeri. Ibu bisa berkonsultasi ke dokter terlebih dulu mengenai obat yang aman untuk ibu menyusui. Selain itu, ibu juga dapat mengonsumsi suplemen herbal khusus untuk membantu meredakan gejala wasir dan melancarkan buang air besar.

Penutup

Demikian penjelasan mengenai wasir setelah melahirkan normal dan cara mengatasinya. Apabila setelah beberapa minggu kondisi ambeien tidak kunjung mereda, sebaiknya ibu lekas berkunjung ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lanjutan.

Di samping itu, ibu juga perlu mencegah risiko terjadinya ambeien setelah melahirkan dengan menerapkan gaya hidup sehat. Jadi, yuk selalu jaga kesehatan tubuh dan cegah ambeien setelah melahirkan bersama  New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?