fbpx

Perlengkapan Ibu dan Bayi Baru Lahir yang Harus Disiapkan

perlengkapan-ibu-dan-bayi-baru-lahir-yang-harus-disiapkan

Perlengkapan ibu dan bayi baru lahir merupakan keperluan yang mendukung dalam merawat dan membesarakan anak. Barang-barang yang semula tidak terdapat di rumah ini haus mulai tersedia karena berbagai fungsinya. Apa saja barang tersebut? Berikut daftarnya.

Perlengkapan Untuk Ibu

Perlengkapan yang pertama terkhusus untuk kamu yang baru menjadi ibu. Berikut barang yang harus kamu beli sebagai persiapan seorang ibu baru.

1. Perlengkapan Menyusui

Kebutuhan yang pertama adalah perlengkapan menyusui. Sebelumnya mungkin kamu tidak membutuhkan, tapi ketika memiliki bayi new born akan ada barang-barang yang harus kamu siapkan di rumah.

Perlengkapan menyusui ini terdiri dari beberapa barang. Misalnya daster atau pakaian longgar untuk memudahkan ketika bergerak dan menyusui si bayi. Kemudian, breast pad atau bantalan untuk mencegah air asi membasahi pakaian ibu. 

Selain itu, waslap atau tisu untuk membersihkan puting susu setelah memberi makan si bayi. Tujuannya agar tubuh ibu tetap bersih serta tidak meninggalkan lembab yang mungkin bisa memancing bakteri untuk tinggal.

2. Makanan Pendukung Asi

Hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah kelancaran asi. Oleh karena itu, ibu bisa mengupayakannya dengan menjaga pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan yang memperlancar asi.

Makanan sehat yang bisa kamu pilih adalah yang mengandung zat besi, vitamin, folat, dan fitoestrogen. Beberapa contoh makanan pendukung asi antara lain wortel, bayam, kacang-kacangan, dan susu kedelai.

3. Alat Pompa Asi

Jika kamu termasuk orang yang mengalami masalah dalam keluarnya asi, maka barang ini perlu kamu miliki. Alat pompa asi atau breast pump adalah alat untuk membantu menyedot asi ke dalam botol. Cara kerjanya hampir sama seperti mulut bayi ketika menyusu pada ibu, bedanya tenaga hisapan dari alat ini lebih kuat.

Baca Juga  16 Buah Larangan Ibu Hamil yang Perlu Dihindari

Banyak pilihan alat pompa asi di peredaran pasar, mulai dari yang manual hingga elektrik. Kamu bisa menyesuaikan kebutuhanmu.

Itulah beberapa barang yang bisa kamu beli sebagai perlengkapan ibu ketika melahirkan. Kemudian, apa saja perlengkapan untuk dedek bayi? Berikut daftarnya.

Perlengkapan Untuk Bayi

Perlengkapan bayi dalam daftar berikut bisa kamu siapkan sejak belum lahir. Tentunya agar ketika sang buah hati sudah lahir kamu tidak ribet untuk berbelanja ke sana kemari. Inilah beberapa pilihan perlengkapan bayi baru lahir yang bisa kamu jadikan opsi.

1. Popok

Popok sudah tentu menjadi barang pertama yang harus kamu beli ketika memiliki bayi. Bayi yang belum bisa mengontrol pencernaannya akan buang air sewaktu-waktu tanpa permisi. Hal ini akan membuatnya sering mengotori pakaian atau alas tidurnya jika tidak menggunakan penampung.

Popok berguna untuk menyelesaikan masalah tersebut. Kamu bisa menyetok beberapa kotak popok sebagai persiapan karena orangtua harus sering mengganti popok bayi agar kulit luarnya tidak lembab.

2. Pakaian Bayi

Pakaian bayi berguna untuk menjaga kehangatannya. Oleh karena itu, membeli pakaian bayi dengan bahan yang lembut tapi tebal adalah pilihan yang bisa kamu pertimbangkan. Usahakan jangan memakaikan bayi baju yang berumbai karena dapat melilitnya atau model yang memiliki kain sisa di sekitarnya karena dapat menutupi bibir dan hidung untuk bernapas.

Sebaiknya, belilah pakaian bayi secukupnya karena bayi yang baru lahir akan cepat tumbuh. Hal ini akan membuat pakaian bayi cepat mengaggur karena harus berganti ukuran menyesuaikan pertumbuhan tubuhnya.

3. Perlengkapan Tidur Bayi

Salanjutnya ada perlengkapan tidur bayi. Kamu perlu memasukkan barang ini dalam daftar belanja. Bayi memerlukan peneman tidur yang nyaman karena ketika baru lahir hampir sepanjang waktu ia habiskan untuk terlelap. 

Baca Juga  9 Manfaat ASI Eksklusif untuk Ibu dan Sang Buah Hati, Catat!

Kamu bisa membeli perlengkapan tidur ini dalam satu paket. Biasanya satu paket perlengkapan tidur bayi sudah terdiri dari bantal, guling, dan tempat tidur yang empuk. Sebagai pelengkap, kamu bisa menambahkan selimut bayi dan kelambu. Selimut berguna untuk menambah kehangatan dan pemasangan kelambu bertujuan untuk mencegah bayi dari gigitan nyamuk atau serangga lainny.

4. Perlengkapan Mandi

Perlengkapan mandi tidak kalah penting untuk bayi. Perlengkapan mandi bayi tidak sama dengan perlengkapan mandi orang dewasa. Bayi memerlukan sabun dan sampo yang ramah pada kulit rawan serta tidak perih. Oleh karena itu, perlengkapan mandinya harus memilih yang memang khusus untuk bayi.

Saat ini sudah banyak dijual set perlengkapan mandi. Kamu hanya tinggal menentukan merk yang cocok. Usahakan ketika memandikan bayi juga memerhatikan apakah ada tanda ketidakcocokan bahan pada kulit bayi. Segera hentikan atau ganti merk jika muncul ruam atau tanda alergi.

5. Baby Carrier

Baby Carrier adalah alat yang berguna untuk menggendong bayi. Barang satu ini akan memudahkan ibu ketika membawa anaknya keluar untuk bepergian atau sekadar berjemur. Jika ingin membeli untuk bayi yang baru lahir, pilihlah baby carrier berjenis newborn.

Itulah beberapa perlengkapan ibu dan bayi baru lahir. Semoga dapat menjadi referensi bagi kamu yang sedang mempersiapkan kelahiran sang buah hati.

Penutup

Perlengkapan ibu dan bayi baru lahir yang harus disiapkan banyak jenisnya. Mulai dari yang simple sampai yang wajib. Usahakan membeli barang-barang perlengkapan ini setidaknya sebulan sebelum mendekati persalinan. Tujuannya agar ketika melahirkan, ayah dan ibu lebih fokus pada sang bayi dan tidak perlu sibuk memenuhi apa yang perlu dibeli.

Info seputar ibu dan bayi lainnya dapat kamu temukan dengan mengunjungi New Life

Baca Juga  4 Perbedaan Sakit Pinggang Haid dan Hamil yang Tampak Mirip
Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?