fbpx

5 Ciri-Ciri Ambeien pada Ibu Hamil dan Cara Menyembuhkannya

5 Ciri-Ciri Ambeien pada Ibu Hamil dan Cara Menyembuhkannya

Ambeien adalah salah satu masalah kesehatan yang terjadi di area anus dan bisa menyerang siapa saja, termasuk wanita hamil. Kondisi ini sering menyerang wanita dengan usia kehamilan memasuki trimester kedua akhir, hingga trimester ketiga. Adapun salah satu ciri-ciri ambeien pada ibu hamil adalah merasakan sakit di bagian anus ketika buang air besar.

Hal itu terjadi karena adanya pembengkakan pembuluh darah di bagian anus dalam maupun luar. Nah, untuk mengetahui ciri-ciri ambeien pada ibu hamil dan cara menyembuhkannya, yuk simak artikel berikut ini!

Ciri-Ciri Ambeien pada Ibu Hamil

Wasir atau ambeien adalah pembengkakan pembuluh darah di area anus yang membuat seseorang merasa nyeri saat buang air besar. Ambeien memiliki dua jenis, yaitu hemoroid internal dan eksternal.

Kondisi ini dapat menyerang siapa pun, termasuk ibu yang tengah mengandung. Adapun beberapa ciri-ciri ambeien pada ibu hamil adalah sebagai berikut:

1. Muncul Rasa Gatal di Sekitar Anus

Salah satu ciri-ciri ambeien pada ibu hamil adalah munculnya rasa gatal di sekitar anus maupun di dalamnya. Rasa gatal tersebut timbul dari adanya benjolan pada anus. Ciri-ciri satu ini umumnya akan terjadi pada bumil yang mengalami ambeien eksternal atau wasir di luar.

2. Keluar Darah

Ciri-ciri ambeien saat hamil selanjutnya adalah keluarnya darah di sekitar anus maupun di kloset setelah buang air besar. Kondisi ini kerap terjadi pada jenis hemoroid internal atau di dalam. Mungkin, para ibu hamil akan merasa khawatir dengan keluarnya darah tersebut.

Akan tetapi, pendarahan akibat ambeien bukan tergolong sebagai situasi yang berbahaya. Meskipun demikian, ketika ibu menjumpai pendarahan yang tidak normal, sebaiknya lekas periksakan diri ke dokter.

Baca Juga  Flek Coklat Saat Hamil Muda: Apa Yang Harus Anda Tahu

3. Rasa Sakit saat Buang Air Besar

Ciri-ciri ambeien pada ibu hamil berikutnya adalah munculnya rasa sakit saat buang air besar. Hal ini akan membuat ibu hamil kesulitan untuk buang air besar karena timbulnya rasa nyeri tersebut. Rasa sakit itu muncul ketika ibu sedang mengejan keras, sehingga menimbulkan tekanan pada area benjolan di sekitar anus.

4. Timbul Rasa Tidak Nyaman

Ciri-ciri ambeien pada ibu hamil lainnya adalah timbulnya rasa tidak nyaman di area anus. Kondisi ini terjadi lantaran adanya tonjolan atau benjolan yang terdapat di sekitar anus. Hal itu akan membuat ibu merasa tidak nyaman ketika sedang duduk, berjalan, maupun buang air besar.

5. Ada Benjolan

Ciri-ciri ambeien pada ibu hamil yang terakhir adalah munculnya benjolan di luar anus. Pada kasus ambeien dalam, mungkin tidak akan ada benjolan yang terasa dari luar, sehingga tanda-tanda ini dapat dijumpai pada kasus hemoroid luar. Adapun benjolan sendiri terjadi karena terdapat pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus.

Cara Menyembuhkan Ambeien pada Ibu Hamil

Pada dasarnya, ambeien saat hamil bisa terjadi karena pertambahan berat janin yang memberikan tekanan pada pembuluh darah, gaya hidup buruk, duduk terlalu lama, hingga kurang makan serat.

Meskipun tergolong sebagai masalah yang umum, penyakit ini perlu lekas ibu atasi agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Adapun beberapa cara menyembuhkan ambeien pada ibu hamil adalah sebagai berikut:

1. Berendam Air Hangat

Salah satu cara mengatasi ambeien saat hamil adalah dengan berendam air hangat. Ibu tak perlu merendam keseluruhan tubuh. Cukup duduk sekitar 2-3 inci pada permukaan air hangat. Cara ini bertujuan untuk melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh serta merilekskan otot yang tegang di area ambeien.

Baca Juga  Fungsi Korset untuk Postur Tubuh yang Baik

2. Perubahan Gaya Hidup

Cara mengatasi ambeien saat hamil lainnya adalah dengan mengubah gaya hidup. Sebab, gaya hidup yang buruk bisa menyebabkan dan memperparah kondisi ambeien. Maka dari itu, ibu perlu menerapkan sejumlah pola hidup sehat, seperti meningkatkan asupan serat dalam makanan. 

Hal itu bertujuan untuk mencegah sembelit dan melunakkan tinja, sehingga gejala ambeien pun dapat berkurang. Di samping itu, ibu juga perlu minum cukup air putih setiap harinya untuk melancarkan proses ekskresi, menghindari kebiasaan mengangkat beban berat, dan memperbanyak olahraga ibu hamil.

3. Kompres Dingin atau Hangat

Cara menghilangkan ambeien pada ibu hamil secara alami selanjutnya adalah dengan mengompres menggunakan air dingin maupun hangat. Cara ini bertujuan untuk melancarkan peredaran darah, mengurangi peradangan, serta mengatasi rasa nyeri di sekitar anus. Untuk melakukannya, ibu bisa merendam handuk bersih ke dalam air dingin atau hangat, lalu kompreskan pada area ambeien.

4. Hindari Duduk atau Berdiri Terlalu Lama

Cara menyembuhkan ambeien pada ibu hamil berikutnya adalah dengan menghindari duduk maupun berdiri terlalu lama. Sebab, kondisi tersebut dapat memperparah gejala ambeien. Maka dari itu, ibu bisa menyelinginya dengan gerakan lain, seperti berjalan-jalan sejenak setelah duduk lama. Di samping itu, ketika sedang duduk, gunakan bantal penyangga agar merasa lebih nyaman.

5. Berkonsultasi ke Dokter

Cara mengatasi ambeien pada ibu hamil yang terakhir adalah dengan berkonsultasi ke dokter. Hal ini bisa ibu lakukan ketika beberapa cara alami di atas tidak membantu untuk mengatasi ambeien. Dengan berkonsultasi ke dokter, maka ibu bisa memperoleh resep obat atau mendapatkan penanganan yang lebih tepat, sehingga ambeien bisa lekas sembuh.

Baca Juga  7 Cara Mengatasi Mastitis pada Ibu Menyusui, Kompres Hangat!

Penutup

Demikian beberapa informasi mengenai ciri-ciri ambeien pada ibu hamil beserta cara menyembuhkannya. Pada dasarnya, ambeien adalah kondisi yang rentan dialami oleh ibu hamil. Meski begitu, bumil tidak boleh menyepelekannya karena ambeien akan membuat aktivitas menjadi kurang nyaman.

Nah, jika bumil mengalami ambeien, sebaiknya lekas periksakan diri ke dokter. Jadi, yuk jaga kesehatan tubuh selama masa kehamilan agar terhindar dari risiko ambeien bersama New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?