fbpx

8 Cara Mengatasi Kaki Bengkak pada Ibu Hamil, Beri Pijatan!

8 Cara Mengatasi Kaki Bengkak pada Ibu Hamil, Beri Pijatan!

Kaki yang bengkak di masa kehamilan adalah kondisi yang rentan terjadi pada ibu hamil, terlebih pada area jari maupun pergelangan kaki. Meskipun tidak berbahaya, kamu juga perlu tahu cara mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil. Pasalnya, kondisi dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Biasanya, kaki bengkak sendiri rentan terjadi saat memasuki usia kehamilan trimester tiga. Lantas, bagaimana cara menyembuhkan kaki bengkak pada ibu hamil? Agar lebih jelas tentang penyebab dan penanganannya, simak artikel berikut ini!

Penyebab Kaki Bengkak pada Ibu Hamil

Pada dasarnya, kaki bengkak saat hamil yang terjadi secara bertahap bukanlah kondisi berbahaya. Meski begitu, Bunda pun tetap harus mewaspadainya. Pasalnya, kondisi ini bisa terjadi akibat perkara sepele yang sering diabaikan. Adapun beberapa penyebab kaki bengkak pada ibu hamil adalah sebagai berikut:

  • Tubuh Bunda menahan cairan lebih banyak, yaitu 30% melebihi batas normal.
  • Terlalu banyak melakukan aktivitas berdiri yang membuat gaya gravitasi terkumpul di bagian kaki.
  • Setelah bangun tidur, karena biasanya cairan akan berkumpul di kaki.
  • Terlalu sering mengangkat beban berat dan membuat tubuh kelelahan.
  • Janin yang ukurannya mulai membesar, sehingga membuat pembuluh darah balik dapat terhambat.

Selain pada kaki, biasanya beberapa pembengkakan juga akan terjadi pada tangan dan wajah. Situasi tersebut disebut dengan istilah edema. Biasanya, pembengkakan akan terjadi ketika Bunda telah memasuki trimester akhir.

Cara Mengatasi Kaki Bengkak pada Ibu Hamil

Meskipun tidak terasa menyakitkan, kaki bengkak tentu akan membuat Bunda merasa terganggu saat sedang beraktivitas. Untuk itu, Bunda perlu segera mengatasinya.

Adapun beberapa cara mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil adalah sebagai berikut:

1. Kurangi Asupan Kafein

Salah satu cara menyembuhkan kaki bengkak pada ibu hamil adalah dengan mengurangi asupan kafein. Pada dasarnya, kafein yang Bunda konsumsi dalam takaran cukup tidak membahayakan kondisi kehamilan. Akan tetapi, jika mengonsumsinya terlalu banyak, bisa membuat cairan dalam kaki tertahan. Sebab, kafein memiliki sifat diuretik yang bisa meningkatkan intensitas buang air kecil dan menahan cairan dalam tubuh.

Baca Juga  Penting Untuk Mengetahui Kegunaan Korset Bagi Kesehatan

2. Kurangi Asupan Garam

Cara mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil berikutnya adalah dengan mengurangi asupan garam atau natrium. Pasalnya, garam memiliki kemampuan untuk menahan air dalam tubuh lebih banyak. Untuk itu, sebaiknya Bunda mengurangi makanan yang mengandung garam tinggi, seperti makanan olahan dan makanan kering.

3. Meninggikan Posisi Kaki saat Beristirahat

Cara menyembuhkan kaki bengkak pada ibu hamil selanjutnya adalah meninggikan posisi kaki saat sedang beristirahat atau tidur. Hal ini berguna untuk mengalirkan cairan yang menumpuk pada kaki. Di samping itu, cara ini juga bisa Bunda terapkan ketika sedang duduk agar sirkulasi darah lebih lancar.

4. Latihan Menggerakkan Kaki

Cara menyembuhkan kaki bengkak lainnya juga bisa Bunda lakukan dengan latihan menggerakkannya secara perlahan. Bunda bisa sambil duduk, lalu menggerakkan kaki perlahan-lahan dengan menekuk dan memutarnya berulang kali. Cara ini bisa membantu melancarkan peredaran darah menuju ekstremitas bawah dan mengurangi retensi cairan yang bisa menimbulkan pembengkakan. Bukan hanya itu, kaki Bunda juga akan terasa lebih nyaman setelah menggerakkannya dengan ringan.

5. Memperbanyak Minum Air Putih

Cara mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil lainnya adalah dengan memperbanyak minum air putih. Sebab, tubuh bisa menahan cairan ketika sedang dehidrasi. Untuk itu, Bunda perlu minum air putih setidaknya 10 gelas per hari. Cara ini juga berperan dalam meningkatkan kinerja ginjal dalam membuang racun serta membuat tubuh tetap terhidrasi.

6. Melakukan Pijat dan Relaksasi

Melakukan pijatan dan relaksasi juga termasuk sebagai salah satu cara menyembuhkan kaki bengkak pada bumil. Cara ini berperan dalam mengedarkan cairan yang menumpuk di kaki dan mengurangi pembengkakan. Bunda bisa melakukan pijatan dan relaksasi dengan meminta bantuan kepada pasangan atau berkunjung ke ahli pijat secara langsung.

Baca Juga  6 Manfaat Korset Pasca Melahirkan dan Aturan Penggunaannya

7. Berjalan Kaki

Cara mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil juga dapat Bunda lakukan dengan rajin berjalan kaki setiap hari. Bunda bisa melakukannya selama kurang lebih 5-10 menit. Tujuannya adalah untuk membantu mengurangi pembengkakan dan meningkatkan sirkulasi darah.

Selain berjalan kaki, Bunda juga bisa melakukan olahraga ibu hamil secara rutin, misalnya yoga, senam ibu hamil, dan berenang. Tujuannya adalah untuk melancarkan peredaran darah, melatih pernapasan, dan mempersiapkan persalinan agar lebih lancar.

8. Menggunakan Alas Kaki yang Nyaman

Cara mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil yang terakhir adalah menggunakan alas kaki yang nyaman dan tidak sempit. Bunda perlu menghindari penggunaan sepatu berhak tinggi dan sempit. Di sisi lain, gunakan alas kaki yang lebih nyaman dan pas untuk meminimalkan pembengkakan. Selain itu, penggunaan alas kaki yang nyaman juga bisa membantu mengurangi rasa nyeri punggung dan pinggul akibat pertambahan berat badan selama kehamilan.

Penutup

Demikian beberapa informasi seputar penyebab dan cara mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil. Selain akibat respons tubuh secara normal, kaki bengkak juga bisa terjadi akibat adanya penyakit yang Bunda derita. Maka dari itu, jika tak kunjung sembuh, Bunda dapat memeriksakan diri ke dokter.

Di samping itu, untuk mencegah kaki bengkak, hindari aktivitas yang membuat Bunda mudah lelah, seperti mengangkat beban berat dan perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh. Untuk mengetahui informasi lain seputar cara menjaga kesehatan saat hamil, kunjungi pada kanal New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?