fbpx

8 Penyebab Hidung Berdarah Tapi Bukan Mimisan saat Hamil

8 Penyebab Hidung Berdarah Tapi Bukan Mimisan saat Hamil

Kondisi hidung berdarah tapi bukan mimisan saat hamil tentu akan membuat ibu merasa khawatir. Namun, sebaiknya ibu tidak khawatir berlebihan dulu. Sebab, ada banyak faktor yang menyebabkan masalah tersebut.

Misalnya karena kebiasaan mengorek hidung, cuaca kering, maupun iritasi. Nah, jika ingin mengetahui lebih lanjut seputar penyebab hidung berdarah tapi bukan mimisan saat hamil, simak selengkapnya dalam artikel berikut!

Penyebab Hidung Berdarah saat Hamil, Tapi Bukan Mimisan

Hidung memiliki banyak pembuluh darah yang bisa rusak karena sejumlah faktor. Kerusakan pembuluh darah tersebut bisa membuat hidung mengeluarkan darah yang bukan mimisan.

Adapun beberapa penyebab hidung berdarah tapi bukan mimisan saat hamil adalah sebagai berikut:

1. Kebiasaan Mengorek Hidung

Salah satu penyebab hidung berdarah tapi bukan mimisan saat hamil adalah karena kebiasaan mengorek hidung atau mengupil. Kebiasaan ini apabila terlalu sering ibu lakukan bisa menyebabkan rusaknya pembuluh darah atau melukainya. Di samping itu, ketika hendak mengorek hidung, pastikan bahwa kuku ibu tidak dalam kondisi panjang agar tidak melukai hidung.

2. Cuaca Kering atau Dingin

Penyebab hidung berdarah, tetapi bukan mimisan pada bumil juga dapat terjadi karena pengaruh cuaca. Cuaca yang terlalu kering atau dingin dapat membuat kondisi hidung kurang lembap atau kering.

Hidung yang berada dalam keadaan kering bisa memperlambat proses penyembuhan pembuluh darah yang terluka serta memicu terjadinya infeksi. Nah, agar ibu terhindar dari risiko hidung berdarah, sebaiknya gunakan pelembap udara atau humidifier.

3. Infeksi Saluran Pernapasan

Penyebab hidung berdarah tapi bukan mimisan pada bumil berikutnya, yaitu infeksi saluran pernapasan. Ibu yang mengalami infeksi saluran pernapasan maupun mengembuskan napas dengan keras terlalu sering dapat memicu pecahnya pembuluh darah.

Baca Juga  9 Cara Memancing ASI Keluar saat Hamil, Lakukan Senam Rutin!

Di samping itu, beberapa kondisi lain, seperti sinusitis, alergi, pilek, maupun batuk juga dapat memicu terjadinya hidung tersumbat dan berisiko mengeluarkan ingus berdarah.

4. Adanya Benda Asing

Penyebab hidung berdarah tapi bukan mimisan saat hamil juga bisa terjadi karena adanya benda asing yang masuk di dalam hidung. Hal itu dapat melukai pembuluh darah di dalam hidung. Alhasil, dapat menyebabkan keluarnya darah dari dalam hidung.

5. Tumor Hidung

Penyebab hidung berdarah tapi bukan mimisan saat hamil selanjutnya adalah karena tumor hidung. Kondisi tersebut bisa memicu pendarahan pada hidung. Apabila kondisi tersebut terjadi dalam waktu lama dan disertai dengan gejala lainnya, misalnya hidung tersumbat parah, nyeri di area mata, maupun penurunan indera penciuman, sebaiknya konsultasi ke dokter. Ibu juga dapat menanyakan mengenai efek sampingnya terhadap kehamilan dan cara pengobatannya.

6. Paparan Zat Kimia

Penyebab hidung berdarah, tetapi bukan mimisan pada bumil lainnya adalah akibat paparan zat kimia, seperti amonia atau kokain. Kondisi tersebut dapat merusak pembuluh darah di bagian hidung, bahkan memberikan efek samping terhadap kehamilan.

Maka dari itu, ketika keluar rumah atau berada di lingkungan yang rentan akan paparan bahan kimia, sebaiknya gunakan masker. Apabila perlu, ibu bisa menghindari lingkungan tersebut agar tidak berisiko terhadap kehamilan.

7. Mengonsumsi Obat Tertentu

Penyebab hidung berdarah tapi bukan mimisan saat hamil berikutnya adalah karena mengonsumsi obat tertentu dalam jangka panjang. Misalnya jenis obat warfarin dan aspirin bisa memicu terjadinya penggumpalan darah, hingga ingus berdarah saat sedang meniup hidung terlalu keras. Maka dari itu, agar lebih aman dalam penggunaan obat selama kehamilan, sebaiknya konsultasi kepada dokter terlebih dahulu, sehingga ibu bisa mendapatkan resep yang tepat.

Baca Juga  Botol Susu Bayi Pigeon: Harga dan Cara Merawatnya

8. Struktur Anatomi

Penyebab hidung berdarah, tetapi bukan mimisan pada bumil yang terakhir adalah karena struktur anatomi hidung. Misalnya, adanya lubang di septum, septum yang menyimpang, patah hidung, atau kondisi lainnya. Hal itu kemungkinan saja bisa membuat hidung tidak memperoleh kelembapan udara yang cukup.

Ingus Berdarah dan Mimisan, Mana yang Lebih Berbahaya?

Mimisan adalah kondisi yang bisa terjadi pada siapa saja, termasuk ibu hamil. Banyak ibu hamil yang akan merasa khawatir ketika mengalami mimisan maupun keluarnya ingus berdarah. Meski begitu, kondisi mimisan pada ibu hamil jarang menandakan masalah serius. Hal itu terjadi karena perubahan hormon tubuh maupun peningkatan volume darah pada masa kehamilan.

Di samping itu, ibu hamil juga bisa mengalami hidung berdarah yang bukan mimisan, seperti ingus berdarah. Kondisi tersebut terjadi ketika ibu mengeluarkan ingus yang ternyata mengandung darah di dalamnya. Pada umumnya, hal tersebut tidak memicu terjadinya gangguan serius.

Biasanya, darah yang keluar dari hidung selama masa kehamilan dipengaruhi oleh peningkatan volume darah. Namun, ketika ibu mengalami ingus berdarah atau mimisan yang begitu sering, sebaiknya lekas berkonsultasi kepada dokter. Sebab, dokter akan memberikan pengobatan yang tepat agar segera sembuh.

Penutup

Itulah beberapa kondisi hidung berdarah tapi bukan mimisan saat hamil yang bisa terjadi. Saat mengalaminya, sebaiknya ibu tidak panik terlebih dulu. Di sisi lain, segera kunjungi dokter untuk melakukan konsultasi. Dengan begitu, ibu akan memperoleh penanganan yang tepat untuk menghentikan pendarahan. Nah, jika ingin memperoleh informasi lain seputar kehamilan, kunjungi laman New Life sekarang juga!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?