fbpx

Korset Caesar: Manfaat, Tips Memilih, dan Rekomendasinya

Korset Caesar: Manfaat, Tips Memilih, dan Rekomendasinya

Korset caesar adalah jenis stagen yang berfungsi untuk melindungi area perut sampai punggung setelah melahirkan sesar. Banyak ibu menggunakannya usai persalinan sesar untuk mendukung pemulihan. Selain itu, korset juga dapat membantu mengecilkan perut yang menggelambir usai melahirkan.

Pasalnya, korset bekerja dengan menekan area perut, sehingga otot perut bisa lebih kencang dan kembali seperti semula. Nah, jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut seputar rekomendasi korset sesar, simak selengkapnya di artikel berikut ini:

Manfaat Menggunakan Korset Caesar

Usai menjalani operasi caesar, ibu umumnya membutuhkan waktu lebih lama untuk pemulihan tubuh dan luka sayatan. Nah, menggunakan korset bisa membantu mempercepat pemulihan tersebut. Selain itu, penggunaan korset juga dapat memberikan manfaat lainnya.

Adapun beberapa manfaat menggunakan korset adalah sebagai berikut:

1. Meredakan Nyeri Nifas

Salah satu manfaat menggunakan korset setelah melahirkan sesar adalah meredakan nyeri saat nifas. Pada dasarnya, usai melahirkan, ibu akan mengalami nifas. Namun, nifas bisa menimbulkan rasa nyeri pada perut. Hal ini terjadi karena kontraksi rahim saat mengeluarkan darah. Nah, tekanan dari korset ternyata dapat membantu meredakan rasa nyeri tersebut, lho.

2. Membantu Memperbaiki Postur Tubuh

Manfaat menggunakan korset sesar berikutnya adalah membantu memperbaiki postur tubuh. Selama masa kehamilan, ibu akan mengalami perubahan postur tubuh. Hal ini mungkin membuat ibu menjadi kehilangan kepercayaan diri. Nah, topangan yang diberikan oleh korset di area perut, punggung, serta pinggang dapat membantu memperbaiki postur tersebut.

3. Membantu Mengembalikan Ligamen Perut

Manfaat menggunakan korset selanjutnya adalah membantu mengembalikan ligamen perut ke posisi semula. Pada dasarnya, seiring bertambahnya usia kehamilan, otot perut akan mengalami pemisahan untuk memberikan ruang bagi janin. 

Baca Juga  Berikut Tanda-Tanda Kehamilan Muda

Ibu membutuhkan waktu lebih lama untuk mengembalikan otot perut dan ligamen ke posisi semula. Menggunakan korset dianggap menjadi salah satu solusi yang bisa ibu pilih untuk mengecilkan perut.

4. Mendukung Pemulihan Pasca Melahirkan

Manfaat menggunakan korset caesar yang terakhir adalah mendukung pemulihan pasca operasi sesar. Ibu kemungkinan akan mengalami rasa nyeri dan pemulihan luka sayatan yang cenderung lama usai operasi sesar.

Penggunaan korset dapat membantu meringankan rasa nyeri dan mempercepat proses penyembuhan luka sayatan tersebut. Selain itu, korset juga berperan untuk mengurangi perdarahan dan nyaman dalam penggunaannya.

Tips Memilih Korset Pasca Operasi Caesar

Lantas, bagaimana cara memilih korset pasca operasi sesar yang tepat? Ibu yang masih awam mungkin akan memilih korset sembarangan. Padahal, ada beberapa hal yang perlu ibu perhatikan agar tidak salah dalam membeli korset.

Berikut ini adalah sejumlah tips memilih korset caesar yang bisa ibu lakukan:

1. Pilih Korset dengan Elastisitas Tinggi

Salah satu tips memilih korset caesar adalah memilih korset dengan elastisitas tinggi. Korset yang elastis akan membantu menyesuaikan bentuk perut. Hal ini akan memudahkan ibu untuk beraktivitas. Selain itu, korset elastis juga tidak menimbulkan lecet maupun terasa sesak.

2. Pilih Bahan Breathable

Tips memilih korset sesar lainnya adalah memilih bahan breathable. Hal ini perlu ibu lakukan agar memberikan sirkulasi udara yang cukup di area perut. Sebab, korset akan bersentuhan langsung dengan kulit.

Bahan breathable juga dapat membantu mencegah iritasi kulit dan menghindari risiko gatal. Adapun bahan korset yang breathable adalah katun maupun polyester. Selain itu, ibu juga dapat memilih bahan korset dari serat arang bambu dan memiliki daya serap baik.

Baca Juga  Tanda Gumoh pada Bayi & Perbedaannya dengan Muntah, Simak!

3. Menggunakan Perekat Velcro

Tips memilih korset pasca operasi caesar selanjutnya adalah menggunakan perekat velcro. Pasalnya, perekat ini membuat korset lebih mudah ibu atur tingkat kenyamanannya. Dengan begini, ibu dapat menghindari risiko korset menekan luka sayatan operasi.

4. Tekstur Tenun

Tips memilih korset yang terakhir adalah memilih tekstur tenun dengan pola zig-zag. Jenis korset ini umumnya memberikan efek pijatan, sehingga terasa nyaman saat kamu gunakan untuk beraktivitas. Selain itu, pijatan tersebut juga dapat membantu otot perut agar terlatih lebih kencang.

Rekomendasi Korset Caesar

Setelah mengetahui manfaat penggunaan dan tips memilih korset sesar, ibu juga perlu tahu rekomendasinya. Nah, jika ibu hendak mencari korset untuk melahirkan sesar, New Life 3 Band Premium dapat menjadi solusi yang tepat. Korset ini berasal dari bahan katun serta karet premium. Di samping itu, korset New Life 3 Band Premium juga mempunyai 3 buah band elastis, sehingga akan terasa nyaman saat ibu gunakan.

Korset ini juga mudah ibu atur, lho. Pasalnya, bahannya sudah menggunakan perekat velcro, sehingga mudah ibu sesuaikan dan atur sendiri. Adapun beberapa manfaat menggunakan korset New Life 3 Band Premium adalah sebagai berikut:

  • Membantu mengurangi kemunculan selulit.
  • Memudarkan stretch mark.
  • Membantu mengurangi rasa nyeri di area luka sesar.
  • Membantu mengurangi rasa sakit di area punggung dan sekitarnya.
  • Mendukung postur tubuh yang baik.

Nah, jika hendak menggunakannya, ibu bisa memakai korset New Life 3 Band Premium pada 30 hari pertama setelah melahirkan. Namun, pastikan pula untuk tidak menggunakannya sepanjang waktu agar tidak menimbulkan efek samping.

Penutup

Itulah sederet informasi seputar manfaat korset caesar, tips memilihnya, dan rekomendasinya. Sebagaimana penjelasan sebelumnya, ibu bisa menggunakan korset New Life 3 Band Premium untuk membantu mendukung pemulihan pasca operasi sesar. Korset ini terbuat dari bahan premium yang nyaman saat dikenakan. Jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai produk New Life, kunjungi dalam situs New Life Official Store!

Baca Juga  Cara Mengetahui Hamil atau Tidak
Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?