fbpx

9 Akibat Badan Gemuk yang Perlu Diwaspadai, Pemicu Diabetes!

9 Akibat Badan Gemuk yang Perlu Diwaspadai, Pemicu Diabetes!

Memiliki badan gemuk mungkin membuat banyak orang merasa khawatir. Pasalnya, hal ini bukan hanya membuatmu mudah merasa lelah. Tetapi, akibat badan gemuk lainnya juga bisa menyebabkan tubuh lebih rentan terserang penyakit. Itulah sebabnya, penting bagimu untuk mengontrol berat badan agar tetap ideal.

Sebab, badan gemuk atau obesitas bisa berdampak terhadap timbulnya penyakit berbahaya. Nah, jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut berkaitan dengan akibat badan gemuk, yuk simak selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Akibat Badan Gemuk

Pada dasarnya, seseorang bisa disebut memiliki badan gemuk atau obesitas apabila mempunyai Indeks Massa Tubuh (IMT) melebihi 30. Indeks ini bisa kamu hitung dengan cara membagi berat badan dalam satuan kilogram dengan tinggi badan dengan satuan meter kuadrat.

Nah, ketika tubuh mengalami obesitas, kamu akan lebih rentan terserang penyakit. Adapun beberapa akibat badan gemuk adalah sebagai berikut:

1. Penyakit Jantung

Salah satu akibat badan gemuk adalah lebih rentan mengalami penyakit jantung. Hal ini terjadi karena seseorang yang berbadan gemuk cenderung rentan mengalami kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, hingga penyumbatan arteri. Nah, beberapa hal tersebut bisa menyebabkan timbulnya penyakit jantung, stroke, hingga serangan jantung.

2. Diabetes Tipe 2

Akibat badan gemuk selanjutnya adalah bisa memicu terjadinya diabetes tipe 2. Sebab, berat badan berlebih bisa memicu resistensi insulin, sehingga menimbulkan kenaikan gula darah dan kamu akan lebih rentan mengidap diabetes tipe 2.

Apabila kondisi ini dibiarkan begitu saja, kamu juga lebih rentan mengalami gangguan kesehatan lainnya, misalnya kebutaan, stroke, penyakit ginjal, hingga penyakit jantung.

3. Sleep Apnea

Bahaya badan gemuk lainnya adalah rentan menyebabkan sleep apnea atau kondisi gangguan tidur yang membuat pengidapnya berhenti bernapas selama 10 detik dan berulang selama beberapa kali.

Baca Juga  Ciri-Ciri Hamil Muda 1 Minggu Pertama: Rahasia Kehamilan Awal

Kondisi ini bisa terjadi akibat penumpukan lemak di bagian leher. Alhasil, organ pernapasan pun akan terganggu dan memicu terjadinya sleep apnea.

4. GERD

Penyakit asam lambung atau GERD juga lebih rentan terjadi ketika kamu memiliki badan gemuk. Sebab, kelebihan berat badan akan menyebabkan tekanan dalam rongga perut. Nah, kondisi tersebut bisa menyebabkan kenaikan asam lambung.

5. Gangguan Pernapasan

Bahaya badan gemuk yang perlu kamu waspadai lainnya adalah rentan mengalami gangguan pernapasan. Sebab, penumpukan lemak tubuh bisa menyebabkan fungsi paru-paru mengalami penurunan.

Hal ini tentunya dapat menyebabkan sistem pernapasan terganggu. Apabila kamu biarkan begitu saja, masalah ini juga dapat memperparah penyakit paru-paru obstruktif kronis serta gejala asma.

6. Depresi

Akibat badan gemuk selanjutnya adalah kamu berisiko mengalami depresi. Seseorang yang berbadan gemuk bisa mengalami perundungan maupun diskriminasi. Hal itu tentu bisa membuat dirinya merasa sedih dan menyebabkan depresi berat.

7. Radang Sendi

Akibat badan gemuk berikutnya adalah rentan mengalami radang sendi. Sebab, semakin bertambahnya berat tubuh, maka tekanan yang terdapat pada sendi juga semakin meningkat, terlebih lagi bagian lutut.

Hal itu bisa membuat seseorang lebih berisiko mengalami osteoartritis atau memperparah kondisinya ketika menderita penyakit tersebut.

8. Komplikasi Kehamilan

Seorang wanita yang memiliki badan gemuk ternyata juga berisiko mengalami komplikasi kehamilan. Sebab, badan gemuk membuatmu berisiko mengalami tekanan darah tinggi serta gula darah tinggi.

Nah, hal itu bisa menyebabkan beberapa jenis komplikasi kehamilan, seperti kelahiran prematur, preeklamsia, keguguran, kelahiran mati, hingga perdarahan berat setelah melahirkan.

9. Penyakit Kanker

Bahaya badan gemuk yang terakhir adalah bisa memicu timbulnya penyakit kanker. Sebab, saat mengalami kegemukan, tubuh cenderung lebih berisiko mengidap peradangan kronis dan menimbulkan kerusakan DNA di sel tubuh. Nah, kondisi tersebut bisa menimbulkan kanker, seperti kanker usus besar, payudara, kandung empedu, ginjal, prostat, rahim, hingga pankreas.

Baca Juga  8 Macam Makanan Nutrisi Ibu Hamil untuk Dikonsumsi, Simak!

Cara Mencegah Badan Gemuk

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kegemukan bisa menyebabkan berbagai penyakit. Maka dari itu, kamu perlu mencegahnya untuk menghindari terjadinya penyakit yang tak diinginkan.

Adapun beberapa cara mencegah badan gemuk adalah sebagai berikut:

  • Tidak melewatkan waktu sarapan. Pasalnya, melewatkan sarapan bisa menyebabkan kamu makan siang dalam porsi yang lebih besar.
  • Minum segelas air putih sebelum sarapan untuk mengontrol porsi makan.
  • Mengonsumsi makanan yang tepat, seperti makanan berserat dan berprotein.
  • Makan secara perlahan-lahan akan sistem pencernaan dapat bekerja lebih maksimal. Selain itu, hal ini juga bisa membantu menahan perut agar kenyang dalam waktu lebih lama.
  • Makan dalam porsi yang kecil, tapi sering. 
  • Mencukupi waktu tidur.

Selain menerapkan beberapa cara di atas, kamu juga perlu rajin berolahraga. Pasalnya, olahraga bisa membantu membakar kalori dalam tubuh serta menjaga berat badan agar tetap ideal. Di samping itu, olahraga juga baik untuk menjaga kesehatanmu, lho.

Penutup

Itulah sederet informasi berkaitan dengan akibat badan gemuk dan cara mencegah kegemukan. Sebagaimana penjelasan di atas, badan gemuk bisa menyebabkan penyakit kronis.

Itulah mengapa, kamu perlu melakukan pencegahan dengan menerapkan gaya hidup sehat. Jadi, yuk selalu terapkan gaya hidup sehat untuk mencegah kenaikan berat badan bersama New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?