fbpx

7 Cara Menghilangkan Stretch Mark Setelah Melahirkan, Simak!

7 Cara Menghilangkan Stretch Mark Setelah Melahirkan, Simak!

Bagi ibu yang baru selesai melahirkan, mungkin bekas guratan (stretch mark) pada perut maupun paha masih tampak. Untuk itu, mengetahui cara menghilangkan stretch mark setelah melahirkan adalah hal penting agar ibu dapat lebih percaya diri.

Di sisi lain, stretch mark sendiri umumnya bisa tersamarkan selama ibu menjaga asupan nutrisi maupun mengoleskan krim yang mendorong produksi kolagen. Lantas, bagaimana cara menghilangkan stretch mark setelah melahirkan? Cari tahu jawabannya dalam artikel berikut!

Penyebab Stretch Mark Setelah Melahirkan

Bunda mungkin bertanya-tanya, mengapa stretch mark muncul selama hamil atau setelah melahirkan? Hal ini tergolong sebagai kondisi yang wajar. Sebab, pasca hamil, kulit akan mengalami peregangan sekaligus penyusutan dalam kurun waktu yang singkat. Kondisi tersebut memicu pecahnya kolagen dalam perut.

Oleh karena itu, stretch mark dapat muncul pada permukaan kulit, seperti perut dan paha. Warnanya sendiri juga beragam, bisa putih, cokelat kemerahan, hingga merah keunguan. Guratan halus ini juga bisa semakin jelas apabila ibu mengalami kenaikan berat badan drastis. Meski tidak menimbulkan rasa sakit, munculnya stretch mark cukup membuat wanita merasa tidak nyaman. Namun, Bunda tak perlu khawatir, karena guratan halus ini dapat disamarkan.

Cara Menghilangkan Stretch Mark Setelah Melahirkan

Pada umumnya, menghilangkan stretch mark pasca melahirkan membutuhkan waktu cukup lama. Meski begitu, selama Bunda melakukan perawatan secara rutin, maka kerutan halus tersebut bisa lekas tersamarkan. Adapun beberapa cara menghilangkan stretch mark setelah melahirkan adalah sebagai berikut.

1. Melakukan Eksfoliasi

Salah satu cara menghilangkan stretch mark setelah melahirkan adalah dengan melakukan eksfoliasi kulit. Cara ini berfungsi untuk mengatasi sel-sel kulit mati yang menumpuk berlebihan. Selain itu, eksfoliasi juga bermanfaat untuk membuat kulit lebih halus.

Baca Juga  Imunisasi TT pada Ibu Hamil Berapa Kali?

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah bahan pelembap alami yang bermanfaat untuk menghaluskan serta menghilangkan garis-garis halus pada permukaan kulit. Adapun cara menggunakan minyak kelapa, yaitu sebagai berikut.

  • Tuangkan minyak kelapa secukupnya ke telapak tangan, lalu balurkan pada area stretch mark.
  • Setelah itu, pijak dengan lembut menggunakan minyak selama kurang lebih 30 menit.
  • Apabila ingin hasil optimal, lakukan cara ini secara rutin.

3. Madu 

Bunda juga bisa menyamarkan stretch mark setelah melahirkan dengan bantuan madu. Pasalnya, madu mengandung emolien dan antioksidan yang bisa membantu menghidrasi kulit dan menjaga kelembapannya. Nah, berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan stretch mark pasca melahirkan menggunakan madu.

  • Silakan campurkan madu secukupnya dengan gliserin dan garam, lalu aduk sampai rata.
  • Setelah itu, oleskan pada area guratan halus sambil memijatnya.
  • Biarkan dulu hingga kering, kemudian basuh menggunakan air bersih.

4. Minyak Zaitun

Cara menghilangkan stretch mark pasca melahirkan berikutnya adalah memanfaatkan minyak zaitun. Sebab, minyak zaitun atau olive oil mengandung vitamin A, D, serta E yang bisa membantu melancarkan sirkulasi darah ke kulit, sehingga bekas kerutan dapat tersamarkan. Adapun cara mengaplikasikan minyak zaitun adalah sebagai berikut.

  • Tuangkan sedikit minyak zaitun ke telapak tangan, lalu oleskan ke area kulit yang terdapat garis-garis halus sembari memijat dengan lembut.
  • Biarkan terlebih dulu selama kurang lebih 30 menit agar terserap secara maksimal.
  • Apabila sudah, Bunda dapat membersihkannya dengan mandi, sehingga minyak yang menempel pada tubuh bisa hilang.

5. Daun Pegagan

Cara menghilangkan stretch mark setelah melahirkan selanjutnya adalah memanfaatkan daun pegagan. Sebab, kandungan terpenoid dalam daun pegagan bisa merangsang pembentukan kolagen pada kulit serta berperan untuk mempercepat proses penyembuhan luka.

Baca Juga  9 Manfaat ASI Eksklusif untuk Ibu dan Sang Buah Hati, Catat!

Untuk menggunakan daun pegagan, Bunda dapat mengoleskan krim berbahan daun pegagan pada area kulit yang terdapat garis-garis halus. Setelah itu, diamkan dulu selama beberapa menit sebelum membilasnya dengan air bersih.

6. Kentang

Kentang bukan hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, tetapi juga berperan dalam memudarkan stretch mark setelah melahirkan. Sebab, sayuran ini memiliki kandungan karotenoid serta polifenol yang berfungsi untuk memperbaiki struktur dan tekstur kulit. Adapun cara menghilangkan stretch mark pasca melahirkan dengan kentang adalah.

  • Silakan potong kentang terlebih dulu menjadi dua bagian.
  • Setelah itu, gosokkan salah satu potongannya pada area garis-garis halus.
  • Biarkan dulu selama beberapa menit atau sampai kering.
  • Apabila sudah, bersihkan menggunakan air hangat.

7. Air Lemon

Cara menghilangkan stretch mark setelah melahirkan juga dapat Bunda lakukan dengan air lemon. Pasalnya kandungan asam pada lemon ini bisa membantu menyamarkan garis-garis halus pada kulit. Untuk mengaplikasikannya, berikut ini adalah beberapa caranya.

  • Silakan peras lemon terlebih dulu, lalu oleskan air perasan lemon pada bagian kulit yang terdapat garis-garis halus.
  • Selanjutnya, pijat selama 10 menit dan biarkan terlebih dulu.
  • Apabila sudah kering, Bunda dapat membilasnya dengan air hangat.
  • Untuk memperoleh hasil maksimal, lakukan langkah ini secara rutin.

Penutup

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi stretch mark pasca melahirkan. Di samping melakukan sejumlah cara di atas, Bunda juga dapat mengenakan korset New Life yang bisa membantu menyamarkan kerutan halus serta mengencangkan perut.

Selain itu, Bunda juga dapat merujuk pada metode pengobatan stretch mark yang aman sesuai arahan dokter dan tidak mempengaruhi proses menyusui atau menimbulkan masalah lain. Nah, untuk mengetahui info lain pasca melahirkan, kunjungi situs New Life!

Baca Juga  8 Tips Melahirkan Normal yang Perlu Ibu Ketahui Agar Lancar
Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?