fbpx

8 Cara Menghilangkan Cegukan pada Bayi, Simak Penyebabnya!

8 Cara Menghilangkan Cegukan pada Bayi, Simak Penyebabnya!

Cegukan pada bayi adalah suatu kondisi yang sering terjadi akibat peningkatan gas dalam perut si kecil. Kondisi ini tergolong sebagai hal umum dan tidak membahayakan. Meskipun demikian, Bunda perlu mengetahui cara menghilangkan cegukan pada bayi agar si kecil lebih nyaman.

Salah satu cara mengatasi cegukan pada bayi adalah dengan memberinya makan atau minum sedikit demi sedikit. Selain itu, masih ada beberapa cara penanganan lainnya. Untuk mengetahui lebih lanjut seputar penanganan cegukan pada bayi, yuk simak artikel berikut ini!

Penyebab Cegukan pada Bayi

Pada dasarnya, penyebab bayi cegukan adalah peningkatan gas dalam perut si kecil. Hal ini terjadi karena si kecil menghirup udara ketika minum, menyusui, maupun makan. Selain itu, ada pula faktor yang menyebabkan bayi cegukan. Adapun beberapa penyebab cegukan pada bayi adalah sebagai berikut.

  • Organ pencernaan bayi belum matang.
  • Makan dan minum yang terlalu cepat.
  • Adanya perubahan suhu dalam lambung.
  • Adanya gangguan pada saraf menelan,
  • Mengalami iritasi maupun tekanan pada perut.
  • Laju panas yang terlalu cepat.
  • Pemberian makanan dalam porsi yang salah.

Di samping itu, cegukan ini terjadi ketika bayi menghirup udara selama minum ASI. Maka dari itu, sebaiknya Bunda memberikan ASI pada bayi secukupnya dan menenangkannya terlebih dulu saat mengalami cegukan.

Cara Menghilangkan Cegukan pada Bayi

Meskipun cegukan pada bayi maupun balita adalah kondisi yang umum, tetapi sebaiknya Bunda perlu lekas mengatasinya. Hal ini bertujuan agar tidak mengganggu kenyamanan si kecil. Adapun beberapa cara menghilangkan cegukan pada bayi adalah sebagai berikut.

1. Menenangkan dan Menepuk Punggung Bayi

Salah satu cara menghilangkan cegukan pada bayi adalah dengan memeluk serta menepuk punggung bayi perlahan-lahan. Cara ini bertujuan untuk menenangkan bayi yang merasa terganggu akibat cegukan. Di samping itu, Bunda bisa menggendong si kecil dengan memosisikan kepala bayi di pundak, lalu tepuk punggungnya perlahan-lahan untuk mengeluarkan udara dalam perut melalui sendawa. Bunda bisa menerapkan cara ini sampai bayi berhenti cegukan.

Baca Juga  Tips Memilih Korset Untuk Ibu Setelah Lahiran!

2. Memberi ASI Sedikit Demi Sedikit

Cara menghilangkan cegukan pada bayi selanjutnya adalah dengan memberikan ASI sedikit demi sedikit. Pasalnya, menyusui yang terlalu cepat bisa membuat bayi cegukan. Untuk itu, Bunda dapat menyiasatinya dengan memberikan ASI sedikit demi sedikit, tetapi intensitasnya sering.

3. Menggunakan Dot

Cara mengatasi cegukan pada bayi lainnya adalah menggunakan dot. Pasalnya, cegukan tak hanya terjadi ketika si kecil sedang menyusui, tetapi juga dapat terjadi secara tiba-tiba. Maka dari itu, Bunda bisa melakukan cara alternatif dengan memberikan dot pada bayi. Sebab, mengisap dot bisa membantu menghentikan cegukan serta mengendurkan diafragma.

4. Menerapkan Posisi Menyusui yang Benar

Cara menghilangkan cegukan pada bayi berikutnya adalah menerapkan posisi menyusui yang benar. Bunda bisa menempatkan puting serta areola pada mulut bayi dan hadapkan perut bayi ke perut ibu secara langsung. Cara ini akan membantu bayi agar menerima ASI dengan lebih baik dan meredakan cegukan.

5. Membantu Bayi Bersendawa

Cara mengatasi cegukan pada bayi lainnya adalah dengan membantunya untuk bersendawa. Jadi, ketika bayi mengalami cegukan ketika sedang minum ASI, maka sebaiknya hentikan dulu asupannya dan tunggu si kecil sampai bersendawa. Pasalnya, bersendawa bertujuan untuk membantu mengeluarkan udara dalam perut sebagai pemicu cegukan. Nah, agar bayi lebih mudah saat bersendawa, Bunda bisa membantunya dengan memosisikan tubuhnya dengan tegak dan mengelus punggungnya secara perlahan.

6. Mengajak Bayi ke Tempat Hangat

Ketika si kecil mengalami cegukan, Bunda juga bisa membawanya ke tempat yang hangat. Sebaliknya, Bunda perlu menjauhkannya dari tempat dingin, berangin, seperti ruangan AC. Pasalnya, salah satu pemicu cegukan adalah akibat suhu ruangan yang begitu dingin.

Baca Juga  7 Rekomendasi Makanan Ibu Hamil agar Bayi Berkulit Putih

7. Memeriksakan ke Dokter

Cara menghilangkan cegukan pada bayi berikutnya adalah dengan memeriksakan si kecil ke dokter spesialis anak. Kondisi ini bisa Bunda lakukan apabila si kecil mengalami cegukan disertai muntah maupun batuk. Dengan memeriksakannya ke dokter, maka si kecil bisa memperoleh penanganan yang tepat.

8. Mengalihkan Perhatiannya saat Cegukan

Selain melakukan beberapa cara di atas, Bunda juga perlu mengalihkan perhatiannya selama si kecil cegukan. Hal ini bertujuan untuk membantu merilekskan tubuh bayi. Nah, untuk mengalihkan perhatiannya, Bunda bisa mengajak si kecil untuk bercanda maupun berbicara. Di samping itu, apabila cegukannya semakin parah, cobalah untuk mengajak si kecil ke ruang yang lebih nyaman dan tenang.

Penutup

Demikian beberapa informasi seputar penyebab dan cara menghilangkan cegukan pada bayi yang bisa Bunda lakukan. Pada dasarnya, cegukan pada bayi adalah hal yang sering terjadi. Meski begitu, Bunda perlu mewaspadai apabila cegukan disertai dengan batuk, kesulitan bernapas, banyak bergerak, hingga tidak berhenti menangis, sebaiknya lekas kunjungi dokter untuk memeriksakannya.

Di samping itu, Bunda juga bisa mencegah cegukan ini dengan memberikan ASI sedikit, tetapi sering maupun memberikan makanan saat si kecil dalam kondisi tenang. Jadi, yuk selalu jaga kesehatan si kecil bersama New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?