fbpx

4 Efek Minum Asam Folat Sebelum Hamil, Bantu Cegah Anemia!

4 Efek Minum Asam Folat Sebelum Hamil, Bantu Cegah Anemia!

Asam folat adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan ibu, baik sebelum maupun saat memasuki masa kehamilan. Adapun salah satu efek minum asam folat sebelum hamil adalah membantu mendukung pembentukan sel darah merah dalam tubuh.

Lebih lanjut lagi, artikel ini akan membahas secara terperinci tentang manfaat konsumsi asam folat sebelum hamil, sehingga bisa membantu moms memahami pentingnya suplemen ini dalam perencanaan kehamilan.

Manfaat Minum Asam Folat Sebelum Hamil

efek minum asam folat sebelum hamil

Ketika sedang merencanakan program kehamilan, salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh adalah asam folat atau vitamin B9. Pasalnya, senyawa ini memiliki dampak positif apabila dikonsumsi dalam kadar yang cukup. Adapun beberapa efek minum asam folat sebelum hamil adalah sebagai berikut:

1. Mendukung Pembentukan Sel Darah Merah dan Pencegahan Anemia

Asam folat, juga dikenal sebagai vitamin B9, memiliki peran krusial dalam pembentukan sel darah merah. Dengan asupan yang memadai sebelum kehamilan, Bunda dapat mengurangi risiko terjadinya anemia selama kehamilan.

Pasalnya, anemia dapat menyebabkan kelelahan dan berdampak negatif pada kesehatan ibu dan perkembangan janin. Oleh karena itu, minum asam folat sebelum hamil adalah langkah proaktif untuk memastikan suplai darah yang cukup untuk moms dan janin.

2. Pencegahan Defek Tabung Saraf pada Janin

Salah satu efek minum asam folat sebelum hamil lainnya adalah kemampuannya dalam mencegah terjadinya defek tabung saraf pada janin. Mengonsumsi asam folat sebelum dan selama kehamilan secara teratur dengan takaran tepat bisa membantu mengurangi risiko cacat lahir serius, seperti spina bifida dan anensefali. Dengan mengonsumsi asam folat sebelum hamil, kamu memberikan perlindungan penting bagi perkembangan sistem saraf janin.

3. Pengurangan Risiko Komplikasi Kehamilan

Minum asam folat sebelum hamil juga dapat membantu mengurangi risiko terjadinya komplikasi selama kehamilan. Mislanya adalah preeklampsia, pertumbuhan janin terhambat, dan persalinan prematur. Asam folat memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan sistem vaskular ibu, yang dapat berdampak positif pada kesehatan janin.

Baca Juga  5 Tanda Rahim Bersih Setelah Melahirkan & Risikonya, Simak!

4. Meningkatkan Kemungkinan Kehamilan yang Sehat

Selain manfaat langsung bagi kesehatan ibu dan janin, minum asam folat sebelum hamil juga dapat meningkatkan kemungkinan kehamilan yang sehat secara keseluruhan. Dengan memberikan tubuh asupan nutrisi yang tepat sejak awal, artinya kamu mempersiapkan rahim untuk menjadi lingkungan yang optimal bagi perkembangan janin. Hal ini dapat mengurangi risiko komplikasi yang dapat muncul selama kehamilan.

Itulah beberapa manfaat asam folat yang baik untuk tubuh sebelum merencanakan kehamilan. Penting untuk menjaga kesehatan tubuh supaya dalam masa kehamilan tidak terjadi gangguan yang tidak di inginkan.

Rekomendasi Makanan yang Mengandung Asam Folat

Seperti penjelasan sebelumnya, asam folat adalah salah satu sumber nutrisi yang baik untuk ibu hamil. Nah, berikut ini adalah beberapa rekomendasi makanan yang mengandung asam folat untuk bumil.

1. Asparagus

efek minum asam folat sebelum hamil

Salah satu rekomendasi makanan yang mengandung asam folat untuk ibu hamil adalah asparagus. Sayuran ini dapat ibu olah dengan cara mengukusnya selama beberapa menit atau tidak terlalu lama agar nutrisinya tetap terjaga.

2. Biji Bunga Matahari

efek minum asam folat sebelum hamil

Rekomendasi makanan yang mengandung asam folat lainnya adalah biji bunga matahari. Selain mengandung asam folat, makanan ini juga mengandung zat besi dan vitamin E yang baik untuk bumil, karena berperan dalam menambah energi serta mencegah kerusakan sel.

3. Sayuran Hijau

efek minum asam folat sebelum hamil

Sayuran hijau juga termasuk sebagai sumber asam folat untuk bumil. Beberapa jenis sayuran hijau yang dapat bumil konsumsi adalah seledri, kangkung, bayam, selada romaine, lobak hijau, maupun kale. Pada dasarnya, dalam satu porsi sayuran hijau, terdapat setidaknya 263 mikrogram asam folat.

4. Buah-buahan

efek minum asam folat sebelum hamil

Rekomendasi makanan yang mengandung asam folat terakhir adalah buah-buahan. Tak hanya asam folat, buah-buahan juga mengandung nutrisi lainnya, seperti vitamin K, serat, serta asam lemak baik. Adapun beberapa jenis buah-buahan yang mengandung asam folat adalah jeruk, grapefruits, serta alpukat.

Baca Juga  Penyakit Tiroid pada Kehamilan: Apa yang Harus Dilakukan?

Terdapat beberapa makanan yang mengandung asam folat, diantaranya ada asparagus, bunga biki natahari, buah-buahan dan sayuran hijau.

Mengkonsumsi Asam Folat dalam Dosis yang Tepat

Meskipun asam folat bisa diperoleh dari makanan seperti sayuran hijau, jeruk, dan biji-bijian, seringkali sulit untuk memenuhi kebutuhan harian hanya melalui diet. Oleh karena itu, banyak dokter merekomendasikan suplemen asam folat sebelum dan selama kehamilan. Biasanya, dosis harian yang disarankan adalah sekitar 400 mikrogram. Namun, konsultasikan dengan profesional kesehatan Bunda untuk mendapatkan dosis yang tepat sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda.

Persiapan Penting Sebelum Kehamilan

Minum asam folat sebelum hamil memiliki efek yang positif untuk kesehatan ibu dan janin. Dengan mendukung pembentukan sel darah merah, mencegah cacat tabung saraf pada janin, mengurangi risiko komplikasi kehamilan, dan meningkatkan kemungkinan kehamilan yang sehat, asam folat adalah bagian penting dari persiapan sebelum hamil. Tetapi, pastikan bahwa Bunda selalu berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk mendapatkan saran yang tepat mengenai dosis dan suplemen yang sesuai dengan kebutuhan Bunda, ya.

Kesimpulan

Dengan memahami efek minum asam folat sebelum hamil, artinya Bunda memperoleh pengetahuan terkait upaya dalam menjaga kehamilan agar tetap sehat.

Jangan lupa untuk memulai perencanaan kehamilan dengan konsultasi bersama dokter kandungan untuk mendapatkan nasihat khusus dan memastikan perjalanan kehamilan yang lancar dan sehat. Selain itu, untuk mengetahui informasi lain seputar kehamilan, Bunda juga bisa cek langsung di situs New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?