fbpx

7 Cara Mengatasi Mimisan saat Hamil Trimester 2 secara Alami

7 Cara Mengatasi Mimisan saat Hamil Trimester 2 secara Alami

Apakah ibu pernah mengalami mimisan saat hamil trimester 2? Kondisi ini adalah hal yang sering terjadi pada ibu hamil, tetapi masih banyak bumil merasa khawatir jika hal tersebut mengindikasikan masalah kehamilan tertentu. Padahal, mimisan saat hamil mayoritas terjadi akibat perubahan hormon maupun pelebaran pembuluh darah sebagai efek dari kehamilan.

Di sisi lain, mimisan umumnya akan lekas berhenti setelah memperoleh perawatan rumahan secara alami. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara mengatasi mimisan saat hamil trimester 2, simak selengkapnya di artikel berikut!

Cara Mengatasi Mimisan saat Hamil Trimester 2

Pada usia kehamilan trimester 2, ibu cenderung rentan mengalami sejumlah masalah kesehatan, termasuk mimisan. Hal ini umumnya adalah kondisi yang normal dan bisa ibu tangani dengan beberapa langkah alami.

Adapun beberapa cara mengatasi mimisan saat hamil trimester 2 adalah sebagai berikut:

1. Mengonsumsi Vitamin C dan K

Salah satu cara mengatasi mimisan saat hamil trimester 2 adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin C dan K. Vitamin C berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah peradangan, dan iritasi.

Sementara itu, vitamin K berperan dalam membantu menjaga kondisi pembuluh darah dan mencegahnya agar tak mudah pecah. Maka dari itu, ibu bisa menjaga asupan vitamin C dan K dari makanan, seperti kubis, brokoli, bayam, sawi, atau kangkung.

2. Menjepit Hidung

Cara menyembuhkan mimisan saat hamil trimester kedua selanjutnya adalah dengan menjepit hidung menggunakan ibu jari dan jari telunjuk. Cara ini bisa membantu menekan titik pendarahan agar menghentikan aliran darah.

Ibu bisa mengarahkan kepala sedikit ke depan sambil duduk tegak. Setelah itu, jepit area hidung selama 5-10 menit. Selama proses tersebut, ibu bisa bernapas melalui mulut. Untuk memperoleh manfaatnya secara maksimal, ibu bisa mengulangi langkah tersebut sebanyak beberapa kali.

Baca Juga  8 Tips Melahirkan Normal yang Perlu Ibu Ketahui Agar Lancar

3. Kompres Dingin

Cara mengatasi mimisan saat hamil trimester 2 lainnya adalah dengan kompres dingin. Cara ini bisa membantu menyempitkan area pembuluh darah di dalam hidung agar pendarahan bisa berhenti. Ibu cukup mengompreskan air dingin atau es batu di area batang hidung selama beberapa menit.

4. Cabai Rawit

Cara menghentikan mimisan saat hamil trimester 2 berikutnya adalah menggunakan cabai rawit. Bahan dapur ini bisa bermanfaat untuk mengatur tekanan aliran darah dan menjadi stimulan sel.

Manfaat tersebut berperan dalam membantu menghilangkan tekanan berat di area pendarahan hidung. Ibu bisa mengambil satu sendok teh bubuk cabai rawit, lalu mencampurkannya dengan air hangat dan minum dengan segera ketika sedang mengalami mimisan.

5. Daun Jelatang

Cara mengatasi mimisan saat usia kehamilan memasuki trimester 2 selanjutnya adalah dengan memanfaatkan daun jelatang. Dedaunan ini adalah obat herbal yang bisa menjadi agen hemostatik alami. Hal itu bisa membantu mengurangi pendarahan hidung yang terjadi akibat alergi.

Untuk menggunakannya sebagai obat alami, ibu bisa menyeduh teh daun jelatang yang masih segar, lalu dinginkan terlebih dulu. Setelah itu, celupkan kapas ke dalamnya dan letakkan pada hidung. Tunggu selama kurang lebih 5 hingga 10 menit atau sampai pendarahan di hidung benar-benar berhenti.

6. Air Garam

Cara menghentikan mimisan saat hamil trimester kedua lainnya adalah dengan memanfaatkan air garam. Selaput hidung yang terasa kering pada musim panas atau dingin umumnya dapat memicu terjadinya mimisan.

Nah, air garam berperan dalam melembapkan selaput hidung dan menenangkannya. Ibu bisa melarutkan garam ke dalam air, lalu aduk sampai rata. Setelah itu, teteskan beberapa larutan tersebut ke dalam hidung untuk meningkatkan kelembapannya.

Baca Juga  Perkiraan Biaya Program Hamil yang Perlu Disiapkan, Catat!

7. Cuka Sari Apel

Cara mengatasi mimisan saat hamil trimester 2 yang terakhir adalah memanfaatkan cuka sari apel. Bahan alami ini memiliki kandungan asam yang berperan dalam menghentikan pendarahan dan menyempitkan pembuluh darah. Ibu bisa mencelupkan bola kapas ke dalam cuka sari apel, lalu tempelkan pada lubang hidung dalam waktu sekitar 5 sampai 10 menit.

Kapan Ibu Hamil Harus Khawatir saat Mimisan?

Meskipun mimisan pada ibu hamil dianggap sebagai situasi yang wajar, tetapi ada sejumlah kondisi yang perlu ibu waspadai. Adapun beberapa tanda mimisan yang perlu ibu waspadai adalah sebagai berikut:

  • Mimisan yang tidak kunjung berhenti selama kurang lebih 30 menit.
  • Ibu hamil mengalami sesak napas saat mimisan.
  • Darah yang keluar bertekstur kental dan semakin deras.
  • Tubuh ibu terasa pusing, lemas, serta mengalami linglung.

Pada dasarnya, kehamilan memang bisa membuat ibu mengalami berbagai perubahan tubuh. Misalnya perubahan hormon yang dapat memicu mimisan. Namun, jika ibu mengalami mimisan yang disertai dengan tanda-tanda seperti di atas, sebaiknya lekas kunjungi dokter agar memperoleh penanganan yang tepat.

Penutup

Itulah beberapa informasi berkaitan tentang cara mengatasi mimisan saat hamil trimester 2 dan kondisi yang perlu ibu khawatirkan. Pada umumnya, mimisan bisa lekas berhenti setelah mendapatkan perawatan alami.

Namun, jika pendarahan tidak kunjung berhenti, ibu bisa berkonsultasi kepada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Untuk memperoleh informasi lanjutan mengenai kesehatan selama masa kehamilan, kunjungi langsung situs New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?