fbpx

5 Olahraga yang Tidak Bisa Dilakukan Malam Hari, Yuk Catat!

5 Olahraga yang Tidak Bisa Dilakukan Malam Hari, Yuk Catat!

Saat sibuk seharian, beberapa orang mungkin akan memutuskan untuk berolahraga saat malam. Namun, ternyata ada olahraga yang tidak bisa dilakukan malam hari. Hal itu bisa karena intensitasnya yang tinggi, sehingga dapat menyebabkan kesulitan tidur.

Itulah sebabnya, saat hendak berolahraga di malam hari, sebaiknya kamu memilih jenis aktivitas fisik yang tepat. Nah, jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai olahraga yang tidak bisa dilakukan malam hari, yuk simak dalam artikel berikut!

Olahraga yang Tidak Bisa Dilakukan Malam Hari

Pada dasarnya, olahraga saat pagi maupun malam bisa memberikan manfaat bagi tubuh. Akan tetapi, saat melakukan olahraga yang berat dan berintensitas tinggi, berisiko membuat tidur menjadi tidak nyenyak akibat meningkatnya metabolisme tubuh saat malam.

Adapun beberapa olahraga yang tidak bisa dilakukan malam hari adalah sebagai berikut:

1. Olahraga Intensitas Tinggi

Salah satu jenis olahraga yang tidak bisa kamu lakukan malam hari adalah olahraga intensitas tinggi atau HIIT. Pasalnya, jenis olahraga ini bisa membuat suhu tubuhmu meningkat dan mengaktifkan sensor tubuh. Alhasil, kamu akan semakin terjaga dan lebih bersemangat untuk melakukan aktivitas. Untuk itu, jika tidak ingin jam tidurmu terganggu, kamu sebaiknya menghindari jenis olahraga ini.

2. Hindari Latihan Kardio

Pada dasarnya, latihan kardio bisa membantu membuat tidur lebih nyenyak dan berkualitas selama kamu melakukannya di waktu yang tepat. Namun, hal itu bisa bermanfaat jika kamu melakukannya setidaknya 4 jam menjelang tidur. Hal ini akan membantu tubuh untuk menghasilkan hormon melatonin dari otak. 

Hormon tersebut berperan untuk membantu meningkatkan kualitas tidur dan membuatmu lebih nyenyak. Sayangnya, apabila kamu melakukan latihan kardio dalam waktu yang berdekatan dengan jam tidur, dampaknya bisa membuatmu kesulitan tidur.

Baca Juga  Gejala Keguguran yang Harus Diwaspadai!

3. Lari Cepat

Jenis olahraga yang tidak bisa kamu lakukan saat malam selanjutnya adalah lari cepat. Sebab, olahraga ini memiliki intensitas tinggi yang dapat meningkatkan suhu tubuh dan metabolisme tubuh. Alhasil, kamu akan lebih bersemangat. Padahal, saat malam, tubuhmu perlu beristirahat agar bisa beraktivitas dengan penuh energi di keesokan harinya.

4. Burpee

Jenis olahraga yang sebaiknya kamu hindari selanjutnya adalah burpee. Pada dasarnya, olahraga ini membantumu agar lebih peka terhadap lingkungan sekitar. Jadi, ketika sedang ingin terjaga saat malam, kamu dapat melakukan burpee.

Hal ini bertujuan untuk mengaktifkan sensor tubuh. Sementara itu, ketika berencana untuk tidur lebih cepat, sebaiknya hindari olahraga ini karena dapat membuatmu kesulitan istirahat.

5. Angkat Beban dengan Intensitas Berat

Jenis latihan fisik yang sebaiknya kamu hindari saat malam adalah angkat beban dengan intensitas berat. Pada umumnya, latihan angkat beban saat malam bisa membuat tubuhmu lelah, sehingga tidur akan lebih nyenyak. Sayangnya, jika kamu melakukannya dengan intensitas berat dan berlebihan, justru bisa memicu kesulitan tidur, lho.

Jenis Olahraga Malam Hari yang Aman

Nah, jika kamu ingin melakukan aktivitas fisik di malam hari, ada beberapa jenis olahraga yang aman untuk kamu jalani. Adapun beberapa jenis olahraga malam hari yang aman adalah sebagai berikut:

1. Yoga

Salah satu jenis latihan fisik yang aman untuk malam hari adalah yoga. Gerakan yoga umumnya cenderung santai, sehingga bisa membantu merilekskan tubuh serta pikiran, hingga melepaskan penat usai beraktivitas sepanjang hari.

Kamu pun bisa melakukan gerakan yoga sederhana, seperti forward fold maupun child’s pose. Selain itu, kamu juga tidak harus mengenakan matras, tetapi juga dapat kamu terapkan di atas kasur.

Baca Juga  Bentuk Perut Setelah Melahirkan, Normalnya Seperti Apa?

2. Fitness

Fitness juga termasuk sebagai olahraga yang bisa membantu meningkatkan kualitas tidurmu. Akan tetapi, pastikan kamu melakukannya maksimal satu jam sebelum tidur agar tidak mengganggu istirahat. Selain itu, kamu juga perlu melakukannya dengan intensitas ringan. Suhu tubuh yang naik turun selama latihan akan membuatmu lebih rileks, sehingga tidur pun akan lebih nyenyak.

3. Jalan Santai

Jenis olahraga malam hari yang aman selanjutnya adalah jalan santai. Berjalan kaki selama 30 menit pada malam hari ternyata bisa membantumu agar lebih rileks dan menjaga kualitas tidur. Selain itu, olahraga ini baik bagi kesehatan tubuh atau mental, seperti berperan untuk menurunkan berat badan, alternatif meditasi, mengelola stres, hingga mencegah terjadinya depresi.

4. Latihan Pernapasan

Olahraga yang aman untuk malam hari berikutnya adalah latihan pernapasan. Latihan ini bertujuan untuk membantumu agar bisa tidur lebih lelap dan nyenyak saat malam hari. Kamu bahkan juga bisa melakukannya sambil tidur di atas kasur atau dalam posisi tegak dengan tulang punggung berada dalam posisi lurus.

Untuk melakukannya, kamu bisa menarik napas perlahan-lahan, tahan selama beberapa menit, lalu buang lagi secara lambat. Latihan pernapasan bisa membantu tubuh dan pikiranmu lebih rileks serta tenang. Dengan begitu, kamu akan merasa lebih segar saat bangun di pagi hari.

5. Tai Chi

Jenis latihan fisik malam hari yang aman terakhir adalah tai chi. Olahraga ini adalah gabungan antara latihan kebugaran serta seni untuk membantu melatih keseimbangan tubuh maupun pikiran. Gerakan dari tai chi mirip dengan aliran air yang tenang. Maka dari itu, banyak orang menganggap bahwa tai chi mirip dengan meditasi, karena sangat rileks. Saat melakukan tai chi, kamu bukan hanya bisa menyeimbangkan tubuh, tetapi juga dapat membantu melancarkan peredaran darah ke otak serta meningkatkan kualitas tidur.

Baca Juga  7 Cara Memperbanyak Air Ketuban pada Bumil, Jaga Pola Makan!

Penutup

Itulah beberapa informasi seputar olahraga yang tidak bisa dilakukan malam hari karena bisa mengganggu kesehatan. Meski begitu, kamu tetap bisa melakukan olahraga saat malam selama intensitasnya ringan.

Selain itu, sebaiknya lakukan maksimal satu jam sebelum tidur agar tidak mengganggu kualitas istirahatmu. Jika ingin mengetahui informasi lain berkaitan dengan tips seputar kesehatan, langsung saja berkunjung ke kanal New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?