fbpx

10 Tanda-Tanda Persalinan Sudah Dekat & Persiapannya, Simak!

10 Tanda-Tanda Persalinan Sudah Dekat & Persiapannya, Simak!

Sebelum melahirkan, ibu perlu mengetahui tanda-tanda persalinan sudah dekat terlebih dulu agar bisa menyiapkan diri dan kebutuhannya dengan baik. Pada dasarnya, tanda-tanda menjelang melahirkan akan muncul sejak 2-3 minggu sebelum HPL atau Hari Perkiraan Lahir.

Salah satu tanda akan melahirkan adalah intensitas buang air kecil ibu semakin meningkat lantaran kandung kemih yang ditekan oleh janin, sehingga membuatnya menyusut dan merasa ingin buang air kecil.

Nah, untuk mengetahui tanda-tanda akan melahirkan lainnya, yuk simak artikel berikut ini!

Tanda-Tanda Persalinan

Tanda persalinan sudah dekat adalah hal yang perlu ibu pahami, sehingga bisa lebih waspada dan mempersiapkan diri dengan baik. Nah, berikut ini adalah beberapa tanda-tanda persalinan sudah dekat yang umum terjadi.

1. Perubahan Emosi

tanda-tanda persalinan

Salah satu tanda-tanda persalinan adalah ibu mengalami perubahan emosi. Umumnya, ketidakstabilan emosi saat hamil adalah suatu kondisi yang wajar, karena jumlah progesteron dan estrogen dalam tubuh akan berubah. Alhasil, ibu akan mudah mengalami perubahan suasana hati.

2. Nyeri Punggung dan Kram Perut

tanda-tanda persalinan

Tanda-tanda melahirkan sudah dekat lainnya adalah ibu juga akan mengalami nyeri punggung dan kram perut. Kondisi ini dipicu oleh kenaikan hormon relaksin yang bisa mengendurkan jaringan ikat dalam tubuh.

3. Sulit Tidur

tanda-tanda persalinan

Menjelang melahirkan, ibu juga akan kesulitan tidur karena rasa tidak nyaman maupun cemas. Nah, apabila hal ini terjadi, coba lakukan peregangan, meditasi, dan mengatur pernapasan sebelum tidur.

4. Kontraksi Lebih Teratur

Tanda-tanda melahirkan sudah dekat selanjutnya adalah kontraksi yang ibu rasakan lebih teratur. Pada dasarnya, ibu akan mengalami kontraksi palsu atau Braxton Hicks contraction terlebih dulu. Kontraksi tersebut membuat otot rahim mengendur dan mengencang secara berulang kali.

Baca Juga  Kaki Bengkak saat Hamil: Penyebab dan Cara Menanganinya

Kontraksi palsu ini umumnya akan terjadi sejak ibu memasuki usia kehamilan 16 minggu. Namun, menjelang melahirkan, kontraksi akan terasa lebih panjang, teratur, kuat, dan terjadi secara terus-menerus sebagai tanda jika ibu akan segera menjalani persalinan.

5. Diare

tanda-tanda persalinan

Tanda-tanda persalinan sudah dekat lainnya adalah ibu mengalami diare. Hal ini terjadi akibat produksi hormon relaksin yang meningkat selama trimester ketiga. Hormon relaksin berfungsi untuk memperbesar otot panggul, sehingga proses melahirkan bisa lancar.

Selain itu, hormon relaksin juga berperan dalam mengendurkan otot-otot di sekitar rektum. Hal itulah yang membuat ibu sering mengalami diare menjelang melahirkan.

6. Pernapasan Lebih Lancar

Tanda-tanda ibu akan segera melahirkan selanjutnya adalah pernapasan lebih lancar. Sebab, selama masa kehamilan, ibu cenderung kesulitan bernapas akibat tekanan janin pada diafragma. Sementara itu, mendekati waktu melahirkan, janin akan turun ke panggul. Alhasil, posisinya akan lebih rendah dan tekanan pada diafragma berkurang.

7. Meningkatnya Intensitas Buang Air Kecil

tanda-tanda persalinan

Tanda-tanda persalinan lainnya adalah frekuensi buang air kecil akan meningkat. Kondisi ini disebabkan oleh tekanan dari janin pada kandung kemih, sehingga membuat urine terdorong untuk keluar.

8. Keluar Mucus Plug

Tanda-tanda akan segera melahirkan berikutnya adalah keluarnya mucus plug dari vagina. Mucus plug adalah lendir kental yang berwarna merah jambu atau bening keruh. Lendir ini berfungsi untuk melindungi janin dan rahim dari bakteri maupun virus.

Nah, saat ibu sudah memasuki pembukaan 1 pada serviks, maka mucus plug ini akan lepas, lalu keluar dari vagina dengan warna kecokelatan. Biasanya, pembukaan 1 ini terjadi beberapa hari atau beberapa jam sebelum melahirkan.

9. Pecahnya Ketuban

Air ketuban juga akan pecah ketika ibu hendak melahirkan. Fungsi air ketuban adalah untuk melindungi serta memaksimalkan proses perkembangan janin. Nah, apabila waktu persalinan sudah dekat, air ketuban ini akan pecah akibat tekanan dari janin yang turun ke panggul.

Baca Juga  Efek Samping Olahraga Malam untuk Diwaspadai, Ganggu Tidur!

10. Pembukaan Serviks

Selain pecahnya air ketuban, tanda-tanda persalinan sudah dekat yang terakhir adalah pembukaan leher rahim atau serviks. Kondisi ini terjadi karena bayi sudah turun menuju panggul. Biasanya, leher rahim tersebut akan melebar sekitar 2-3 cm yang menandakan bahwa proses persalinan akan terjadi kurang lebih dalam waktu 1-2 hari mendatang.

Hal-Hal yang Perlu Ibu Persiapkan Sebelum Persalinan

Apabila ibu merasakan tanda-tanda melahirkan seperti penjelasan di atas, sebaiknya segera lakukan sejumlah persiapan dan datang ke rumah sakit ketika air ketuban pecah. Adapun hal-hal yang perlu ibu persiapkan sebelum persalinan, antara lain yaitu.

  • Tas berisi pakaian ganti dan peralatan mandi.
  • Perlengkapan bayi.
  • Bantal empuk dan selimut yang nyaman.
  • Makanan ringan.
  • Memastikan siapa yang hendak mendampingi saat persalinan.

Penutup

Demikian beberapa informasi mengenai tanda-tanda persalinan sudah dekat dan hal-hal yang perlu ibu persiapkan. Di samping sejumlah hal di atas, ibu juga perlu menyiapkan korset, seperti korset New Life.

Hal ini bertujuan untuk membantu mengencangkan otot perut dan panggul, mengembalikan postur tubuh ibu agar seperti sedia kala, mengatasi nyeri punggung, hingga mempercepat pemulihan luka apabila menjalani operasi caesar.

Ibu juga bisa memperolehnya dengan mudah lewat laman New Life Official Store maupun e=commerce. Jadi, tunggu apa lagi, yuk persiapkan persalinan dengan matang!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?