fbpx

7 Kelebihan Bayi Sungsang Menurut Mitos & Medis, Yuk Simak!

7 Kelebihan Bayi Sungsang Menurut Mitos & Medis, Yuk Simak!

Kehamilan sungsang adalah kondisi ketika kaki atau bokong bayi berada di jalan lahir dan tidak kunjung berubah hingga menjelang persalinan. Kondisi tersebut tentu berbeda dari posisi janin normal yang seharusnya kepala terletak di bagian bawah. Meski begitu, ternyata ada beberapa kelebihan bayi sungsang yang jarang diketahui.

Kelebihan tersebut bisa ibu lihat dari segi medis maupun mitos. Masih banyak masyarakat yang percaya mengenai mitos bayi sungsang. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kelebihan bayi sungsang menurut mitos dan medis, simak artikel berikut ini!

Kelebihan Bayi Sungsang Menurut Mitos

Bayi sungsang adalah kondisi ketika kepala janin tak kunjung turun menuju arah vagina menjelang melahirkan. Kondisi ini kerap membuat ibu hamil khawatir akan proses persalinan nantinya. Namun ternyata, masih banyak masyarakat yang percaya mengenai mitos bayi sungsang dari sisi positif. 

Meskipun tidak sepenuhnya benar, hal ini bisa membantu ibu hamil untuk berpikir lebih positif dan terhindar dari stres. Adapun beberapa kelebihan bayi sungsang menurut mitos adalah sebagai berikut:

1. Memiliki Indra Keenam

Salah satu mitos bayi sungsang yang ada di masyarakat Indonesia, khususnya wilayah Jawa dan Sunda adalah si kecil memiliki indra keenam atau mampu melihat makhluk halus. Di samping itu, kelebihan ini juga kerap masyarakat kaitkan dengan kemampuan untuk meramal masa depan. Beberapa masyarakat juga menganggap jika bayi yang lahir sungsang akan menyukai hal-hal berbau spiritual.

2. Memiliki Kesaktian

Mitos bayi sungsang di masyarakat Sunda adalah mereka termasuk anak yang memiliki kesaktian. Masyarakat Sunda umumnya menyebut sungsang sebagai “turujul”. Banyak masyarakat setempat yang menganggap jika anak yang lahir sungsang bisa menolong orang atau bahkan menyembuhkan orang sakit. Tak jarang pula ada orang yang percaya jika bayi sungsang bisa meramal masa depan.

Baca Juga  7 Cara Mengatasi Ruam ASI pada Bayi, Simak Penyebabnya!

3. Cerdas

Kelebihan bayi sungsang menurut masyarakat Jawa dan Sunda lainnya adalah si kecil akan tumbuh menjadi sosok yang cerdas. Sebab, mereka memperoleh berkat berupa kecerdasan di atas rata-rata orang normal. Di sisi lain, sejumlah masyarakat juga menganggap bahwa bayi sungsang adalah sosok yang unik.

4. Pembawa Rezeki

Kelebihan janin sungsang menurut mitos yang terakhir adalah mampu membawa rezeki. Sejumlah masyarakat Indonesia percaya jika bayi yang lahir sungsang adalah anak istimewa. Sebab, mereka bisa membawa rezeki dan mempunyai kepribadian dewasa sekalipun memiliki gaya hidup asal. Di sisi lain, bayi yang lahir sungsang juga dipercaya masyarakat bahwa mereka menyukai hal spiritual.

Kelebihan Bayi Sungsang Menurut Medis

Selain dari segi mitos, ada pula beberapa fakta medis atau berdasarkan ilmu kedokteran mengenai janin sungsang. Adapun beberapa kelebihan bayi sungsang menurut medis, antara lain yaitu.

1. Kehamilan Kembar

Salah satu kelebihan bayi sungsang menurut medis adalah kemungkinan adanya kehamilan kembar. Sebab, hamil anak kembar menjadi salah satu penyebab janin sungsang. Beberapa kondisi ibu hamil kembar akan menunjukkan satu janin memiliki posisi normal, sedangkan janin lainnya berada pada posisi sungsang. Ketika ibu hamil mengalami kondisi tersebut, umumnya persalinan yang akan dokter sarankan adalah melalui prosedur lahiran normal. Di sisi lain, ketika kedua janin berada pada posisi sungsang, maka dokter akan menyarankan untuk menjalani operasi caesar.

2. Kelainan Uterus

Fakta medis mengenai janin sungsang berikutnya adalah kemungkinan mengalami kelainan uterus. Apabila rahim ibu dalam kondisi tidak normal atau mengalami komplikasi, seperti fibroid, kemungkinan terjadinya bayi sungsang akan semakin tinggi. Fibroid uterus adalah kondisi yang banyak terjadi pada wanita selama masa subur dan membuat janin dalam kandungan kesulitan untuk memosisikan dirinya.

Baca Juga  7 Manfaat Yoga untuk Ibu Hamil & Aturan Melakukannya, Simak!

Selain itu, hal ini juga bisa menjadi tanda adanya uterus berbentuk hati atau bicornuate uterus. Hal ini bisa membuat wanita hamil tak mengalami masalah konsepsi atau pada awal kehamilan. Akan tetapi, bisa membuat janin mengalami posisi sungsang.

3. Terhindari dari Risiko Terlilit Tali Pusar

Kelebihan bayi sungsang menurut medis yang terakhir adalah terhindar dari kemungkinan terlilit tali pusar. Kondisi tersebut umumnya membuat leher bayi terlilit tali pusar dan bisa terjadi selama dalam kandungan maupun saat melahirkan. Tali pusar sendiri berfungsi untuk memberikan nutrisi dan oksigen kepada bayi, sehingga keberadaannya sangat penting.

Ketika bayi berada dalam posisi sungsang, umumnya tidak akan terjadi kemungkinan terlilit tali pusar. Hal itu karena posisi kepala bayi terletak di atas, sehingga kemungkinan masuknya leher ke tali pusar cenderung kecil. Kelebihan ini juga membantu ibu hamil agar terhindar dari risiko komplikasi. Sebab, saat bayi terlilit tali pusar, maka dirinya akan mengalami penurunan pergerakan, perkembangan terhambat, hingga detak jantung menurun.

Penutup

Demikian beragam informasi seputar kelebihan bayi sungsang menurut mitos maupun medis. Pada dasarnya, untuk mengetahui secara pasti mengenai kondisi bayi sungsang, ibu hamil bisa berkonsultasi ke dokter. Dengan begitu, ibu bisa memperoleh informasi yang lebih tepat mengenai kondisi janin dalam kandungan dan cara mengubah posisinya untuk meningkatkan peluang kelahiran normal.

Untuk mengetahui informasi lain seputar kondisi bayi sungsang dan cara meningkatkan peluang kelahiran normal, cek langsung di kanal New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?