fbpx

5 Perawatan Tubuh Setelah Melahirkan agar Ibu Lekas Pulih

5 Perawatan Tubuh Setelah Melahirkan agar Ibu Lekas Pulih

Melahirkan adalah sebuah proses yang akan dilewati oleh setiap ibu pada umumnya. Tentu setelah melahirkan membutuhkan perawatan khusus untuk memulihkan kembali kondisi fisik seperti semula agar tetap fit dan dapat menjalankan aktivitas seperti biasa. Dengan melakukan perawatan tubuh setelah melahirkan dengan tepat otomatis dapat membantu pemulihan lebih cepat dan mengurangi risiko terjadi hal-hal yang tidak ibu inginkan, seperti infeksi atau perdarahan. 

Lantas, apa saja perawatan tubuh setelah melahirkan yang perlu ibu jalani? Untuk mengetahui penjelasan lengkapnya, baca tulisan berikut ini!

Perawatan Tubuh Setelah Melahirkan

Seorang ibu yang melahirkan melalui lahiran normal maupun caesar membutuhkan masa pemulihan tubuh, baik berupa penyembuhan diri, memperbanyak waktu istirahat, maupun mengelola suasana hati.

Berikut ini adalah beberapa hal penting perawatan tubuh setelah melahirkan yang harus ibu lakukan agar pulih kembali.

1. Menjaga Kebersihan Tubuh

Salah satu cara perawatan tubuh setelah melahirkan yang perlu ibu lakukan, yaitu menjaga kebersihan tubuh untuk mencegah infeksi dan mempercepat proses pemulihan. Bagi yang melahirkan dengan cara caesar, ibu dapat membersihkan dan mengganti perban bekas luka operasi secara rutin.

Selain itu, pastikan juga untuk mandi setiap hari serta menggunakan pakaian yang nyaman dan bersih. Dengan menjaga kebersihan tubuh, ibu dapat mencegah infeksi dan penyakit, serta meningkatkan kenyamanan dan kepercayaan diri.

2. Perawatan Perut

Pastinya setelah melahirkan ada beberapa postur tubuh yang berubah, salah satunya pada bagian perut. Perlu ibu ketahui untuk membantu dan mengembalikan perut ke semula, membutuhkan perawatan yang rutin, seperti olahraga. Akan tetapi, tidak semua ibu bisa menyempatkan dirinya untuk olahraga karena sudah sibuk dan lelah dalam mengurus si kecil. 

Baca Juga  Wasir Setelah Melahirkan: Penyebab dan Cara Menanganinya

Sebagai alternatifnya, salah satu cara yang bisa ibu lakukan, yaitu memakai korset sebagai bantuan untuk mengurangi lemak perut dan membuat pinggang lebih ramping. Dengan memakai korset pelangsing setelah melahirkan, ibu dapat mencapai hasil yang optimal. Di samping itu, ibu juga perlu memilih jenis produk korset yang nyaman dan berkualitas untuk dipakai.

3. Konsumsi Makanan Bergizi

Cara merawat tubuh setelah melahirkan berikutnya adalah mengonsumsi makanan bergizi. Seperti yang ibu ketahui, untuk mendapatkan sumber tenaga setiap hari, ibu perlu mengonsumsi makanan bergizi.

Konsumsi makanan yang tepat dapat membantu ibu memperoleh nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan fungsi-fungsi vitalnya. Usahakan ibu yang baru melahirkan harus banyak mengonsumsi makanan yang bergizi, seperti buah-buahan, biji-bijian, sayuran, protein, dan produk susu rendah lemak untuk membantu mempercepat proses pemulihan dan juga dapat memperbanyak sekaligus meningkatkan kualitas ASI.

4. Lakukan Olahraga Ringan

Perawatan tubuh setelah melahirkan yang bisa ibu lakukan selanjutnya adalah olahraga ringin secara rutin. Pasalnya, ketika selesai melahirkan, otot-otot tubuh biasanya melemah atau meregang, terutama otot bagian panggul. Hal itu terjadi karena selama kehamilan otot dasar panggul menopang usus, rahim, serta kandung kemih.

Untuk mengembalikannya seperti semula, cobalah untuk melakukan senam kegel agar otot panggul menjadi lebih kuat. Di samping itu, senam kegel juga dapat membantu memulihkan organ dalam yang mungkin terpengaruh selama proses persalinan serta mencegah terjadinya inkontinensia urin. Selain senam kegel, ibu juga dapat melakukan yoga, pilates, maupun jalan pagi untuk membantu proses pemulihan diri.

5. Mencukupi Waktu Istirahat

Setelah melahirkan, tubuh ibu akan mudah letih, karena telah melewati proses persalinan yang melelahkan. Oleh karena itu, ibu harus memberikan waktu istirahat yang cukup untuk tubuhnya agar bisa pulih kembali dengan baik. Istirahat yang cukup akan membantu tubuh ibu untuk memperbaiki kondisi fisiknya dan mengembalikan energi yang telah hilang selama proses persalinan.

Baca Juga  Makanan Zat Besi untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

Adapun waktu istirahat yang cukup setelah melahirkan adalah setidaknya 7-9 jam di malam hari. Namun, apabila ibu sudah sibuk mengurus sang buah hati, sebaiknya minta bantuan pasangan agar dapat bergantian menjaganya. Dengan begitu, kebutuhan istirahat ibu bisa tetap terpenuhi.

Yuk, Gunakan Korset New Life untuk Bantu Pemulihan Pasca Melahirkan!

Ternyata ketika ibu mengandung hingga proses persalinan berlangsung, banyak sekali perawatan yang harus ibu lewati, terutama pada perawatan tubuh setelah melahirkan. Kondisi tersebut terjadi karena proses melahirkan adalah momen yang cukup berat bagi setiap ibu. Nah, selama ibu menjaga istirahat dengan cukup, menjaga kebersihan tubuh, merawat perus, mengonsumsi makanan bergizi, maka proses pemulihan tubuh dapat lebih optimal.

Selain melakukan beberapa cara di atas, ibu hamil juga dapat menggunakan korset New Life untuk membantu masa pemulihan tubuh. Pasalnya, korset ini terbuat dari bahan katun elastis dan nyaman saat ibu kenakan. Di samping itu, Korset New Life telah berdiri sejak tahun 1990 dan telah membantu ratusan ribu wanita untuk mendapatkan kembali kepercayaan dirinya. Jadi, tak perlu ragu lagi untuk menggunakan korset New Life sebagai pakaian pembantu pemulihan pasca melahirkan!

Cari tahu lebih lanjut mengenai Korset New Life dalam website New Life Official Store!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?