fbpx

6 Pantangan Makanan agar Luka Jahitan Cepat Kering, Simak!

6 Pantangan Makanan agar Luka Jahitan Cepat Kering, Simak!

Penyembuhan luka jahitan pasca operasi ternyata bisa didukung dengan menghindari beberapa jenis makanan. Salah satu pantangan makanan agar luka jahitan cepat kering adalah makanan pedas.

Pasalnya, terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas bisa memperburuk kesehatan sistem pencernaan dan memicu peradangan.

Lantas, apa saja pantangan makanan agar luka jahitan cepat kering? Untuk mengetahui penjelasannya, simak artikel berikut!

Pantangan Makanan agar Luka Jahitan Cepat Kering

Pada dasarnya, luka jahitan pasca operasi, seperti sesar, bisa segera pulih apabila kamu memperhatikan konsumsi makanan sehari-hari.

Sebab, setelah menjalani operasi, kamu membutuhkan banyak nutrisi untuk mendorong proses penyembuhan luka jahitan, seperti menghindari beberapa jenis makanan.

Adapun beberapa pantangan makanan agar luka jahitan cepat kering adalah.

1. Makanan Pemicu Batuk

Salah satu pantangan makanan agar luka jahitan cepat sembuh adalah makanan pemicu batuk. Sebab, apabila batuk yang berlebihan dapat membuat luka tertarik dan terasa perih.

Untuk itu, kamu perlu menghindari beberapa makanan pemicu batuk, seperti makanan manis dan mengandung pewarna buatan.

2. Makanan dan Minuman Bersoda

Pantangan makanan agar luka jahitan cepat kering selanjutnya adalah mengurangi konsumsi soda yang bisa terdapat dalam sayur maupun minuman berkarbonasi.

Pasalnya, terlalu banyak mengonsumsi soda bisa membuat perut terasa kembung dan meningkatkan intensitas pengeluaran gas.

Adapun beberapa jenis makanan yang mengandung soda adalah brokoli dan kol. Meski begitu, kamu tetap bisa mengonsumsinya selama dalam jumlah kecil.

3. Makanan Pedas

Makanan pedas juga termasuk sebagai pantangan makanan agar luka jahitan cepat sembuh. Sebab, makanan pedas bisa memicu masalah sistem pencernaan dan menyebabkan diare. 

Akibatnya, kamu pun akan lebih sering buang air besar dan terus mengejan, sehingga memberikan tekanan pada luka jahitan. 

Baca Juga  8 Jenis Alergi Kulit pada Bayi & Cara Mengatasinya, Catat!

Itulah mengapa, mengurangi konsumsi makanan pedas adalah hal yang perlu kamu lakukan apabila ingin segera pulih.

4. Kafein 

Minuman berkafein juga tergolong sebagai pantangan bagi kamu yang baru saja melakukan operasi. Sebab, terlalu banyak mengonsumsi minuman berkafein akan membuatmu lebih sering buang air besar dan memicu kontraksi pada usus.

Untuk itu, kamu perlu menghindari atau mengurangi konsumsi minuman berkafein, seperti kopi agar luka jahitan lebih cepat sembuh.

5. Makanan Tinggi Lemak

Pantangan makanan agar luka jahitan cepat kering lainnya adalah makanan tinggi lemak, karena bisa memicu masalah pada sistem pencernaan dan menyebabkan peradangan.

Adapun beberapa jenis makanan tinggi lemak yang sebaiknya tidak kamu konsumsi adalah makanan cepat saji dan gorengan.

6. Makanan yang menyebabkan Sembelit

Pantangan makanan agar luka jahitan cepat kering terakhir adalah makanan yang memicu sembelit. Pasalnya, sembelit menjadi musuh terbesar orang yang baru selesai melakukan operasi, karena dapat berisiko menyobek luka jahitan.

Adapun beberapa jenis makanan yang menyebabkan sembelit adalah gorengan, produk olahan susu, makanan tinggi karbohidrat, makanan beku, hingga makanan cepat saji.

Makanan dan Minuman yang Mempercepat Penyembuhan Luka Jahitan

Selain memperhatikan pantangan makanan, kamu juga bisa membantu mempercepat proses penyembuhan luka dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan dan minuman.

Adapun beberapa makanan dan minuman yang membantu mempercepat penyembuhan luka jahitan, antara lain.

1. Teh Hijau

pantangan makanan agar luka jahitan cepat kering

Teh hijau adalah salah satu rekomendasi minuman yang bisa membantu mempercepat proses penyembuhan luka jahitan pasca operasi.

Pasalnya, teh hijau mengandung senyawa katekin dan memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu memperbaiki jaringan tubuh.

2. Makanan Kaya Serat

pantangan makanan agar luka jahitan cepat kering

Rekomendasi makanan yang mempercepat proses penyembuhan luka jahitan pasca operasi selanjutnya adalah makanan kaya serat.

Baca Juga  5 Korset Pelangsing Perut Terbaik Pasca Melahirkan

Serat memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti menjaga kesehatan sistem pencernaan dan membantu mencegah konstipasi, sehingga berperan dalam proses pengeringan luka jahitan.

Adapun beberapa jenis makanan yang kaya akan serat adalah ubi jalar, biji-bijian, kacang-kacangan, pisang, gandum, dan alpukat.

3. Makanan Lemak Baik

pantangan makanan agar luka jahitan cepat kering

Jenis makanan yang membantu mempercepat penyembuhan luka jahitan lainnya adalah makanan berlemak baik, seperti daging ayam, kedelai, dan ikan.

Pasalnya, kandungan lemak baik, seperti omega-3 dapat membantu menyembuhkan infeksi serta menutup jaringan yang rusak.

Selain itu, daging ayam sendiri juga memiliki kandungan glutamin yang dapat membantu melindungi sel tubuh dan memproduksi kolagen.

4. Yoghurt

pantangan makanan agar luka jahitan cepat kering

Yoghurt juga termasuk sebagai minuman yang bisa membantu mempercepat proses penyembuhan luka jahitan. 

Bahkan, pada ibu yang usai melakukan operasi caesar, yoghurt dapat mendorong produksi ASI dan meningkatkan kualitasnya.

Bukan hanya itu, kandungan zat besi dan kalsium dalam yoghurt juga bisa membantu memperkuat tulang serta meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Sayuran dan Buah-buahan

pantangan makanan agar luka jahitan cepat kering

Rekomendasi makanan yang membantu mempercepat proses pengeringan luka jahitan terakhir adalah sayuran dan buah-buahan. 

Makanan satu ini dikenal dengan kandungan nutrisinya yang kaya, seperti kalsium, serat, vitamin, mineral, antioksidan, serta protein.

Adapun beberapa jenis sayuran dan buah-buahan yang bisa dikonsumsi adalah wortel, bayam, kacang, labu, jeruk, apel, pisang, alpukat, dan lainnya.

Penutup

Demikian penjelasan mengenai pantangan makanan agar luka jahitan cepat kering, serta rekomendasi makanan dan minuman yang membantu proses penyembuhan luka.

Selain itu, apabila menjalani operasi caesar, kamu juga bisa membantu mempercepat penyembuhan luka dengan korset New Life.

Untuk memperoleh informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi via WhatsApp atau mengunjungi situs New Life Official Store sekarang juga!

Baca Juga  Faktor Penyebab Keguguran yang Perlu Diketahui
Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?