fbpx

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil Muda

Kehamilan tentunya berpengaruh pada kondisi ibu, baik secara fisik maupun mental. Pada kondisi fisik, ibu mungkin akan mengalami sakit pinggang. Sakit pinggang saat hamil muda merupakan hal yang umum dialami para ibu. Untuk itu, ibu perlu mengetahui penyebab dan cara mengatasinya agar ibu dapat beraktivitas dengan nyaman.

Penyebab Sakit Pinggang Saat Hamil Muda

Sebelum mengetahui cara mengatasinya, ibu perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu agar dapat mengatasinya dengan cara yang tepat.

1. Perubahan Hormon

Sakit pinggang saat hamil muda dapat disebabkan oleh hormone relaksin. Hormon ini berguna untuk mempersiapkan proses ibu melahirkan dengan cara membuat ligament dan sendi di daerah panggul meregang. Karena perubahan inilah, ibu mengalami sakit pinggang.

2. Kenaikan Berat Badan

Ketika hamil, ibu akan menglami kenaikan berat badan. Total kenaikan berat badan dari awal trimester pertama hingga akhir trimester ketiga berkisar antara 11 sampai 15 kilogram. Berat badan yang bertambah tentu mempengaruhi tulang belakang yang akhirnya menyebabkan ibu mengalami sakit pinggang.

3. Salah Postur Tubuh

Postur tubuh ibu akan berubah saat sedang hamil. Ibu membutuhkan penyesuain postur karena pusat gravitasi yang bergeser. Penyesuaian inilah yang menyebabkan punggung dan juga pinggang terasa nyeri. Oleh karenanya, ibu disarankan untuk menghindari duduk atau berdiri dalam waktu yang lama. Ibu juga perlu mengetahui postur tubuh yang benar

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil Muda

Setelah mengetahui penyebabnya, ibu perlu mengetahui cara mengatasinya. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan oleh ibu hamil muda untuk mengurangi rasa nyeri pada pinggang saat hamil.

1. Kompres Hangat

Untuk meredakan rasa nyeri pada pinggang, ibu dapat menggunakan handuk hangat untuk mengompres pada bagian pinggang yang sakit. Jika memiliki heating pad, ibu juga dapat menggunakannya untuk mengompres. Namun, hindarilah suhu yang terlalu panas dan jangan digunakan pada perut.

Baca Juga  Makanan dan Minuman Pelancar Asi: Asupan Ibu Melahirkan

2. Olahraga Ringan

Untuk merelakskan otot, ibu hamil dapat melakukan peregangan di rumah. Pilihlah olahraga ringan yang memang dikhususkan untuk ibu hamil. Contoh olahraga yang dapat dilakukan oleh ibu hamil adalah senam hamil dan yoga. Dengan melakukan olahraga ringan, tekanan yang ada pada saraf dapat berkurang sehingga mengurangi sakit pinggang saat hamil muda.

3. Perbaiki Postur Tubuh

Postur tubuh yang salah merupakan salah satu penyebab dari sakit pinggang. Oleh karena itu, ibu perlu berlatih postur tubuh yang benar. Ibu dapat menggunakan sabuk pendukung ketika beraktivitas agar tidak tertumpu pada pinggang. Selain itu, posisi tidur yang benar juga akan membantu ibu agar tidak merasa nyeri pinggang ketika bangun

Walaupun banyak juga ibu hamil muda yang mengalami sakit pinggang, tapi umumnya ini terjadi pada ibu hamil yang usia kandungannya sudah memasuki trimester ketiga. Jika ibu hamil muda mengalami sakit pinggang dengan gejala lain selama lebih dari 2 minggu, maka ibu perlu secepatnya memeriksakan diri ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Jangan lewatkan kesempatan untuk memperoleh informasi berharga seputar kehamilan lainnya hanya di New Life.

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?