fbpx

Rekomendasi Korset Lumbal Terbaik & Manfaat Menggunakannya

Rekomendasi Korset Lumbal Terbaik & Manfaat Menggunakannya

Korset lumbal adalah jenis korset yang berfungsi untuk menopang pinggang dan tulang belakang bawah, sehingga bisa membantu mengatasi nyeri punggung. Untuk itu, mengetahui jenis korset lumbal terbaik adalah hal penting.

Pasalnya, selain membantu mengatasi nyeri punggung, korset lumbal juga berperan dalam mengobati beberapa jenis gangguan punggung, seperti keseleo dan kifosis. Nah, untuk mengetahui rekomendasi korset lumbal terbaik, yuk simak artikel berikut!

Korset Lumbal Terbaik

korset lumbal terbaik

Sebagaimana penjelasan sebelumnya, korset lumbal adalah jenis pakaian yang dirancang untuk membantu mengatasi gangguan tulang belakang, khususnya bagian bawah. Korset tersebut tentu baik bagi para penderita sakit punggung, seseorang yang banyak melakukan aktivitas dengan duduk berjam-jam, hingga ibu pasca melahirkan.

Lantas, apakah kamu tahu jenis korset lumbal terbaik? Adapun salah satu rekomendasi korset lumbal terbaik adalah korset New Life. Korset ini telah menggunakan desain modern dengan teknologi yang bisa membuatmu merasa nyaman saat mengenakannya.

Nah, salah satu jenis korset New Life yang dirancang untuk membantu menopang area pinggang/lumbar adalah New Life Double Function Daily Korset. Korset New Life tersebut terbuat dari dua nilon penyangga pinggang, sehingga membantu menopang tulang belakang bawah untuk mengatasi rasa nyeri di area tersebut.

Tak hanya itu, korset ini juga dapat kamu manfaatkan untuk mengecilkan perut bergelambir, membantu pemulihan ibu pasca melahirkan, memperbaiki postur tubuh yang bungkuk, mengencangkan perut, dan nyaman dikenakan selama beraktivitas.

Manfaat Menggunakan Korset Lumbal

Pada umumnya, menggunakan korset lumbal memiliki banyak manfaat bagi penggunanya. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat menggunakan korset lumbal.

1. Memperbaiki Postur Tubuh

Posisi duduk atau berdiri yang tidak tepat kerap membuat postur tubuh menjadi bungkuk. Padahal, tulang belakang harus berada dalam posisi tegak, dada ke atas, dan bahu ke belakang. 

Baca Juga  Berapa Lama Pemulihan Pasca Operasi Caesar? Ini Tahapannya

Nah, jika kamu terbiasa berdiri atau duduk dengan posisi tidak tepat, maka secara tidak langsung dapat menyebabkan tulang belakang melengkung. Untuk memperbaiki postur tubuh yang bungkuk tersebut, kamu dapat menggunakan korset lumbal, karena berperan dalam memaksa tulang belakang agar berada dalam posisi lurus.

2. Membantu Mobilisasi

Manfaat menggunakan korset lainnya adalah membantu mobilisasi. Hal ini bisa kamu lakukan apabila memiliki riwayat operasi tulang belakang maupun cedera punggung. Sebab, beberapa gerakan besar, seperti rotasi, ekstensi, dan fleksi bisa membuat area tulang belakang terasa nyeri. Untuk membantu mobilisasi, kamu perlu menggunakan korset dengan bahan elastis dan tidak kaku.

3. Meredakan Gangguan pada Punggung

Apabila kamu memiliki riwayat gangguan pada punggung, menggunakan korset lumbal secara bijak dapat membantu meredakan gejalanya. Adapun beberapa jenis gangguan punggung yang dimaksud, yaitu osteoporosis, kifosis, skoliosis, cedera tulang belakang, fraktur tulang belakang, keseleo otot punggung, spondilitis ankilosa, hingga spondilolistesis.

Akan tetapi, jika kamu hendak mengenakannya sebagai alternatif pereda gangguan punggung, sebaiknya konsultasi terlebih dulu pada dokter agar memperoleh saran yang tepat. Pasalnya, setiap penyakit punggung memiliki penanganan yang berbeda.

4. Mencegah Sakit Punggung

Manfaat menggunakan korset terakhir adalah membantu mencegah sakit punggung. Hal ini umumnya terjadi karena olahraga berlebihan, berdiri terlalu lama, hingga duduk berjam-jam. Di sisi lain, rasa sakit pada punggung ini dapat membuatmu merasa tidak nyaman selama beraktivitas.

Selain mengenakan korset, kamu juga perlu membatasi aktivitas dan gerakan tertentu agar rasa nyerinya tidak semakin parah. Di samping itu, penggunaan korset ini juga berperan dalam menguatkan dan menyelaraskan otot punggung, sehingga dapat mendukung mobilitasmu.

Waktu yang Tepat untuk Menggunakan Korset Lumbal

Korset lumbal memang memiliki berbagai manfaat untuk tubuh, tetapi kamu sebaiknya tidak menggunakannya setiap waktu, karena memiliki efek samping yang buruk. Maka dari itu, kamu perlu memperhatikan waktu yang tepat untuk menggunakannya, yaitu.

Baca Juga  8 Perlengkapan yang Dibutuhkan Ibu Pasca Melahirkan, Catat!

1. Menstabilkan Tulang Belakang

Waktu yang tepat untuk menggunakan korset ini adalah saat ingin menstabilkan tulang belakang pasca menjalani operasi atau mengalami patah tulang. Pasalnya, korset bekerja untuk mengikat tulang belakang agar tak bergerak sembarangan atau bergerak lambat.

2. Ketegangan dan Keseleo di Punggung

Saat mengalami ketegangan dan keseleo di area punggung bawah, kamu juga bisa menggunakan korset untuk meredakan rasa sakitnya. Namun, jangan gunakan terlalu sering agar tak menimbulkan efek samping.

3. Sakit Punggung

Waktu yang tepat untuk menggunakan korset selanjutnya adalah saat mengalami sakit punggung, seperti radang sendi, penyakit cakram degeneratif, maupun nyeri punggung bawah. Hal ini akan membantumu untuk meredakan rasa sakitnya dan membuat aktivitas terasa lebih nyaman.

Penutup

Itulah beberapa informasi seputar rekomendasi korset lumbal terbaik, manfaat, hingga waktu penggunaannya yang tepat. Selain menggunakan korset tersebut, kamu juga perlu berkunjung ke dokter saat mengalami sakit atau gangguan pada dokter. Sebab, dokter akan memberikan informasi yang tepat terkait penanganannya.

Di sisi lain, sebagai alternatif pengobatan tambahan, kamu juga dapat menggunakan korset New Life untuk membantu meredakan nyeri punggung. Untuk mendapatkannya, kamu bisa berkunjung langsung pada laman New Life Official Store!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?