fbpx

7 Program Hamil Anak Kembar yang Bisa Bunda Terapkan, Simak!

7 Program Hamil Anak Kembar yang Bisa Bunda Terapkan, Simak!

Banyak orang tua yang menginginkan kehamilan anak kembar, tetapi bingung dengan cara mendapatkannya. Padahal, terdapat program hamil anak kembar yang bisa Bunda terapkan untuk meningkatkan peluangnya, seperti melakukan bayi tabung. Cara ini dilakukan secara medis dengan menggabungkan sel sperma dan sel telur menjadi embrio lewat laboratorium.

Selain itu, adapun cara alami yang bisa membantu meningkatkan peluang kehamilan kembar. Untuk mengetahui beberapa program hamil anak kembar yang dapat Bunda terapkan, simak artikel berikut ini!

Program Hamil Anak Kembar

Pada dasarnya, banyak orang mendambakan kehamilan kembar meskipun memiliki risiko lebih besar. Nah, kehamilan ini umumnya dapat didukung dengan meningkatkan peluangnya melalui cara alami maupun medis.

Adapun beberapa program hamil anak kembar yang bisa Bunda lakukan diantaranya:

1. Program Bayi Tabung

Salah satu cara hamil anak kembar yang bisa Bunda terapkan adalah menjalani program bayi tabung atau In Vitro Fertilization (IVF). Cara ini bertujuan untuk mempertemukan sel sperma dan sel telur melalui laboratorium. Setelah bertemu, kedua sel tersebut akan membentuk embrio dan kemudian dipindahkan ke dalam rahim Bunda.

Pada dasarnya, program bayi tabung ini memiliki peluang keberhasilan yang lebih tinggi. Pasalnya, dokter dapat menyiasati dengan memasukkan lebih dari satu embrio ke dalam rahim. Meski begitu, ada batasan terkait pemasukan embrio ke dalam rahim. Sebab, risiko dari kehamilan ini relatif besar.

2. Konsumsi Obat Penyubur

Program hamil anak kembar yang bisa Bunda terapkan selanjutnya adalah mengonsumsi obat penyubur. Cara ini berfungsi untuk merangsang ovarium agar dapat menghasilkan lebih banyak sel telur. Nah, jika sel telur yang dihasilkan banyak, maka peluang kehamilan anak kembar pun turut meningkat. Namun, untuk mengonsumsinya, pastikan Bunda berkonsultasi kepada dokter terkait konsumsi obat penyubur tersebut agar terjamin keamanannya.

Baca Juga  3 Posisi Bayi Sungsang & Fakta Kondisi Kehamilannya, Simak!

3. Program Inseminasi Buatan

Cara meningkatkan peluang kehamilan bayi kembar lainnya adalah menerapkan program inseminasi buatan. Cara ini dilakukan dengan menyuntikkan sel sperma ke rahim. Hal ini bertujuan untuk merangsang proses pembuahan agar lebih mudah, sehingga peluang kehamilan kembar pun lebih meningkat. Umumnya, dokter juga akan menyarankan kepada Bunda untuk mengonsumsi obat penyubur.

4. Menikah dengan Orang yang Memiliki Gen Kembar

Program hamil anak kembar yang bisa Bunda selanjutnya adalah menikah dengan orang yang memiliki gen kembar. Pasalnya, salah satu faktor yang memengaruhi kehamilan kembar adalah keturunan atau genetik. Jadi, apabila pasangan atau keluarga memiliki riwayat anak kembar, maka peluang kehamilan bayi kembar pun turut meningkat.

5. Menjaga Asupan Makanan

Cara meningkatkan peluang hamil anak kembar lainnya adalah dengan menjaga asupan makanan. Hal ini berfungsi untuk mendukung tingkat kesuburan Bunda dan meningkatkan peluang kehamilan bayi kembar. Untuk itu, Bunda perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan karbohidrat, zat besi, mineral, vitamin, lemak sehat, asam folat, dan nutrisi lainnya. Adapun beberapa jenis makanan yang bisa Bunda konsumsi adalah sayuran, buah-buahan, dan makanan tinggi antioksidan.

6. Mengonsumsi Produk Olahan Susu

Program kehamilan anak kembar secara alami berikutnya adalah dengan mengonsumsi susu dan produk olahannya, seperti yoghurt dan keju. Pasalnya, hormon dari susu sapi bisa membantu meningkatkan kesuburan wanita, sehingga peluang kehamilan kembar pun juga semakin tinggi. Di samping mengonsumsi susu dan produk olahannya, Bunda juga perlu mengonsumsi makanan lain, seperti seafood dan daging ayam untuk mendukung program kehamilan kembar.

7. Konsumsi Makanan Kaya Asam Folat dan Protein

Program hamil anak kembar secara alami yang terakhir adalah mengonsumsi suplemen atau makanan kaya akan asam folat dan protein. Pasalnya, asam folat berperan dalam mendukung perkembangan sel telur serta kesuburan wanita. Di sisi lain, asam folat juga bisa membantu mencegah risiko cacat tabung saraf pada janin dan meningkatkan peluang hamil anak kembar.

Baca Juga  10 Daftar Makanan Ibu Menyusui agar Bayi Lancar BAB, Simak!

Selain asam folat, Bunda juga perlu mengonsumsi protein. Pasalnya, nutrisi tersebut berperan dalam proses hiperovulasi yang bisa memengaruhi peluang hamil anak kembar. Adapun beberapa sumber protein yang bisa Bunda konsumsi adalah tahu, biji-bijian utuh, kacang-kacangan, hingga ubi jalar.

Tips Menjalani Program Hamil Anak Kembar

Selain menerapkan beberapa program kehamilan kembar di atas, Bunda juga perlu memperhatikan beberapa tips menjalaninya agar lebih lancar. Adapun beberapa tips menjalani program hamil anak kembar adalah sebagai berikut.

  • Mempersiapkan diri secara mental dan fisik untuk mendukung kehamilan kembar. Pasalnya, kehamilan ini memiliki risiko yang lebih tinggi daripada hamil bayi tunggal.
  • Menjaga asupan makanan bergizi setiap hari, seperti konsumsi makanan yang kaya akan asam folat, serat, dan sayuran.
  • Rajin melakukan olahraga ringan secara teratur untuk menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkan kesehatan tulang.
  • Rajin berkonsultasi ke dokter..

Penutup

Demikian penjelasan lengkap seputar program hamil anak kembar yang dapat Bunda lakukan. Nah, selama menjalani program kehamilan ini, pastikan agar Bunda rajin berkonsultasi kepada dokter dan menjaga kesehatan tubuh.

Pasalnya, nutrisi yang Bunda butuhkan selama hamil anak kembar lebih besar daripada kehamilan tungga. Untuk mencari tahu tentang cara menjaga kesehatan kehamilan, cek website New Life sekarang juga!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?