fbpx

7 Manfaat Menggunakan Korset Melahirkan Normal, Yuk Catat!

7 Manfaat Menggunakan Korset Melahirkan Normal, Yuk Catat!

Setelah melahirkan, Bunda mungkin mendambakan tubuh kembali ke bentuk semula. Pasalnya, kehamilan dan persalinan sering mengakibatkan perut buncit. Nah, untuk membantu mengencangkannya, Bunda dapat menggunakan korset melahirkan normal.

Pada dasarnya, penggunaan korset setelah melahirkan ini bukan hanya membantu mengembalikan perut seperti semula, tetapi juga berperan dalam mengurangi rasa nyeri punggung. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut seputar manfaat korset melahirkan normal, simak penjelasannya berikut ini!

Manfaat Korset Melahirkan Normal

Seperti penjelasan sebelumnya, mengenakan korset adalah salah satu alternatif yang dapat Bunda lakukan untuk membantu mempercepat pemulihan tubuh pasca lahiran normal. Adapun beberapa manfaat korset melahirkan normal adalah sebagai berikut.

1. Mengecilkan Lingkar Pinggang

Salah satu manfaat korset melahirkan normal adalah membantu mengecilkan lingkar pinggang. Pada umumnya, lingkar pinggang dan perut akan melebar akibat pemisahan ligamen selama masa kehamilan. Kondisi ini umumnya akan pulih dengan sendirinya.

Meski begitu, Bunda dapat menunjang proses pengecilan lingkar pinggang dan memulihkan ligamen perut dengan menggunakan korset. Sebab, korset akan melekat ketat pada perut dan menopang bagian pinggang, sehingga tubuh dapat lebih ramping.

2. Menurunkan Risiko Cedera Punggung

Setelah melahirkan normal, Bunda akan kembali beraktivitas seperti sedia kala. Bahkan, aktivitas tersebut juga bisa bertambah, karena harus merawat bayi dan menggendongnya. Kondisi ini tentu dapat memicu nyeri punggung. Itulah mengapa, sebaiknya Bunda menggunakan korset untuk membantu mengatasi hal itu.

Selain itu, korset juga bermanfaat untuk mencegah risiko cedera punggung selama beraktivitas, seperti bekerja, duduk berjam-jam, maupun berdiri terlalu lama. Hal ini karena korset dapat menopang area pinggang, sehingga posisi punggung akan lebih tegap.

3. Mengurangi Nyeri saat Nifas

Manfaat menggunakan korset lainnya adalah membantu mengurangi nyeri saat nifas. Selama masa nifas, rahim akan mengalami kontraksi untuk mengeluarkan darah, sehingga menimbulkan rasa nyeri dan kram. Dalam hal ini, fungsi korset adalah memberikan tekanan dan pijatan pada perut, sehingga rasa nyeri selama nifas dapat berkurang.

Baca Juga  Simak Ini Dia Kisaran Biaya USG Kehamilan!

4. Menghilangkan Lemak Perut

Manfaat korset melahirkan normal selanjutnya adalah membantu menghilangkan lemak perut atau mengatasi perut buncit. Saat mengenakan korset, lemak pada perut akan berpindah, bukan lenyap begitu saja, sehingga Bunda juga perlu mendukung manfaat ini sambil berolahraga ringan. Misalnya adalah jalan kaki pagi, yoga, pilates, maupun senam.

5. Menurunkan Berat Badan

Setelah persalinan, berat badan Bunda mungkin akan naik daripada sebelum masa kehamilan. Hal ini kerap menjadi masalah bagi para wanita yang mendambakan berat badan ideal. Sebagai alternatifnya, Bunda dapat memakai korset melahirkan normal. 

Pasalnya, pakaian tersebut bekerja dengan memberikan tekanan pada perut, sehingga bermanfaat untuk mengendalikan porsi makan. Bukan hanya itu, lemak perut yang hilang setelah menggunakan korset secara rutin juga berperan dalam menurunkan berat badan. Dengan begini, Bunda bisa mencapai berat badan ideal seperti sedia kala.

6. Memperbaiki Postur Tubuh

Perubahan bentuk tubuh setelah melahirkan adalah hal wajar. Sebab, tubuh Bunda telah menopang beban janin selama sembilan bulan lamanya. Alhasil, beberapa bagian tubuh, seperti pinggang dan panggul akan melebar. Tak hanya itu, punggung pun bisa jadi kurang tegap akibat bertambahnya beban tersebut.

Maka dari itu, untuk memperbaiki postur tubuh, Bunda dapat menggunakan korset. Pakaian wanita ini akan memaksa tulang belakang agar lebih lurus dengan memberikan tekanan, sehingga postur tubuh saat duduk atau berdiri bisa semakin baik.

7. Mempercepat Pemulihan

Manfaat menggunakan korset melahirkan normal yang terakhir adalah membantu mempercepat proses pemulihan tubuh. Sebab, setelah melahirkan, Bunda tidak dapat langsung beraktivitas sebagaimana biasanya, tetapi butuh waktu untuk memulihkan tubuh terlebih dulu.

Hal ini karena Bunda masih berisiko mengalami perdarahan, merasakan nyeri saat nifas, adanya rasa sakit di area organ kewanitaan, sehingga gerak tubuh pun cenderung melambat. Nah, dengan menggunakan korset, Bunda bisa mengurangi perdarahan dan meredakan rasa sakit, sehingga mobilitas sehar-hari akan terasa lebih nyaman.

Baca Juga  Gejala Mastitis pada Ibu Menyusui & Pengobatannya, Simak!

Dampak Tidak Menggunakan Korset Setelah Melahirkan

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, penggunaan korset setelah melahirkan normal ternyata memiliki berbagai manfaat untuk mempercepat pemulihan tubuh. Pada dasarnya, kondisi ini akan berbeda apabila Bunda tak mengenakannya. Misalnya adalah perut yang bergelambir menjadi lebih lama untuk kembali mengecil, terlebih lagi jika tidak berolahraga.

Bukan hanya itu, Bunda juga akan menghadapi risiko nyeri punggung yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Pasalnya, setelah melahirkan, Bunda akan sering menggendong bayi sembari tetap menjalani aktivitas dengan normal. Maka dari itu, untuk membantu meningkatkan kenyamanan Bunda selama beraktivitas, sebaiknya berolahraga secara rutin, seperti jalan kaki pagi maupun yoga. Selain itu, dukung pula dengan asupan nutrisi harian untuk menunjang kesehatan Bunda dan meningkatkan kualitas ASI.

Penutup

Nah, itulah beberapa manfaat menggunakan korset melahirkan normal yang bisa Bunda peroleh dan dampak apabila tak mengenakannya. Lalu, adakah rekomendasi korset pasca melahirkan? Korset New Life adalah alternatif korset pelangsing perut buncit yang bisa Bunda pakai.

Pasalnya, korset ini dirancang dari bahan katun elastis, memiliki penyangga punggung, hingga perekat velcro, sehingga bisa membantu mengencangkan area perut yang mengendur. Apabila hendak membelinya, langsung saja menuju laman New Life Official Store sekarang juga!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?