fbpx

7 Rekomendasi Minyak Penumbuh Rambut Bayi Biar Lekas Lebat

7 Rekomendasi Minyak Penumbuh Rambut Bayi Biar Lekas Lebat

Pada dasarnya, menjaga rambut dan kulit kepala bayi adalah hal penting, terlebih saat baru lahir. Salah satunya adalah dengan menggunakan minyak penumbuh rambut bayi. Ada berbagai bahan alami yang bisa ibu manfaatkan sebagai minyak rambut si kecil, seperti minyak kemiri dan minyak kelapa.

Beberapa nutrisi yang terkandung di dalamnya bisa membantu melebatkan rambut si kecil dan menutrisi kulit kepalanya. Nah, jika ingin mengetahui beberapa minyak penumbuh rambut bayi alami, yuk simak selengkapnya di artikel berikut!

Minyak Penumbuh Rambut Bayi Alami

Perawatan rambut bukan hanya berguna bagi orang dewasa, tetapi juga dibutuhkan bayi untuk mendukung pertumbuhan dan menyehatkannya. Maka dari itu, ibu membutuhkan minyak rambut untuk membantu melebatkan rambut si kecil.

Adapun beberapa rekomendasi minyak penumbuh rambut bayi dari bahan alami adalah sebagai berikut:

1. Minyak Kemiri

Salah satu rekomendasi minyak penumbuh rambut anak dari bahan alami adalah minyak kemiri. Minyak ini bisa membantu menjaga kesehatan kulit kepala bayi, melebatkan rambut, menyuburkan, menghitamkan, hingga memperkuat rambut si kecil. Hal itu karena minyak kemiri mengandung berbagai nutrisi penting untuk rambut, seperti vitamin B1, miristat, hingga asam linoleat.

2. Minyak Kelapa

minyak penumbuh rambut bayi

Jenis minyak penumbuh rambut bayi berikutnya adalah minyak kelapa. Bahan alami ini memiliki kandungan vitamin E yang berperan untuk merangsang pertumbuhan rambut si kecil dan melancarkan aliran darah ke kulit kepala. 

Minyak kelapa juga bisa membantu mencegah rambut rontok dan membuatnya tampak berkilau. Ibu juga bisa mengombinasikannya dengan minyak mineral maupun bunga matahari untuk membantu menjaga kesehatan rambut si kecil.

3. Lidah Buaya

minyak penumbuh rambut bayi

Rekomendasi minyak penumbuh rambut anak dari bahan alami selanjutnya adalah lidah buaya. Bahan alami ini dikenal bermanfaat bagi rambut maupun kulit. Pasalnya, lidah buaya memiliki kandungan senyawa aloenin serta vitamin E yang berperan untuk menutrisi dan mempercepat pertumbuhan rambut. Ibu bisa mengoleskan lidah buaya langsung ke rambut anak atau menggunakan minyak rambut yang mengandung gel lidah buaya.

Baca Juga  Berapa Lama Operasi Caesar? Ini Persiapan dan Prosedurnya

4. Minyak Rosemary

minyak penumbuh rambut bayi

Minyak rosemary juga termasuk sebagai minyak rambut bayi untuk melebatkannya. Jenis minyak ini dianggap cukup efektif, seperti minoksidil yang bisa membantu merangsang pertumbuhan rambut.

Minyak rosemary juga terbukti efektif untuk membantu mengatasi kebotakan pada penderita alopecia areata. Untuk menggunakannya, ibu bisa memberikan pijatan lembut pada kepala bayi, lalu membilasnya menggunakan air hangat sampai bersih.

5. Minyak Geranium

Rekomendasi minyak penumbuh rambut si kecil lainnya yaitu minyak geranium. Minyak ini memiliki aroma harum yang bermanfaat untuk menenangkan tubuh.

Minyak geranium juga berfungsi untuk melebatkan rambut, mempercepat pertumbuhan, melancarkan sirkulasi darah, hingga menjaga kelembapan kulit kepala si kecil. Ibu bisa memberikan minyak geranium pada kulit kepala bayi dengan memijatnya atau mencampurkannya ke dalam sampo.

6. Minyak Seledri

Rekomendasi minyak penumbuh rambut bayi berikutnya adalah minyak seledri. Bahan dapur ini ternyata mengandung berbagai nutrisi penting untuk mendukung pertumbuhan rambut si kecil, seperti zat besi, protein, kalsium, vitamin A, B, hingga C. Berbagai kandungan nutrisi tersebut penting untuk menghitamkan rambut, melebatkan, dan menjaga kesehatannya.

7. Minyak Almond

minyak penumbuh rambut bayi

Minyak penumbuh rambut bayi yang terakhir adalah minyak almond. Jenis minyak ini memiliki kandungan protein yang berfungsi untuk menyuburkan rambut si kecil. Di samping itu, minyak almond juga bisa ibu gunakan untuk memijat kepala si kecil guna melancarkan sirkulasi darah di area kepala bayi.

Cara Merawat Rambut Bayi

Selain menggunakan beberapa jenis minyak rambut di atas, ibu juga bisa merawat rambut si kecil dengan cara lainnya. Hal ini penting untuk menjaga kesehatan dan melebatkan rambut anak, Adapun beberapa cara merawat rambut bayi adalah sebagai berikut.

Baca Juga  Olahraga Malam Apakah Boleh? Ini Jenis yang Aman Dilakukan

1. Menyikat Kulit Kepala secara Teratur

Salah satu cara merawat rambut bayi adalah dengan menyikat kulit kepalanya secara lembut dan teratur. Hal ini penting untuk membantu menghilangkan kulit kering serta mengatasi kerak pada kepala bayi. Di samping itu, menyikat rambut juga membantu melancarkan aliran darah dari kulit kepala serta folikel rambut.

2. Cuci secara Teratur

Cara merawat rambut bayi berikutnya adalah dengan mencuci secara teratur. Ibu bisa menggunakan sampo bayi setiap 2-3 hari sekali. Hal itu bertujuan untuk membantu mengurangi kotoran pada rambut bayi serta menjaga kesehatan kulit kepalanya.

Pastikan agar ibu menggunakan air hangat untuk membersihkan rambut bayi. Selain itu, jika rambut si kecil tampak keriting dan lebat, ibu juga bisa menggunakan kondisioner khusus bayi.

3, Mengurai Rambutnya

Cara merawat rambut bayi yang terakhir adalah dengan mengurai rambutnya. Cara ini penting untuk membuat rambut si kecil tidak kusut. Terlebih lagi ketika anak memiliki rambut keriting dan tebal yang biasanya lebih mudah kusut. Ibu bisa mengurai rambutnya menggunakan sikat yang lembut untuk mengurangi kekusutan rambut si kecil.

Penutup

Itulah beberapa rekomendasi minyak penumbuh rambut bayi agar lekas tumbuh lebat yang bisa ibu pilih dari bahan alami. Pada dasarnya, beberapa bahan alami di atas bukan hanya dapat membantu melebatkan rambut, tetapi juga bermanfaat untuk menutrisi kulit kepala si kecil. Dengan begitu, rambut bayi pun lebih sehat. Untuk itu, yuk jaga kesehatan rambut dan kulit kepala bayi bersama New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?