fbpx

10 Makanan Sehat untuk Program Hamil Agar Kandungan Subur

10 Makanan Sehat untuk Program Hamil agar Kandungan Subur

Saat menjalani program hamil, ibu tentu perlu menjaga kesehatan untuk mendukung kesuburan. Misalnya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat untuk program hamil. Sebab, makanan yang ibu konsumsi setiap hari bisa memengaruhi kesuburan kandungan, lho.

Itulah sebabnya, memperhatikan asupan makanan sehari-hari sangat penting. Nah, jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai rekomendasi makanan sehat untuk program hamil, yuk simak selengkapnya di artikel berikut!

Makanan Sehat untuk Program Hamil

Sebagaimana penjelasan sebelumnya, makanan yang ibu konsumsi sehari-hari bisa memengaruhi kesuburan. Untuk itu, ibu mencukupi kebutuhan nutrisi harian dengan mengonsumsi makanan bergizi, terlebih lagi saat menjalani program hamil.

Adapun beberapa rekomendasi makanan sehat untuk program hamil adalah sebagai berikut:

1. Jeruk

Salah satu makanan sehat untuk program hamil adalah jeruk. Buah ini terkenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. 

Jeruk juga mengandung antioksidan, kalsium, kalium, hingga folat yang berperan untuk melancarkan siklus menstruasi, ovulasi, serta meningkatkan kualitas sel telur. Beberapa nutrisi tersebut juga bisa ibu jumpai dalam mangga, stroberi, tomat, maupun kiwi.

2. Sayuran Hijau

Rekomendasi makanan sehat untuk program hamil yang bisa ibu coba selanjutnya adalah sayuran hijau. Makanan ini umumnya mengandung zat besi, folat, antioksidan, serat, protein, serta vitamin yang baik untuk kesuburan kandungan. Adapun beberapa sayuran hijau yang bisa ibu konsumsi adalah kubis, brokoli, kangkung, serta bayam.

3. Ikan Salmon

Rekomendasi makanan untuk program hamil berikutnya adalah ikan salmon. Jenis ikan satu ini memiliki beberapa nutrisi yang baik untuk tubuh, misalnya adalah asam lemak omega-3, asam amino, serta protein.

Dengan beberapa manfaat tersebut, ikan salmon bisa membantu meningkatkan kesuburan, mendukung perkembangan otak janin, serta menjaga berat badannya.

Baca Juga  Cara Mengurangi Rasa Sakit Saat Kontraksi

4. Alpukat

Alpukat adalah jenis buah yang baik untuk ibu yang tengah menjalani program hamil. Pasalnya, buah ini berperan dalam meningkatkan kesuburan. Selain itu, vitamin K yang terkandung dalam alpukat juga berperan untuk membantu penyerapan nutrisi agar lebih efektif serta menjaga keseimbangan hormon.

5. Telur

Rekomendasi makanan untuk promil lainnya adalah telur. Jenis makanan ini tinggi akan kandungan asam amino yang berperan dalam meningkatkan kesuburan. Selain itu, asam amino tersebut juga berperan dalam meningkatkan aliran darah ke rahim serta ovarium.

6. Tiram

Tiram adalah jenis makanan laut yang tinggi akan kandungan seng serta zat besi. Nah, nutrisi tersebut penting untuk meningkatkan kesuburan wanita. Di samping itu, kacang kenari juga baik untuk pria guna meningkatkan kualitas sperma ketika sedang merencanakan kehamilan.

7. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari termasuk sebagai salah satu makanan sehat untuk promil yang bisa ibu konsumsi. Pasalnya, biji bunga matahari mengandung sejumlah nutrisi, seperti selenium, antioksidan, folat, vitamin E, maupun asam lemak omega-6. Untuk itu, makanan ini cocok ibu jadikan sebagai camilan sehat.

8. Kacang Kenari

Rekomendasi makanan sehat untuk promil selanjutnya adalah kacang kenari. Jenis kacang-kacangan ini tinggi akan kandungan omega-3, serat, serta magnesium yang bisa membantu meningkatkan produksi hormon progesteron. Beberapa kandungan tersebut juga membantu melancarkan peredaran darah ke rahim untuk mendukung kesuburan.

9. Hati Sapi

Jenis makanan sehat untuk promil yang dapat ibu asup berikutnya adalah hati sapi. Makanan ini mengandung beberapa nutrisi, seperti vitamin A, vitamin B12, asam folat, hingga koenzim Q10 yang penting untuk masa promil.

Adapun fungsi nutrisi tersebut adalah untuk meningkatkan kualitas indung telur. Namun, pastikan ibu tidak mengonsumsinya secara berlebihan agar tidak memicu kegemukan atau kolesterol.

Baca Juga  Korset Hamil: Solusi Nyaman untuk Mendukung Kehamilan

10. Susu dan Olahannya

Rekomendasi makanan sehat untuk program hamil yang terakhir adalah susu dan olahannya. Pada dasarnya, susu mengandung lemak sehat yang baik untuk meningkatkan kesuburan kandungan. 

Susu juga memiliki kandungan nutrisi lainnya, seperti kalsium, magnesium, protein, hingga vitamin yang bisa membantu mendukung kesehatan ibu. Selain susu, ibu juga dapat mengonsumsi olahannya, seperti yoghurt dan keju.

Tips Meningkatkan Kesuburan Wanita

Selain memperhatikan asupan makanan sehari-hari, ibu juga bisa mengupayakan cara lain untuk meningkatkan kesuburan secara alami. Adapun beberapa cara meningkatkan kesuburan wanita adalah sebagai berikut:

  • Menghindari asupan makanan lemak trans, karena bisa meningkatkan risiko gangguan ovulasi.
  • Berolahraga secara rutin untuk meningkatkan kesuburan serta menurunkan berat badan.
  • Menjaga berat badan agar tetap ideal untuk menghindari obesitas maupun berat badan terlalu rendah.
  • Menjauhi asupan rokok, karena bisa memengaruhi kesuburan wanita.
  • Hindari mengonsumsi alkohol, karena bisa memicu kehamilan menjadi lebih lama.
  • Mengelola stres dengan baik dengan meditasi, relaksasi, hingga yoga.

Ibu juga dapat melancarkan program hamil dengan berkonsultasi kepada dokter. Pada dasarnya, dokter akan memberikan arahan yang tepat untuk mendukung peluang kehamilan.

Penutup

Demikian informasi seputar makanan sehat untuk program hamil. Pada dasarnya, selama ibu menjaga asupan makanan bergizi selama promil, maka kesuburan pun akan terjaga. Di samping itu, ibu juga perlu berkonsultasi kepada dokter untuk membantu memberikan arahan yang tepat dalam melaksanakan promil. Nah, jika ingin mengetahui informasi mengenai program kehamilan, yuk simak dalam situs New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?