fbpx

Bolehkah Ibu Hamil Makan Pete? Simak Informasinya!

Bolehkah Ibu Hamil Makan Pete? Simak Informasinya!

Bagi banyak orang, pete merupakan hidangan favorit. Apakah kamu termasuk yang menyukainya? Pete atau petai adalah jenis makanan dari kelompok kacang-kacangan yang umumnya memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Namun, bolehkah ibu hamil makan pete?

Bagi ibu hamil, pete mungkin menjadi salah satu makanan yang di idam-idamkan. Pasalnya, makanan ini tergolong nikmat saat diolah menjadi sambal atau sebagai makanan pendamping nasi goreng. 

Namun, selama kehamilan, Moms harus memperhatikan asupan sehari-hari, karena bisa berdampak bagi kesehatan buah hati. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk memperhatikan menu makanannya, termasuk pete.

Nah, untuk mengetahui penjelasan terkait bolehkah ibu hamil makan pete, yuk simak artikel berikut ini!

Kandungan Pete

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai bolehkah ibu hamil makan pete, sebaiknya pahami dulu kandungan nutrisinya. Pada dasarnya, jenis kacang-kacangan ini mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh. Adapun beberapa jenis nutrisinya adalah kalsium, fosfor, magnesium, seng, asam folat, serat, vitamin A, vitamin B1, vitamin B6, hingga vitamin C.

Bukan hanya itu, pete juga tergolong sebagai makanan yang rendah lemak, sehingga baik bagi pengidap diabetes. Kacang-kacangan ini juga bisa membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan, memperkuat tulang dan gigi, hingga mencegah risiko penyakit ginjal.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Pete?

Dengan berbagai nutrisi di atas, umumnya pete adalah makanan yang baik untuk ibu hamil konsumsi. Akan tetapi, sebagai catatan, Bunda perlu membatasi asupannya. Pasalnya, konsumsi pete yang berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan Bunda maupun perkembangan janin dalam kandungan.

Di sisi lain, asupan pete yang cukup bisa berdampak baik bagi kesehatan Bunda maupun janin. Hal ini karena selama kehamilan, janin membutuhkan asupan zat besi. Nah, asupan tersebut dapat Bunda peroleh dari pete. Selain itu, zat besi juga tergolong sebagai nutrisi penting bagi ibu hamil yang telah memasuki trimester kedua dan ketiga.

Baca Juga  6 Ciri-Ciri Kandungan Kuat dan Tips Menjaganya, Yuk Catat!

Selain itu, pete juga mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh ibu hamil dan mencegah risiko serangan penyakit. Vitamin C tersebut juga berperan dalam memaksimalkan proses penyerapan gizi dalam tubuh Bunda, sehingga janin pun akan memperoleh nutrisi yang cukup

Jadi bolehkah ibu hamil makan pete? Selama asupannya tidak berlebihan, pete bisa memberikan manfaat yang baik bagi Bunda. Namun, jika masih merasa ragu, Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu untuk mengetahui takaran pete yang tepat selama masa kehamilan.

Manfaat Pete untuk Kesehatan Ibu Hamil

Selain nutrisi yang terkandung di dalam pete, terdapat banyak manfaat lain yang dapat Bunda dapatkan. Adapun beberapa manfaat pete untuk kesehatan ibu hamil adalah sebagai berikut.

1. Mengurangi Mual pada Pagi Hari

Rasa mual adalah kondisi yang kerap terjadi pada awal kehamilan akibat morning sickness. Nah, mengonsumsi pete ternyata bisa membantu Bunda untuk mengurangi rasa mual dan muntah tersebut. Hal ini karena pete dapat membantu menjaga kadar gula darah dalam tubuh yang berpengaruh untuk mengurangi rasa mual dan muntah.

Selain itu, asam amino dalam pete juga bisa membantu memperbaiki suasana hati Bunda sebagai gejala morning sickness. Pasalnya, asam amino bisa membantu meningkatkan hormon serotonin yang berfungsi dalam meningkatkan suasana hati serta menjaga kesehatan mental.

2. Menambah Energi

Manfaat pete untuk ibu hamil selanjutnya adalah membantu menambah energi. Pada dasarnya, selama masa kehamilan, Bunda akan mudah merasa lelah akibat pertambahan beban dari kandungan. Nah, pete mengandung glukosa, sukrosa, dan fruktosa yang berperan sebagai sumber energi bagi tubuh. Dengan begini, Bunda pun tak akan mudah lelah dan bisa menjalani aktivitas dengan lebih nyaman.

Baca Juga  9 Cara Mengatasi Bayi Sungsang agar Posisinya Normal, Catat!

3. Melancarkan Pencernaan

Manfaat pete untuk ibu hamil berikutnya adalah membantu melancarkan sistem pencernaan. Pasalnya, pete tergolong sebagai makanan dengan kandungan serat tinggi. Nah, serat ini dapat membantu memaksimalkan kinerja usus, sehingga bisa menurunkan risiko sembelit dan wasir.

4. Baik untuk Pertumbuhan Janin

Manfaat pete lainnya adalah membantu tumbuh kembang janin. Pasalnya, makanan ini memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi, sehingga dapat berperan dalam menunjang pertumbuhan janin, terlebih lagi saat memasuki trimester kedua serta ketiga. Selain itu, pete juga mempunyai kandungan vitamin C yang bermanfaat untuk menunjang proses penyerapan gizi pada janin.

Penutup

Demikian berbagai informasi mengenai bolehkah ibu hamil makan pete, kandungan, serta manfaatnya. Sebagai catatan, manfaat pete tersebut bisa Bunda peroleh selama tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Sebaliknya, konsumsi pete berlebihan justru membahayakan kesehatan Bunda, seperti mengganggu kesehatan sistem pencernaan, kinerja ginjal, dan menimbulkan bau tidak sedap.

Maka dari itu, Bunda perlu lebih bijak dalam mengonsumsi pete. Di sisi lain, Bunda juga perlu memenuhi asupan nutrisi dari makanan lainnya, seperti sayuran dan buah-buahan. Jangan lupa juga untuk melakukan olahraga ringan demi menunjang kesehatan kandungan. Yuk, selalu jaga kesehatan selama hamil bersama New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?