fbpx

7 Buah yang Baik Pasca Operasi Caesar untuk Sembuhkan Luka

7 Buah yang Baik Pasca Operasi Caesar untuk Sembuhkan Luka

Salah satu hal yang perlu kamu perhatikan setelah menjalani persalinan caesar adalah konsumsi makanan setiap hari agar lekas pulih. Itulah mengapa, kamu harus tahu beberapa jenis buah yang baik pasca operasi caesar.

Sebab, buah-buahan mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti zat besi, kalsium, protein, vitamin C, hingga serat.

Nah, untuk mengetahui beberapa rekomendasi buah yang baik pasca operasi caesar, yuk simak artikel berikut ini!

Kandungan Nutrisi yang Baik Pasca Operasi Caesar

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, selama masa pemulihan pasca operasi caesar, ibu membutuhkan sejumlah nutrisi untuk tubuh. Adapun beberapa jenis nutrisi yang baik pasca operasi caesar adalah sebagai berikut.

1. Protein

Salah satu nutrisi yang baik pasca operasi caesar adalah protein. Nutrisi ini berfungsi untuk menambah energi, memelihara, serta membentuk sel-sel tubuh.

Untuk itu, dengan mengonsumsi makanan yang berprotein tinggi, ibu tidak akan mudah merasa lelah dan proses pemulihan pun akan lebih cepat. Dengan begitu, ibu dapat segera beraktivitas normal kembali.

2. Kalsium

Kalsium juga termasuk sebagai nutrisi yang baik untuk masa pemulihan setelah operasi caesar. Pada umumnya, kalsium berfungsi untuk membantu memperkuat tulang dan meningkatkan pembentukan sel.

Dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kalsium, maka proses pemulihan ibu setelah persalinan pun akan lebih cepat. Di sisi lain, nutrisi ini juga dapat meningkatkan kualitas ASI untuk bayi.

3. Vitamin C

Vitamin C adalah salah satu jenis nutrisi yang banyak terkandung dalam buah-buahan. Nutrisi ini juga tergolong baik untuk ibu pasca caesar agar segera pulih dan dapat beraktivitas normal kembali.

Manfaat vitamin C untuk ibu setelah operasi caesar adalah membantu memulihkan tubuh, meningkatkan imunitas tubuh, meningkatkan produksi kolagen, serta menyesuaikan kondisi perut dan rahim pasca persalinan.

Baca Juga  Hiperlaktasi, Kenali Tanda dan Gejalanya

4. Zat Besi

Salah satu risiko yang bisa terjadi pasca operasi caesar adalah anemia. Nah, untuk mencegahnya, sebaiknya ibu mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi. Sebab, anemia dapat terjadi akibat kekurangan zat besi.

Selama ibu mengonsumsi zat besi dalam kadar cukup, maka tubuh akan meningkatkan kadar hemoglobin, sehingga ibu pun dapat segera pulih.

5. Serat

Jenis nutrisi yang baik untuk pemulihan operasi caesar terakhir adalah serat. Nutrisi ini baik untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan, mengurangi risiko sembelit, serta menyembuhkan peradangan, sehingga dapat berperan dalam pemulihan pasca operasi.

Buah yang Baik Pasca Operasi Caesar

Buah adalah makanan yang mengandung berbagai nutrisi baik untuk menunjang proses pemulihan setelah menjalani persalinan caesar. Adapun sejumlah jenis buah yang baik pasca operasi caesar adalah.

1. Pepaya

Salah satu buah yang baik pasca operasi caesar adalah pepaya. Buah satu ini mengandung sejumlah nutrisi, seperti vitamin C, antioksidan, dan papain yang bisa membantu memulihkan bekas luka serta menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Selain itu, kandungan beta karoten dalam pepaya juga berperan dalam menjaga kesehatan kulit maupun organ tubuh, misalnya paru-paru, ginjal, maupun jantung.

2. Tomat

Tomat adalah buah yang mengandung vitamin C tinggi, sehingga baik untuk membantu menjaga kesehatan ibu pasca melahirkan caesar. Bukan hanya itu, tomat juga memiliki berbagai manfaat, seperti mengurangi risiko infeksi pada luka jahitan.

3. Anggur

Rekomendasi buah yang baik pasca operasi caesar berikutnya adalah anggur. Buah satu ini kaya akan kandungan antioksidan yang membantu revitalisasi jaringan kulit, sehingga baik untuk menyembuhkan bekas luka jahitan operasi. Tak hanya itu, anggur juga cocok dinikmati sebagai cemilan sehat bagi ibu.

Baca Juga  Makanan Zat Besi untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

4. Pisang

Jenis buah yang baik pasca operasi caesar selanjutnya adalah pisang. Buah satu ini mempunyai tekstur yang lembut, sehingga baik untuk sistem pencernaan. Bukan hanya itu, pisang juga mengandung antioksidan, sehingga berperan dalam proses penyembuhan luka pada kulit.

5. Jeruk

Jeruk juga termasuk buah yang baik pasca operasi caesar. Buah ini kaya akan kandungan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh serta memperbaiki kerusakan pada sel.

6. Apel

Apel adalah buah yang menjadi favorit banyak orang dan mudah diperoleh. Buah ini mengandung serat, vitamin C, dan antioksidan yang diperlukan ibu untuk memulihkan tubuh setelah persalinan caesar.

Di samping itu, buah ini juga bisa dikonsumsi secara langsung sebagai camilan atau diolah menjadi jus, campuran oatmeal, maupun diambil sarinya.

7. Mangga

Jenis buah yang baik pasca operasi caesar terakhir adalah mangga. Buah ini juga mengandung antioksidan serta vitamin C tinggi, sehingga dapat membantu menyembuhkan luka bekas operasi caesar.

Di sisi lain, mangga juga memiliki rasa yang manis, sehingga lezat saat mengonsumsinya secara langsung maupun membuatnya menjadi jus.

Penutup

Demikian penjelasan seputar rekomendasi buah yang baik pasca operasi caesar. Namun, sebaiknya ibu juga mengonsumsinya dalam kadar yang cukup, sehingga manfaatnya bisa lebih optimal.

Di samping itu, untuk membantu proses pemulihan pasca operasi caesar, ibu juga dapat menggunakan korset New Life, karena penggunaannya nyaman dan dapat mengecilkan perut yang kendur setelah melahirkan.

Jadi, tak perlu ragu lagi untuk menggunakan korset New Life pasca melahirkan. Jika ingin mendapatkannya, ibu juga bisa langsung mengunjungi laman New Life Official Store sekarang juga!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?