fbpx

Manfaat Imunisasi TT pada Ibu Hamil, Berapa Biayanya?

Manfaat imunisasi TT pada ibu hamil berpengaruh banyak pada kesehatan bayi sebelum lahir. Imunisasi TT atau Tetanus Toxoid dapat melindungi ibu dan bayi ketika menjalani proses persalinan. Bagaimana maksudnya? Apa sih manfaat selengkapnya dan berapa biaya yang harus kamu keluarkan untuk suntik vaksin tersebut? Berikut informasi yang telah terangkum di bawah ini. 

Imunisasi TT

Penyakit tetanus masih banyak dijumpai pada negara berkembang. Penyakit jenis ini adalah masalah kesehatan yang diakibatkan oleh bakteri bernama Clostridium Titani. Cara bakteri tersebut menginfeksi manusia biasanya lewat gigitan hewan, tempat kotor, atau benda berkarat yang bersentuhan langsung dengan kulit yang terluka.

Sejak masuk ke dalam tubuh manusia, Clostridium Titani ini akan langsung menyerang bagian dari jaringan otot dan syaraf. Oleh karena itu, orang yang mengalami penyakit tetanus akan merasakan sakit atau nyeri di bagian otot lengan, paha, atau leher, dan sistem syarafnya turut terganggu.

Pada bayi yang baru lahir, penyakit tetanus dapat terjadi karena tertular sang ibu. Namun, bisa juga muncul akibat peralatan dalam operasi melahirkan yang tidak steril. Walaupun alasan kedua jarang terjadi karena setiap rumah sakit memiliki standarisasi kebersihan yang tinggi, tapi upaya pencegahan harus selalu kamu lakukan.

Tetanus yang terjadi pada bayi baru lahir disebut dengan tetanus neonatorium. Bayi yang mengalami tetanus neonatorium akan menunjukkan beberapa gejala seperti otot wajah yang kaku setelah 2-3 hari pasca persalinan, bayi tidak mampu menyusu secara normal, otot tubuh yang terlihat seperti melengkung ke belakang, dan kejang ketika menerima rangsangan. Jika tidak tertangani dengan baik dalam kurun waktu dekat, penyakit ini bisa menimbulkan kondisi fatal seperti kematian.

Baca Juga  Korset Pengecil Perut, Yuk Kenali Manfaatnya!

Untuk menanggulangi risiko bahaya dari penyakit tetanus neonatorium, kamu perlu melakukan imunisasi TT. Imunisasi TT atau tetanus toxoid adalah cairan suntik berisikan bakteri yang telah termurnikan sehingga tidak mengakibatkan masalah serius seperti ketika bakteri tersebut masuk ke dalam tubuhmu. 

Itulah perkenalan singkat terkait imunisasi TT yang perlu kamu ketahui. Lantas, sepenting itu kah? Manfaat apa yang bisa kamu dapatkan dari menyuntikkan vaksin tetanus toxoid selama hamil? Berikut selengkapnya. 

Manfaat Imunisasi TT untuk Ibu Hamil

Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) menganjurkan agar semua ibu hamil melakukan suntik vaksin Tetanus Toxoid (TT). Hal ini bertujuan sebagai upaya pencegahan dan menghindarkan bayi terlahir dengan kondisi terjangkit penyakit tetanus neonatorium. 

Imunisasi TT pada ibu hamil bermanfaat untuk membuat kekebalan tubuhnya meningkat sehingga akan lebih tangguh jika terdapat suatu kondisi tanpa sengaja yang membiarkan bakteri clostridium titani masuk ke dalam tubuhnya. Tingkat imunitas yang bertambah ini juga akan menjadi pelindung bagi si bayi di dalam kandungan. Setiap zat yang masuk ke tubuh ibu akan menjalar juga pada si bayi, begitu pun vaksin tersebut. 

Dengan imunisasi TT selama masa kehamilan, risiko terjadinya tetanus akibat proses melahirkan juga bisa tercegah lebih dini. Walaupun setiap rumah sakit pada umumnya pasti melakukan sterilisasi sebelum operasi, tapi bukan berarti kemungkinan terjena tetanus sepenuhnya tidak ada. Oleh karena itu, kamu bisa lebih tenang dengan menjalani persalinan dengan kondisi tubuh yang sudah tervaksinasi TT.

Selain baik untuk ibu, imunisasi ini juga akan memberi dampak baik pula pada bayi. Namun, berapa biaya yang harus kamu keluarkan untuk imunisasi TT. Simak ulasan berikut ini.

Baca Juga  7 Daftar Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Yang Aman Dikonsumsi

Biaya Imunisasi TT 

Di Indonesia sendiri sebenarnya sudah ada program yang mewajibkan setiap orang menerima imunisasi yang salah satunya terdapat vaksin TT di dalamnya. Namun, untuk kamu yang sedang hamil perlu melakukan vaksinasi ulang untuk meningkatkan ulang daya tahan tubuhmu terhadap tetanus.

Pemberian vaksin TT pada ibu hamil bisa berbeda tergantung kehamilan ke berapa serta riwayat imunisasi yang telah kamu terima. Para dokter biasanya akan menganjurkan kamu untuk imunisasi TT sebanyak dua kali ketika hamil anak pertama dengan catatan jeda setiap suntikan adalah 4 minggu. 

Kemudian, pada kehamilan tanpa riwayat telah melakukan imunisasi TT di kehamilan pertama akan dianjurkan untuk melakukan vaksinasi sebanyak 3 kali dengan jeda interval 4 minggu di dosis 1 dan 2, dan jeda interval 6 bulan pada dosis 2 dan 3. 

Jika kamu sudah melakukan imunisasi TT di kehamilan pertama, dokter hanya akan memberikan dosis tambahan atau penguat yang biasanya akan kamu terima menjelang persalinan.

Biaya untuk sekali melakukan imunisasi TT ini berbeda-beda tergantuk merk apa yang kamu pilik dan lokasi di mana kamu menerimanya. Untuk harga di puskesmas, jenis vaksin ini sangat terjangkau karena hanya berkisar puluhan ribu saja. Untuk harga termahalnya di rumah sakit, biasa berkisar 150 ribu atau lebih. 

Itulah biaya yang harus kamu keluarkan untuk melakukan upaya pencegaha tetanus dengan imunisasi TT. Mencegah sejak dini akan menghindarkan bayi kamu dari masalah kesehatan yang lebih serius.

Penutup

Manfaat imunisasi TT pada ibu hamil dapat berguna juga untuk menghindarkan bayi dari bahaya tetanus ketika lahir. Tetanus menjadi ancaman serius yang mengintai. Namun, kamu tidak lagi harus khawatir juga telah tervaksinasi. Kamu cukup melakukannya sesuai rekomendasi dokter agar bayi terlahir sehat tanpa gejala masalah otot dan syaraf. 

Baca Juga  Peralatan Bayi Baru Lahir yang Anti Mubazir, Catat!

Untuk mendapatkan informasi seputar ibu dan bayi lainnya, yuk berkunjung ke New Life.

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?