fbpx

7 Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut Bayi, Bantu Melebatkan!

7 Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut Bayi, Bantu Melebatkan!

Minyak zaitun adalah salah satu bahan alami yang dikenal dengan berbagai manfaatnya bagi tubuh, termasuk rambut bayi. Adapun salah satu manfaat minyak zaitun untuk rambut bayi adalah membantu menjaga kesehatan rambut serta mendukung pertumbuhannya. Pasalnya, bayi umumnya memiliki rambut yang masih tipis, sehingga membutuhkan nutrisi untuk mendukung pertumbuhannya.

Nah, minyak zaitun mempunyai kandungan asam lemak serta antioksidan yang baik untuk membantu merangsang pertumbuhan rambut si kecil. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai manfaat minyak zaitun untuk rambut bayi, yuk simak selengkapnya di artikel berikut!

Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut Bayi

Pada dasarnya, setiap bayi memiliki tekstur, volume, hingga panjang rambut yang berbeda-beda sejak dilahirkan. Bagi ibu yang memiliki bayi dengan rambut tipis mungkin ingin melebatkannya. Nah, penggunaan minyak zaitun ternyata bisa membantu merangsangnya.

Adapun beberapa manfaat minyak zaitun untuk rambut bayi adalah sebagai berikut:

1. Menjaga Kesehatan Rambut

Salah satu manfaat minyak zaitun untuk rambut bayi adalah membantu menjaga kesehatan rambut. Sebab, beberapa anak memiliki masalah pada rambut, seperti tampak kering karena kekurangan nutrisi. Oleh sebab itu, ibu bisa mengaplikasikan minyak zaitun kepada si kecil untuk mendukung kesehatannya.

2. Melembapkan Kulit Kepala dan Rambut

Manfaat minyak zaitun untuk rambut anak selanjutnya adalah membantu melembapkan kulit kepala serta rambut. Pasalnya, bahan alami ini mengandung sejumlah nutrisi yang penting untuk rambut maupun kulit kepala, seperti antioksidan, vitamin, hingga asam lemak. Beberapa kandungan nutrisi tersebut bisa membantu melembapkan kulit kepala serta mengatasi rambut kering.

3. Mengobati Eksim pada Kulit Kepala

Manfaat minyak zaitun untuk rambut bayi berikutnya adalah membantu mengobati eksim pada kulit kepala. Pasalnya, beberapa bayi mungkin akan mengalami kulit kepala yang bersisik, kemerahan, serta muncul sensasi gatal.

Baca Juga  Perbedaan Stretch Mark Putih dan Merah serta Cara Mengatasinya

Hal ini bisa timbul akibat psoriasis yang menyebabkan pertumbuhan jamur. Maka dari itu, penggunaan minyak rambut secara rutin berperan untuk mencegah dan mengobati kondisi tersebut.

4. Menghilangkan Ketombe

Manfaat minyak zaitun untuk rambut anak lainnya adalah membantu menghilangkan ketombe. Kondisi ini biasanya terjadi ketika kulit kepala bayi terlalu kering. Ibu bisa mengombinasikan minyak zaitun dan air lemon, lalu mengoleskannya ke kulit kepala bayi sambil memijatnya dengan lembut. Pasalnya, campuran tersebut bisa membantu melembapkan sekaligus mengusir ketombe.

5. Memperbaiki Tekstur Rambut

Minyak zaitun mengandung beberapa senyawa penting, seperti vitamin A, E, serta antioksidan. Berbagai kandungan tersebut berperan dalam mempertahankan kadar keratin dalam rambut si kecil. Nah, keratin itu berfungsi untuk membantu menjaga kelembapan serta memperbaiki tekstur rambut agar lebih sehat.

6. Mencegah Kerusakan Rambut

Manfaat minyak zaitun untuk rambut anak selanjutnya adalah membantu mencegah kerusakan rambut. Sebab, minyak zaitun mempunyai kandungan asam lemak yang berperan dalam melindungi serta melapisi rambut rusak dan menghaluskannya.

Selain itu, minyak zaitun juga memiliki kandungan antioksidan dan vitamin yang peran untuk menjaga kulit kepala dari faktor eksternal, misalnya polusi dan cuaca.

7. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Manfaat minyak zaitun untuk rambut bayi yang terakhir adalah membantu merangsang pertumbuhan rambut dan melebatkannya. Jadi, ketika ibu khawatir dengan rambut si kecil yang terlalu tipis, minyak zaitun bisa membantu mengatasinya.

Pasalnya, minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E yang penting untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, menghilangkan rambut pecah-pecah, hingga mengurangi kerontokan rambut.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Bayi Lainnya

Selain bermanfaat untuk rambut bayi, minyak zaitun juga memiliki khasiat lain yang tak kalah pentingnya. Adapun beberapa manfaat minyak zaitun untuk bayi adalah sebagai berikut:

Baca Juga  Bolehkah Ibu Menyusui Minum Air Kelapa? Inilah Khasiatnya

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Salah satu khasiat minyak zaitun untuk bayi adalah untuk membantu menjaga kesehatan kulit si kecil. Ibu bisa memanfaatkannya sebagai minyak oles atau pijat pada si kecil secara rutin. Hal ini bisa membantu merawat kulit kering, melembapkannya, hingga mengatasi kulit yang bermasalah.

2. Mendukung Perkembangan Otak

Khasiat minyak zaitun untuk bayi selanjutnya adalah membantu mendukung perkembangan otak si kecil. Pasalnya, kandungan lemak dalam minyak zaitun berperan dalam membentuk selubung mielin. Nah, selubung tersebut adalah lapisan pelindung yang melindungi sel otak.

3. Mengatasi Sembelit

Manfaat minyak zaitun untuk bayi berikutnya adalah membantu mengatasi sembelit. Bayi yang mengalami sembelit atau konstipasi tentu akan membuatnya lebih sering rewel dan menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut. Maka dari itu, ibu dapat mengoleskan minyak zaitun pada perut bayi dengan gerakan berputar searah jarum jam untuk menghangatkan tubuh si kecil.

4. Nutrisi dalam Makanan

Khasiat minyak zaitun untuk bayi yang terakhir adalah menambah nutrisi dalam makanan. Pasalnya, minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk menjaga kinerja jantung dan pankreas. 

Kandungan lemak oleic acid dan linoleic acid di dalamnya juga bisa menutrisi si kecil selayaknya ASI. Selain itu, kandungan antioksidan dalam minyak zaitun juga dalam membantu meredakan peradangan, meningkatkan daya tubuh, serta menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Penutup

Itulah beberapa informasi mengenai manfaat minyak zaitun untuk rambut bayi. Pada dasarnya, minyak zaitun bisa membantu menjaga kesehatan rambut si kecil. Bukan hanya itu, minyak zaitun juga dapat membantu merawat bagian tubuh bayi lainnya, sehingga kesehatannya tetap terjaga. Nah, jika ibu ingin mengetahui informasi lain berkaitan dengan cara menjaga kesehatan sang buah hati lainnya, kunjungi situs New Life sekarang juga!

Baca Juga  Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Flek Saat Hamil Muda
Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?